Cara Membuat Daun Pintu Biasa Menjadi Luar Biasa

Cara Membuat Daun Pintu Biasa Menjadi Luar Biasa

Cara Membuat Daun Pintu Biasa Menjadi Luar Biasa
Makin bertambah hari, harga tanah, rumah atau properti makin naik menjadi jadi. Bahkan konon, ada sebuah daerah yang harga tanahnya telah mencapai 6,14 Milliar per meter persegi, dan merupakan harga tanah paling mahal di dunia. Sehingga sebuah rumah yang seharusnya merupakan salah satu kebutuhan dan kepemilikan pokok saat ini seolah-olah menjadi barang mewah. Tidak heran jika masih banyak keluarga yang belum mempunyai kepemilikan rumah sendiri. 

Makanya sempat sangat mengherankan jika beberapa waktu lalu, terbetik kabar jika ternyata saat ini masih ada beberapa rumah yang berharga hanya 1 dollar saja, dan tentu saja merupakan harga rumah yang paling murah sedunia.
Bisa dilihat disini : Dijual Segera : Rumah Paling Murah Di Dunia

Menyiasati tingginya harga ini, beberapa cara dapat dilakukan. Misal dengan cara membangun rumah sendiri, karena pada umumnya dengan membangun rumah sendiri jatuh harganya akan jauh lebih murah jika dibanding membeli jadi atau membeli perumahan dari pengembang. Dengan mambangun rumah sendiri,anda akan leluasa untuk memilih dan mengatur tenaga kerja yang digunakan. Anda juga dapat melakukan berbagai upaya untuk melakukan penghematan dalam material bahan bangunan

Dan berbicara mengenai masalah penghematan material bahan bangunan, salah satu yang bisa dilakukan adalah dengan mensubtitusi material daun pintu misalnya. Seperti bersama diketahui, saat ini sebuah daun pintu sangat mahal harganya. Ini dapat terjadi karena harga kayu naiknya tidak terkendali. Dikarenakan “stok” hutan untuk suply kayu ini sudah tidak seperti dulu lagi. Makin lama makin menyusut dan kecil sekali. 

Sebagai contoh, sebuah daun pintu yang terbuat dari kayu jati ( jati Jawa ) sudah mencapai 1,5 sampai 2 juta per buahnya. Itu pun untuk pintu tunggal, bukan pintu “Kupu Tarung” yang biasa digunakan sebagai pintu utama rumah anda. Itu baru sebuah daun pintu. Maka dapat dihitung, jika rumah anda ada 10 buah pintu misalnya, jatuhnya sudah mencapai 15 sampai 20 juta. Itu untuk daun pintu saja. Belum lagi kusen-kusennya. 

Mengingat hal tersebut, jika dana pembangunan rumah terbatas, maka anda harus pintar-pintar dalam menyiasatinya. 
Cara Membuat Daun Pintu Biasa Menjadi Luar Biasa berikut ini mungkin bisa membantu untuk mensiasati keterbatasan dana pembangunan rumah anda. Sebab dari beberapa praktek yang telah dilakukan cara ini ternyata bisa menghemat dana pengeluaran untuk sebuah daun pintu hingga mencapai 7 sampai 8 kalinya. Artinya, anda hanya akan mengeluarkan dana sebesar 300 Ribu – 400 Ribu rupiah saja untuk sebuah daun pintu. 
Bagaimana, Anda mulai tertarik melakukannya ? 

Maka, mari. Simak terus uraiannya. Sesuai judul, daun pintu yang akan anda buat asalnya merupakan sebuah daun pintu yang biasa. Artinya, daun pintu ini sebenarnya memang sudah banyak digunakan sebelumnya. Namun dengan pemilihan beberapa material yang lebih tepat dan dengan memberikan beberapa “sentuhan” daun pintu akan menjadi luar biasa pada hasil akhirnya. Baik pada penampakan ataupun kualitasnya. 

Berikut cara untuk membuat daun pintu yang biasa menjadi luar biasa

● Anda tidak perlu membuat daun pintu yang terbuat dari papan-papan kayu. 
Tapi daun pintu ini nantinya akan terbuat dari papan kayu hanya untuk tulangannya saja. Sedangkan selebihnya dibuat dari kayu lapis atau tripleks. ( Makanya daun pintu ini disebut daun pintu biasa. Karena daun pintu dari kayu lapis ini sebenarnya sudah banyak digunakan sebelumnya. Hanya saja cara pembuatan dan finishingnya juga “biasa” ). 

