-->

Bagaimana Cara Memperbaiki Flashdisk Yang Mengalami Masalah Write Protect ?

Bagi yang terbiasa bekerja dengan flashdisk terkadang mengalami masalah flash disk yang satu ini.Disk Write Protect. ( Bagi yang belum mengalami, moga-moga jangan. Makanya sangat dianjurkan untuk menyimak artikel ini ).

Pada kondisi write protect seperti ini, flashdisk sebenarnya belum bisa dibilang rusak 100 %. Sebab faktanya, flashdisk masih bisa dibuka dan dibaca seperti biasa.

Hanya saja flashdisk akan “ngadat” ketika ditambah isinya. Juga di copy atau di-rename. Parahnya juga tidak mau diformat.

Bagi yang kebetulan belum tahu, tentu langsung divonis saja sebagai flashdisk yang sudah soak. Buang ke tempat sampah, beli baru.

Meski saat ini harga flahdisk sudah sangat terjangkau ( beda dengan dulu ) namun bagaimanapun juga – meski banyak duit – tetap sayang juga.
Terlebih jika dalam flashdisk tersebut berisi data yang sangat penting atau diperlukan.
( Tapi jika data tidak sengaja "hanya" terhapus bisa digunakan Cara mengembalikan data yang hilang dengan software data recovery )
Lagian, seperti diutarakan di awal, meski setiap kali flashdisk keluar tulisan write protect ketika “diapa-apain” tapi itu belum rusak 100 %.
Artinya, masih bisa diperbaiki.
Jadi jangan buru-buru dibuang itu flashdisk ke tempat sampah. Meski untuk ini memang butuh sedikit usaha.

Sampai saat ini, saya sendiri belum tahu pasti penyebab mengapa flashdisk tiba-tiba mengalami write protect. Mungkin karena sudah overload, entah karena sering dicabut begitu saja dari colokannya ( tidak melalui safety remove hardware ), atau bisa jadi karena error pada perangkat itu sendiri.
( Yang sudah tahu penyebabnya mungkin bisa dishare disini ).

Hanya saja karena sudah pernah mengalaminya, maka mau tidak mau dituntut harus tahu cara memperbaiki flashdisk yang “soak” tadi.
Repotnya, ketika surfing untuk mencari cara untuk mengatasinya, ternyata caranya berjubel, begitu banyak cara untuk memperbaiki flashdisk yang rusak, write protect ini. Malah bingung sendiri akhirnya.
Lalu dari sekian banyak cara yang ditemui di google, ketika dicoba ternyata tidak “ngefek” apa-apa. Flashdisk tetap saja tidak mau sembuh dari penyakit write protect ini.

Namun, memang benar kata pepatah, selama mau berusaha pasti ada jalan. Setelah melakukan trial eror berkali-kali,akhirnya ketemu juga cara mengatasinya.
Jadi, bagi anda yang kebetulan juga mengalami masalah flashdisk write protect ini, agar tidak ikut-ikutan bingung, serta untuk menghemat waktu dan tenaga, jika anda menyimak terus artikel ini, anda akan menemukan jawabannya.

Untuk mengatasi masalah flashdisk write protect, tergantung dari tingkat kerusakannya, anda bisa coba cara-cara berikut.

Saya urutkan dari yang paling ringan sampai yang “kelas berat” kerusakannya.

Cara Praktis Memperbaiki Masalah Flashdisk Write Protect

:

Memperbaiki Masalah Flashdisk Write Protect dengan menggunakan perintah Regedit

- Pada komputer klik Start, Run, ketikkan regedit
- klik 'OK'.
- setelah terbuka menunya, buka pada MyComputer\HKEY_LOCAL_MACHINE\SYSTEM\ CurrentControlSet\Control\StorageDevicePolicies
- Lalu Double click pada tanda ‘WriteProtect’
- rubah nilai ‘Value Data’ box dari 1 menjadi 0
- Selasai, Restart komputer.

Cara pertama ini akan manjur untuk mengatasi masalah, jika pada komputernya memang sengaja di set dengan Write Protect.

Memperbaiki Masalah Flashdisk Write Protect dengan menggunakan administartif tools

- klik Start, Settings, lalu Control Panel
- klik Administrative Tools
- Masuk ke Computer Management
- Click pada Disk Management, tunggu proses berjalan
- Posisikan kursor pada drive flashdisk yang bermasalah, lalu klik kanan – pastikan pada drive yang benar - lalu click "Delete Partition"
- Klik kanan lagi
- kemudian Pilih "Create Partition" dan lakukan permformatan pada drive flashdisk
- restart computer.

Pada kondisi kerusakan yang agak ringan, cara kedua ini sudah bisa mengatasi masalah flashdisk write protect. Tapi Jika belum mau, bisa diulangi beberapa kali lagi.

Memperbaiki Masalah Flashdisk Write Protect dengan menggunakan DOS Command

.
- Masuk ke DOS Prompt
- Ketikkan CHKDSK /F Letak Drive Flashdisk Anda. misal : (chkdsk /f v:)
- Ketika selesai di Check (CHKDSK), buang file pada Flash Disk dengan perintah Del drive letter:*.*. Misal untuk di drive V: adalah DEL V:*.*
- Lalu format flashdisk dengan Dos Promt. Format V:
- Jika belum berhasil, ulangi beberapa kali

Memperbaiki Masalah Flashdisk Write Protect dengan software

Adakalanya kerusakan write protect pada flashdisk sudah cukup parah, sehingga ketiga cara di sebelumnya tidak mempan.
Pada kondisi seperti ini “terpaksa” harus menggunakan software.
Sebenarnya banyak sekali software untuk memperbaiki flashdisk write protect.
Anda bisa memilih dan menggunakannya sesuai selera.
Namun dari hasil trial error yang telah dicoba, ada 2 software yang bisa direkomendasikan untuk anda. Sebab telah terbukti “khasiat” dan keampuhannya. Anda tinggal jalankan atau install di komputer, colokkan flashdisk yang bermasalah, dan ikuti perintahnya.
- Software untuk memperbaiki flashdisk write protect yang pertama adalah HP Drive Key Boot Utility atau HP USB Disk Storage Formate Tool.
- Softaware kedua ( dari uji coba ini lebih ampuh ) adalah Repair V.2.9.11.
Bisa didapatkan dibawah ini :
http://www.apacer.com/en/support/downloads/Repair_v2.9.1.1.zip

You may like these posts