-->

Layaknya Manusia, 7 Binatang Ini Juga Melakukan Puasa

Meski sering banyak yang kurang menyadari, diwajibkannya puasa pada dasarnya untuk kebaikan manusia itu sendiri. Dan hal ini kemudian dibuktikan oleh ilmu kedokteran modern, puasa ternyata banyak sekali manfaatnya pada metabolisme dan kesehatan tubuh.
Dan karena besarnya manfaat puasa itulah, selain puasa yang dilakukan oleh manusia, ternyata ada beberapa binatang yang “gemar” berpuasa.

Dan berikut ini adalah 7 binatang yang juga melakukan puasa, layaknya manusia :

1. Unta
Binatang padang pasir ini sudah terkenal mampu berpuasa. Unta, mampu tidak makan dan minum sampai berhari-hari meski harus menempuh perjalanan di daerah padang pasir yang sangat kering dan tandus.

2. Beruang
Selain unta, ada juga beberapa jenis beruang yang “harus” berpuasa selama musim dingin. Karena kondisi alam yang ekstrem, maka beruang-beruang ini harus menahan makan dan minum.

3. Ular
Semua orang sudah tahu jika ular pada waktu-waktu tertentu juga berpuasa. Hewan melata yang sering dianggap menakutkan ini melakukan puasa setelah mempersiapkan cadangan makanan di dalam perutnya. Puasa yang dilakukan ular dimaksudkan untuk meningkatkan suhu tubuhnya sampai beberapa derajat di atas normal. Ular harus berpuasa ketika melakukan pergantian kulit ( jawa : mlungsungi ).

4. Biawak
Biawak juga melakukan puasa. Persis seperti yang dilakukan ular.

5. Ayam betina.
Ayam betina berpuasa setiap kali mengerami telurnya. Dengan berpuasa maka suhu badan ayam betina akan meningkat. Karena itu telur yang dieraminya dapat menetas.

6. Ulat
Ulat merupakan hewan yang mengalami metamorfosis sempurna. Dimana salah satu fase metamorfosis ulat adalah menjadi kepompong. Dan selama menjadi kepompong inilah ulat berpuasa. Tujuannya agar tubuhnya hancur dan hanya menyisakan beberapa sel yang kemudian tumbuh menjadi kupu-kupu.

7. Kukang
Kukang termasuk genus Nycticebus. Cara hidupnya sebagian besar dihabiskan dengan tidur bergelung atau menggantung di pohon. Saat lapar, barulah kukang bangun mencari makanan. Setelah itu tidur lagi. Jadi kukang disini ‘berpuasa’ karena pemalas.

Lihat juga

You may like these posts