● Yang agak sedikit membedakan adalah kayu yang digunakan untuk tulangan daun pintuya. 
Tidak seperti bahan kayu yang sering digunakan selama ini, untuk pintu kali ini pilih dan gunakan bahan tulangan pintu dari kayu Jati Belanda. Kenapa kayu Jati Belanda. Meski masih kalah kualitas dari kayu Jati Jawa, kayu Jati Belanda sebenarnya mempunyai beberapa keunggulan tersendiri. 
Misalnya, ulet, ringan, mempunyai tekstur serat kayu yang memikat, mudah pengerjaannya, awet ( selama tidak terkena air ), dan tahan terhadap serangan serangga ( kayu Jati Belanda mengandung bahan alami yang berfungsi sebagai anti seranggga ) dan yang penting sangat murah harganya. 
Sebagai contoh, harga kayu Jati Belanda saat ini berkisar 5000 – 6000 Rupiah per kilonya. Sehingga untuk membuat sebuah tulangan daun pintu dari kayu Jati Belanda anda mengeluarkan dana tidak lebih dari 100 Ribu Rupiah saja. Sangat murah bukan. 

● Untuk pembuatannya, anda dapat kerjakan sendiri jika memang bisa. Bila tidak bayarlah tukang kayu untuk mengerjakannya, dengan bahan yang anda sediakan. Yang paling penting disini, agar daun pintu nantinya kokoh dan tidak kalah kualitasnya, perkuatlah struktur tulangan pada bagian tengahnya. Tambahkan tulangan lebih dari biasanya. Kemudian jangan ragu dan segan memilih design sesuai pilihan anda. 

● Untuk design akhirnya, sebagai catatan, jangan gunakan design yang polosan. 
Sehingga tidak terkesan “biasa” dan murahan. Tapi pilihlah design dengan berbagai variasi atau design-design pintu untuk rumah minimalis ( Anda dapat dengan mudah mendapatkannya contohnya jika mau melakukan browsing di mbahnya Google ). 

● Untuk permukaan pintu gunakan bahan kayu lapis ( tripleks ). 
Tapi jangan terlalu irit, pilihlah yang benar-benar berkualitas. Pilih kayu lapis dengan ketebalan 3 atau 4 mm. Jangan lebih jangan kurang. Agar sesuai dan cocok dengan kusen pintu pada umumnya. Jangan beli kayu lapis lembaran utuh, tapi belilah yang khusus untuk ukuran daun pintu, misal ukuran 90 x 2000 cm atau 100 x 2100 cm, untuk lebih menghemat pengeluaran anda. Sebagai contoh, kayu lapis untuk kualitas bagus dengan tebal 3 mm ukuran 100 x 2100 cm saat ini harganya berkisar 75 Ribu rupiah per bijinya. Jadi dalam hal ini anda hanya akan mengeluarkan 150 Ribu rupiah untuk sebuah daun pintu. 

● Setelah tulangan jadi, terapkan kayu lapis pada tulangannya. 
Sesuaikan dengan designnya. Dan tahap terakhir inilah yang paling menentukan. Sehingga daun pintu yang sebenarnya biasa akan menjadi luar biasa. Pada umumnya, selama ini orang-orang hanya akan mengecat kuas atau mempolitur daun pintu yang terbuat dari kayu lapis ini. Jika digunakan cara ini, selain hasilnya akan terlihat biasa ( murahan ), daun pintu akan rendah daya tahannya. Karena kayu lapis pada umumnya memang kurang tahan terhadap cuaca ( air ). 
Maka untuk mensiasatinya, jangan mengecat secara biasa ( kuas ) atau mempoliturnya. 

Tapi gunakan cara berikut ini. 
- Daun pintu yang setengah jadi, lakukan pendempulan dengan dempul plastik ( dempul mobil atau dempul duco ) 
- Setelah benar-benar rata amplas halus dengan amplas duco juga. 
- Setelah benar-benar halus dan rata, lapisi sebagai awalan dengan Epoxy. 
Gunakan sprayer cat semprot untuk melapisinya. 
- Setelah rata dan kering, amplas kembali dengan amplas duco yang lebih halus. 
- Baru setelah itu lakukan pengecatan sesuai dengan warna dan keinginan anda. Sebagai catatan, gunakan cat mobil ( jangan cat minyak biasa ) dan pengecatan juga dengan sprayer / cat semprot. 
- Terakhir, semprotkan pula lapisan anti gores di atasnya. 

Maka dengan cara mudah, sederhana dan murah ini, anda akan merubah sebuah daun pintu yang biasa menjadi luar biasa. Bahkan akan mewah kesannya. Dan juga akan lebih awet daya tahannya, bahkan terhadap air ( karena adanya lapisan dempul plastik di atasnya ). 

Bagaimana, tertarik melakukannya. Silahkan mecoba, semoga bermanfaat. 

Dan disamping melakukan penghematan lewat daun pintu, anda juga bisa melakukan penghematan material melalui kusen-kusen pintu atau jendelanya. Anda mungkin dapat mengikuti caranya pada posting selanjutnya.

Share this:

Disqus Comments