-->

Penyebab Sekring Mobil Meledak Dan Cara Mengatasinya

Salah satu perangkat yang memang tujuannya untuk “ dikorbankan “ adalah apa yang disebut sebagai Sekring. Yang merupakan satu-satunya perlindungan radio, lampu, dan komponen listrik lainnya.

Sekring adalah satu-satunya pertahanan terhadap arus yang berlebihan dalam suatu rangkaian. Secara teknis, sekring yang meledak berarti benar-benar telah melakukan tugasnya tepat seperti yang dimaksudkan.


Itu berarti hal yang baik, tetapi menyiratkan bahwa ada sesuatu yang salah di tempat lain di sirkuit.

Seringkali karena adanya sekring yang direkayasa, kemungkinan bahwa sekring akan menjadi rusak tanpa mengembang ( blowing ) bisa terjadi, bahkan pada beberapa kasus di mana sekring terlihat baik-baik saja, tanpa ada perubahan fisik , tetapi tidak ada arus yang berjalan melaluinya.

Jenis yang paling umum dari sekring otomotif adalah sekring pisau mini (dikenal umum dengan sekring tancap ).
Dua terminal (atau pisau) yang masuk ke masing-masing ujung sekering hanya terhubung satu sama lain di tengah oleh tembaga, perak, aluminium, seng atau paduan lain.

Dan berikut beberapa pengetahuan praktis tentang sekring mobil :


Kebutuhan Sekering

Rangkaian listrik pada kendaraan dirancang untuk membawa beban listrik khusus baterai / Accu ke komponen. Ukuran dari kawat dan ampere rating sekring harusnya ditentukan oleh arus yang diciptakan oleh elektronik terhubung.

Mengubah komponen dalam rangkaian dapat memiliki efek tak terduga pada ampere dan resistensi di sirkuit, Disini termasuk mengubah ke sekring yang lebih tinggi dan juga memberikan beban elektronik tambahan (seperti lampu atau radio) yang bukan merupakan bagian dari kendaraan desain asli. Jika ada kesalahan dengan salah satu komponen atau korsleting, adanya tambahan beban memungkinan akan melebihi rating ampere kawat.

Hal ini dapat menyebabkan kawat mencair dan bahkan mungkin terbakar. Setiap sekring pada kotak sekering dirancang untuk gagal ketika sirkuit kelebihan beban. Jumlah waktu yang diperlukan untuk sekring blowing bervariasi tergantung pada bahan yang digunakan di pusat sumbu dan jumlah berlebihan di sirkuit. Ketika ada arus yang berlebihan, panas yang dihasilkan dan pusat sekering mencair dan sirkuit terputus untuk mencegah kerusakan lebih lanjut.



Bagaimana Mengenali sekring yang akan mengalami Blowing ?


Lepaskan sekring yang dicurigai akan mengalami blowing dan secara visual periksa elemen pusat menjelang terjadinya blowing sering ditandai perubahan warna, dan unsur pusat harus memiliki istirahat yang jelas. Langkah lain untuk memeriksa:

Carilah lubang persegi kecil di atas sekering atas setiap blade. Atur multimeter untuk pengaturan kontinuitas dan menyelidiki lubang ini dengan lead multimeter dan melihat apakah ada kontinuitas melalui bagian tengah sekring.
Jika ada kontinuitas, berarti sekering telah buruk dan perlu diganti.

Berkaitan dengan sekring mobil, lihat juga:
> Pengetahuan Wajib Perawatan Accu

You may like these posts