-->

Mengapa Anda Selalu Gagal Saat Tes Wawancara Pekerjaan ? Mungkin Ini Penyebabnya

Saat ini untuk mencari pekerjaan ibaratnya mencari jarum di tumpukan jerami. Sulitnya minta ampun. Bahkan untuk sekelas sarjana, S1 atau S2 sekalipun. Karena itulah ketika mendapatkan kesempatan melakukan te wawancara, itu berarti mendapatkan peluang emas. Sebab dengan sudah mendapat panggilan wawancara ibaratnya, tinggal selangkah lagi untuk mendapatkan sebuah pekerjaan.

Namun apa dikata, ketika menjalani tes wawancara, ternyata malah gagal, tidak bisa lolos.
Kecewa ? Tentu saja.
Namun bukan saatnya untuk meratapi diri.
Justru sebaliknya, kini waktunya bagi anda untuk mengevaluasi diri, mengapa sampai gagal dalam menjalani Tes Wawancara.

Ada beberapa hal yang bisa menyebabkan anda sampai gagal dalam sebuah tes wawancara, diantaranya :


1. Kualifikasi Terlalu Tinggi

Jangan salah, kualifikasi yang tinggi bukan merupakan jaminan bagi anda untuk selalu sukses dalam sebuah tes wawancara. Kualifikasi diri yang terlalu tinggi, bahkan bisa menjadi bumerang dan menyebabkan gagal dalam sebuah tes wawancara.
Hal ini sangat mungkin, misalnya karena anda malah memiliki pengalaman kerja dan atau ketrampilan yang lebih tinggi dari calon atasan anda. Sehingga anda dinilai kurang pas dengan posisi yang anda lamar.
Lihat juga :

2. Standard Gaji Yang Terlalu Tinggi

Setiap orang tentu menginginkan untuk mendapatkan gaji yang tinggi dalam bekerja. Namun hati-hati dalam hal ini. Mungkin anda dinilai telah memenuhi semua persyaratan yang ditentukan oleh perusahaan untuk menjadi karyawan.
Namun ketika anda mematok standard gaji yang terlalu tinggi, bisa menyebabkan gagal dalam wawancara kerja. Karena itu sebaiknya pelajari, berapa stsndard gaji yang berlaku di daerah tersebut, terutama pada perusahaan yang anda lamar.

3. Memiliki Kepribadian Yang Kurang Baik

Hati-hati, perusahaan terutama pewawancara sudah sangat jeli dalam hal ini. Perusahaan tidak hanya ingin memilih tenaga kerja yang memiliki kualitas dan skill yang baik tetapi juga yang berkepribadian baik. Jika anda memang merasa memiliki kepribadian yang kurang baik sudah saatnya untuk berubah.

4. Terlambat

Semua perusahaan pasti menginginkan karyawan yang disiplin. Jika baru tes wawancara saja anda sudah datang terlambat, maka jangan berharap banyak. Bisa dipastikan, anda masuk daftar merah, alias dicoret. Jika memang ada halangan yang memang sangat urgent dan dapat dipertimbangkan , akan ebih baik jika menghubungi perusahaan terlebih dulu untuk meminta tenggat waktu.
Lihat juga :

5. Memiliki Penampilan Yang Buruk

Kesan pertama yang dilihat oleh pewawancara adalah dari penampilan anda. Sebab, meski tidak mutlak, sebuah penampilan bisa mencerminkan bagaimana anda nantinya jika bekerja.
Jika anda memiliki penampilan yang buruk, adalah sangat wajar jika anda sampai gagal dalam tes wawancara. Karena itu usahakan untuk tampil rapi, namun tidak harus mewah.

6. Ada yang lebih baik dari anda

Anda merasa bahwa anda telah melakukan memenuhi semua persyaratan di atas. Bahkan anda merasa jika pewawancara terkesan oleh anda. Tetapi anda tetap juga gagal dalam tes wawancara. Hal ini bisa saja terjadi. Sebab ternyata ada orang lain yang ternyata lebih baik dari anda. Sedangkan posisi yang dibutuhkan sangat terbatas.

Sebaiknya simak juga :

You may like these posts