-->

Asal Usul Kalkun Yang Uni. Mengapa Disebut Turkey ?

Banyak orang yang belum tahu, jika ayam Kalkun atau di negara manca sering disebut dengan Turkey, ternyata memiliki sejarah dan asal-usul yang cukup unik.

Berikut ulasannya.
Tahukah anda apa itu, Meleagris Gallopavoda ?
Mungkin tidak !
Tapi anda pasti tahu, apa itu “Kalkun”.

Meleagris Gallpavo adalah nama latin dari kalkun.
Hewan ternak ini aslinya berasal dari Negara Meksiko. Awalnya, orang-orang dari suku Aztek jaman kuno telah menternakkannya sebagai ayam potong.

Ketika orang-orang Spanyol setelah era Columbus menjajah negeri tersebut, ada beberapa orang yang kemudian membawa ‘Meleagris Gallapvo’ ini sebagai hewan ternak unggas ke Spanyol pada tahun 1519.

Para pedagang ayam dari Inggris kemudian mengimpornya pada tahun 1524 dan menyebutnya sebagai “turkey”. Sebab mereka mengira bahwa ayam tersebut masih termasuk jenis turkey cock ( ayam mutiara ) “ Numida Meleagris “ yang mereka beli dari Turki.

Dan karena kekurangan istilah, unggas baru itu mereka sebut dengan TURKEY saja, tapi tanpa cock.
Para imigran Inggris yang datang ke Amerika Utara, kemudian membawa “turkey” kembali ke Amerika lagi. Dan nama yang salah kaprah, “ turkey “ akhirnya malah semakin popular.

Lalu, mengapa orang Indonesia tidak menyebutnya dengan turkey atau ayam Turki ?

Tetapi malah menyebutnya dengan “ kalkun”?

Nama kalkun yang juga sebenarnya aneh dan salah kaprah ini berasal dari bahasa Belanda kuno : “kalekutschen haen” ( ayam jago dari Kalekut ).

Kalekut adalah nama kota dagang yang ramai pada jaman kapal kayu dulu, di sebelah pantai barat India. “Burung Spanyol” dari Meksiko ini diperdagangkan sampai di Kalekut sehingga orang Belanda menganggapnya sebagai burung India. (Sekarang kota Kalekut ini berubah menjadi Calicut).

Dalam bahasa perdagangan, nama kalekutschen haen terlalu kepanjangan, sehingga akhirnya diringkas menjadi “kalekoen” ( seperti kita meringkas kata “influenza” hanya menjadi “flu” saja ).
Oleh pedagang Melayu yang membawanya ke Batavia ( Jakarta ) pada jaman Belanda VOC dulu nama hewan unggas itu diucapkan ringkas sebagai Kalkun.

Dan sampai sekarang, orang-orang menyebut unggas asli Meksiko yang semula dibawa ke Eropa tapi kemudian dibawa kembali ke Amerika ini sebagai “turkey “ dari Kalekut alias Kalkun.


Simak juga :

You may like these posts