-->

Terkecoh ? 4 Merk Smartphone Terkenal Di Indonesia Ini Ternyata Buatan Cina


Ini mungkin bisa menjadi sebuah “pelajaran” bagi orang yang “brand minded”. Sebab bagi yang “gila merk”, merk dari sebuah produk adalah “segalanya”. Dan pada umumnya bagi yang gila merk ini, produk-produk bermerk yang berasal dari daratan Eropa dan atau Amerika dianggap selalu dan pasti memiliki banyak kelebihan. 
Dan kalau tidak menggunakan produk bermerk dari Negara-negara tersebut, maka…”no way”. 

Padahal sebuah merk pada produk ternyata juga bisa “mengecoh”. 
Maksudnya, dianggapnya produk dengan merk terkenal tersebut berasal dari Eropa atau Amerika, eh …tak tahunya malah berasal dari negeri Cina, yang selama ini selalu dipandang sebelah mata. 
Karena produk-produknya selalu dianggap sebagai KW-2. Dalam hal ini termasuk juga smartphone atau ponsel pintar. 
Dan tahukah anda jika 4 Merk Smartphone Terkenal Di Indonesia Ini Ternyata Buatan Cina
Apa saja ? Ini dia : 

1. Xiaomi 
Xioami belakangan ini melejit di dunia per-smartphone-an. Merk ini menjadi terkenal “gara-gara dan dituduh” menjiplak produk keluaran Apple. Begitu produknya yang sangat begitu mirip dengan iPhone, merk Xiaomi sontak menjadi fenomenal. 
Tetapi Xiaomi ternyata “sembodo”. Setelah itu perusahaan ini berhasil membuktikan diri sebagai produsen smartphone kelas dunia, setelah berhasil meluncurkan produk smartphone Redmi dan Mi Series, terutama Xiaomi Mi Note yang baru saja dirilis du bulan Januari lalu. 
Xiaomi bahkan kemadian berhasil mendudukkan diri di peringkat lima besar produsen smartphone terlaris di dunia. Sebenarnya nama merk Xiaomi sudah cukup jelas jika produk ini berasal dari negeri Tirai Bambu, Cina. 
Tetapi teryata ada juga yang mengira lho, jika Xiaomi ini berasal dari Jepang. 
Huruf X pada Xiaomi dilafalkan sebagai S pada bahasa Cina. Sehingga bacaannya adalah “Siaomi”. 

2. ZTE 
Di Amerika Serikat, nama merk ZTE berhasil mendudukkan diri sebagai merk smartphone dengan jumlah pengguna paling ketiga! Tak hanya itu, ZTE juga mensponsori klub-klub basket NBA di Amerika Serikat. Sedangkan Di Indonesia merk ini lebih dikenal sebagai merk spesialis Smartphone Bundling, juga dikenal sebagai produsen modem. Smartfren adalah contoh fenomenalnya. 
Tak yang tak bisa diabaikan begitu saja adalah smartphone Android besutan BOLT! Super 4G adalah ZTE V9820 dengan prosesor quad-core kelas menengah Snapdragon 400. 
Karena reputasinya di Amerika itulah, beberapa orang menyangka jika merk ini merupakan keluaran negeri paman Sam. Nyatanya ZTE adalah tulen Cina

3. Oppo 
Dengan langkah promosinya yang sangat agresif – namun juga diimbangi dengan produknya yang dianggap inovatif – dalam sekejap nama OPPO langsung melambung dalam dunia ponsel Indonesia. 
Padahal jika dihitung-hitung, OPPO masuk Indonesia baru selama 3 tahun. 
Uniknya, ketika baru masuk Indonesia, produk dengan merk ini sempat mendapat cemoohan. Merk OPPO sering dipelesetkan menjadi “OPO” yang merupakan bahasa Jawa, dalam bahasa Indonesia berarti “apa”. Merk OPO kuwi – yang artinya “merk apa itu “ yang merupakan sindiran pada merk antah berantah. 
Tapi OPPO tidak berkecil hati, begitu masuk, langsung membuat gebrakan demi gebrakan. 
Dan hasilnya bisa dilihat sendiri saat ini. Banyak yang bingung, OPPO ini merupakan merk smartphone keluaran Negara mana ? 
Nyatanya sekali lagi, OPPO adalah produk Cina tulen. 

smartphone merk lenovo
4. Lenovo 
Nama merk Lenovo ini paling banyak membuat orang yang samar dan terkecoh. Disangkanya dari Negara Amerika. Lenovo mulanya konsen sebagai produsen perangkat PC, baik desktop, AIO PC, hingga notebook. 
Nama Lenovo kemudian melejit sebagai produsen smartphone Android setelah menjalin kerjasama dengan Intel. Merilis smartphone Lenovo K900, dengan menggunakan prosesor Intel Atom. 
Yang samarnya lagi menggunakan jasa Kobe Bryant sebagai bintang iklannya. 

Faktanya, seperti ketiga temannya di atas merk Lenovo adalah produk Cina. Kini kebesaran merk Lenovo sudah tidak diragukan lagi. Setelah terus eksis merilis produk smartphone Android kelas menengah ke bawah yang bahkan secara perlahan namun pasti menggerogoti porsi pasar Samsung. Bahkan kemudian produsen asal Cina ini berhasil mencaplok Motorola. 
Sehingga berani mengklaim diri sebagai produsen smartphone terbesar ketiga di dunia. 
Produk terbarunya yang juga meraup sukses adalah smartphone Android untuk selfie, yaitu S580 dan LIVO. 

Ada lagi nih, merk produk yang banyak mengecoh orang Indonesia. 
Yaitu merk ASUS dan HTC. Banya yang mengira jika kedua produk ini berasal dari Cina. 
Tetapi sebaliknya 2 merk produk yang juga popular di Indonesia ini ternyata malah buatan Taiwan, bukannya Cina. Termasuk beberapa komponen komputer, seperti GIGABYTE, Acer, Ben-Q, MSI, ASRock, Foxconn, ternyata buatan Taiwan juga. 

Yang dibawah ini tak kalah menariknya : 

You may like these posts