-->

Kabar Julian Assange Terkini : Memalukan Pemerintah Inggris

Hampir mirip dengan Edward Snowden, setelah sempat membuat heboh public beberapa waktu lalu, keberadaan dan kabar dari Julian Assange, seolah lenyap ditelan bumi.
Sebenarnya tidak.

Setelah sempat menjadi buron, pendiri Wikileaks ini sebenarnya “bersembunyi” di kedutaan Ekuador di London. Sebab ia mendapatkan suaka politik dari Kedubes Ekuador .
Bahkan Asange telah mengungsi di Kedutaan Ekuador ini selama lebih dari 960 hari.
Karena Kedubes Ekuador telah memberinya suaka politik sejak tahun 2012.
Dan kabar terakhir dari Julian assange ini, secara tidak langsung ia telah mempermalukan pemerintah Inggris.

Apa pasal ?

Sejak Assange mengungsi di Kedubes Ekuador ini, pemerintah Inggris harus mengawasi nya secara terus menerus. Dijaga selama 24 jam, sehingga harus melemburkan agennya.


Dan setelah ditotal jendral, biaya yang telah dikeluarkan oleh pemerintah Inggris melalui Scotland Yard untuk mengawasi Assange ternyata mencapai sekitar £10 juta atau sekitar Rp190 miliar.
Scotland Yard mengukuhkan bahwa biaya operasi dalam 28 bulan pertama hingga 31 Oktober lalu, telah mencapai sekitar £9 juta.
Biaya untuk 3 bulan berikutnya ditaksir akan menjadikan jumlah biaya keseluruhannya bisa mencapai £10 juta.
Rinciannya, biaya yang dikeluarkan Scotland Yard pada bulan Juni 2012 sampai Oktober 2014 untuk pengawasan langsung menelan biaya £7,3 juta, dan £1,8 juta di antaranya untuk membayar biaya lembur agen.

Karena itulah atas begitu besarnya biaya yang telah dikeluarkan Scotland Yard, salah seorang juru bicara Wikileaks mengatakan, biaya pengawasan Julian Assange itu "memalukan."

"Sungguh memalukan melihat bahwa pemerintah Inggris menghabiskan biaya untuk mengawasi dan menahan seorang pengungsi politik yang bukan terdakwa, lebih dari biaya yang dihabiskan untuk menyelidiki Perang Irak yang menewaskan ratusan ribu orang”, sebagaimana dikutip dari laman BBC.

Julian Assange sendiri memang menghadapi risiko untuk ditangkap jika meninggalkan kedutaan Ekuador itu. Sebab Ia telah diperingatkan akan segera ditangkap jika meninggalkan kedutaan.
Sebenarnya pada Agustus tahun lalu ( 2014 ), Julian Assange pernah mengisyaratkan akan "segera" meninggalkan kedutaan, namun ternyata hingga saat ini ia tetap bertahan, tanpa pernah keluar.

Lihat juga :

You may like these posts