-->

Mengapa Oppo R5, Smartphone Tertipis Di Dunia Ini Lebih Tahan Panas ? Ini Rahasianya

Pada saat-saat awal muncul di pasaran, OPPO sering dipandang dengan sebelah mata. Sebab OPPO memang produsen smartphone yang berasal dari Cina.

Dan sebagaimana produk Cina lainnya, sering diidentikkan dengan produk yang kurang berkualitas alias KW-2. Terlebih lagi, pada awal munculnya, OPPO malah sudah “nembak” produk terkenal dari iPhone. Klop sudah image negatif dari pengguna pada OPPO.

Karena itulah sempat muncul ledekan terhadap smartphone-smartphone keluaran OPPO. Ponsel merk Cina itu lalu dipelesetkan menjadi, “OPO” atau “merk OPO iku ?”
OPO adalah bahasa bahasa Jawa, artinya “apa” dalam bahasa Indonesia.
Sehingga sindiran “merk opo iku “ mengindikasikan sebuah produk antah berantah yang tak jelas juntrungnya.
Namun OPPO tidak peduli.

Dengan iklan promosinya yang jor-joran dan begitu agresif, produk Cina ini mulai dikenal secara luas dan mendapat tempat di masyarakat.
Bahkan secara perlahan produk OPPO ini bahkan menyodok ke jajaran papan atas merk-merk smartphone yang mapan dan digemari.
Hal ini tidak lepas juga dari upaya para teknisi OPPO untuk meningkatkan kualitas produknya.
Sehingga pada akhirnya, produk OPPO ini malah dianggap memiliki beberapa kelebihan tersendiri.



Contohnya pada produk Oppo R5.

Oppo R5 sering disebut-sebut sebagai smartphone paling tipis di dunia.

Dilihat dari spesifikasinya, OPPO memiliki ketebalan “hanya” 4.85mm. ( Bandingkan dengan pesaing ketatnya, iPhone 6 yang memiliki ketebalan 6.9mm ).
Namun hebatnya, meski begitu tipis OPPO R5 ternyata relatif lebih tahan panas.
Tidak cepat menjadi panas ketika digunakan sebagaimana smartphone lainnya.

Padahal “hukum” yang umum berlaku, ketika semakin tipis sebuah smartphone, maka akan semakin terasa panas saat digunakan.
( Asumsinya, semakin tipis smartphone, maka komponen yang ditanam di dalamnya akan semakin berjejal. Sehingga sirkulasi udara – untuk pendinginan – kurang baik ).
Tetapi hal ini tidak berlaku bagi OPPO R5.

Oppo ternyata memiliki kiat tersendiri yang bisa menjadikan Oppo R5, meski sangat tipis tapi tahan panas saat digunakan.
Pada jeroan Oppo R5 di dalamnya ternyata tertanam sebuah bahan khusus yang mirip logam tetapi dalam bentuk cair. Bahan khusus ini disebut dengan “liquid metal-like material”.

Dan sebagaimana dijelaskan oleh pihak OPPO, liquid metal-like material akan melapisi bagian dalam smartphone. Kemudian berfungsi untuk menyerap panas yang ditimbulkan, sekaligus menurunkan suhu pada perangkat.
Mirip dengan sistem pendingin yang biasa digunakan pada peralatan elektronik, yang berupa logam ( biasanya aluminium ) bersirip-sirip.

Dan karena panas yang timbul dapat disirkulasikan dan didinginkan dengan lebih baik maka Opp R5 menjadi relatif lebih tahan panas saat digunakan, meski memiliki ketebalan yang lebih tipis.

Namun tentu saja Oppo tidak mau buka rahasia, bahan apa yang mereka gunakan untuk liquid metal-like material ini.
Simak juga :

You may like these posts