-->

Kapal Hantu The Flying Dutchman Pernah Singgah Di Pulau Jawa ? Simak Misterinya

The Flying Dutchman merupakan sebuah kapal yang menjadi buah tutur dan sangat terkenal di hampir seluruh penjuru dunia. 

Menurut legenda yang berkembang, The Flying Dutchman adalah sebuah kapal hantu yang tidak pernah berlabuh sama sekali dan terus-menerus berlayar selamanya untuk mengarungi tujuh samudera akibat kutukan sang kapten kapal. 

( Namun dalam film Pirates of Caribian, untuk menguatkan sisi roman percintaan Sang kapten Kapal digambarkan kapal The Flying Dutchman “boleh” berlabuh hanya selama 1 hari setelah berlayar selama 1 tahun penuh ). 

Saking terkenalnya The Flying Dutchman, legenda kapal hantu ini tidak hanya dituturkan dari mulut ke mulut, atau tulisan bahkan sampai diangkat menjadi film.Banyak film-film yang dibuat yang menceritakan tentang legenda kapal hantu ini, termasuk film animasi. 
Dan salah satu film yang mengangkat legenda The Flying Dutchman yang paling sukses …ya itu tadi film Pirates of Caribian dengan Jack Sparrow-nya ). 

Meski dianggap “hanya” sebagai legenda, .....anehnya banyak orang yang mengaku melihat penampakan kapal hantu The Flying Dutchman ini. 
Yang hebatnya, penampakan tersebut terjadi dalam kurun waktu yang sangat lama, lebih dari 1 abad atau 100 tahun lamanya. 

Penampakan kapal hantu The Flying Dutchman yang pernah dilaporkan antara lain : 

● Tahun 1823, seorang Kapten Kapal bernawa Oweb melaporkan telah melihat sebuah kapal yang sedang terombang ambing di lautan namun lalu hilang dalam sekejab. 

● Tahun 1835, ada sebuah kapal Inggris yang karena terkatung-katung di lautan akan bertabrakan dengan sebuah kapal asing. 
Anehnya beberapa saat sebelum terjadi tabrakan, kapal asing tersebut tiba-tiba menghilang.Kapal asing tersebut diduga kapal The Flying Dutchman. 

● Tahun 1881, awak kapal HMS Bacchante dilaporkan telah melihat sebuah kapal kosong yang berada ditengah laut. Anehnya, keesokan harinya awak kapal tersebut meninggal dunia. 

● Tahun 1879, awak kapal SS Pretoria mengaku melihat kapal The Flying Dutchman. 

● Tahun 1939, beberapa orang mengaku telah melihat kapal usang berada di Mulkzenberg tetapi kemudian menghilang. 

● Tahun 1941, beberapa orang juga mengaku telah melihat kapal usang yang menabrak karang di pantai Glencairn, namun setelah diselidiki tidak ada tanda-tanda tentang adanya kapal yang menabrak karang. 

● Tahun 1942, beberapa orang telah melihat kapal kosong yang memasuki perairan Table Bay tetapi langsung menghilang. 

● Tahun 1942, awak kapal militer M.H.S Jubilee telah melihat kapal The Flying Dutchman di Cape Town. 

● Tahun 1959, awak kapal Straat Magelhaen mengaku telah melihat kapal kosong yang sedang berada di tengah lautan. 

Jika ada sedemikian banyak orang yang “mengaku melihatnya” apakah itu berarti kapal hantu The Flying Dutchman ini memang benar-benar ada ? 


Rumor yang beredar tentang asal usul dari kapal hantu ini memang masih simpang siur. 
Ada yang mengatakan jika legenda kapal hantu ini sebenarnya hanya berasal dari sebuah cerita opera Inggris yaitu yang berjudul The Flying Dutchman. 
Namun rumor lain yang dipercayai oleh banyak orang asal-usul kapal hantu ini berasal dari Belanda, sesuai namanya “Dutchman”. 
Mereka bahkan percaya jika kapal hantu ini dipimpin oleh seorang kapten kapal bernama Bernard Fokke

Yang uniknya, jika merujuk kisah kapten kapal ini, maka kapal hantu The Flying Dutchman justru akan sangat berkaitan dengan pulau Jawa. 

Masak ?? 

Jika merujuk kisah yang ini, cerita awal mulanya kapal hantu The Flying Dutchman memang berasal dari kutukan kapten Bernard Fokke. Saat itu kapten Bernard Fokke berniat berlayar dari Belanda menuju ke pulau Jawa. Dan setelah itu akan melanjutkan pelayarannya menuju ke Tanjung Harapan. 
Namun dalam perjalanannya kapalnya dihantam badai besar, sehingga seluruh awak kapal kemudian menyarankan agar berlabuh. 
Sang kapten menjadi sangat marah sehingga bersumpah dan mengutuk semua awak kapalnya. Pada akhirnya kapal The Flying Dutchman kapal ini terus berlayar mengarungi tujuh lautan untuk selamanya tanpa berlabuh sekalipun. 

Namun ada sumber lain yang mengatakan bahwa kapal ini terus berlayar tanpa boleh berlabuh dikarenakan seluruh awak kapal The Flying Dutchman mengidap penyakit berbahaya yang menular. 
Jadi apakah kapal hantu The Flying Dutchman memang benar-benar ada sesuai legendanya ? 
Wallahu’alam. Hanya Tuhan Yang Maha Tahu. 

Namun jika memang benar-benar ada, kapal The Flying Dutchman mestinya pernah singgah di Pulau Jawa ! 

Simak juga yang tak kalah menariknya : 

You may like these posts