-->

4 Cara Pintar Menghadapi Pewawancara Kerja Yang Bersifat Investigasi

Pada saat ini, sebuah wawancara kerja merupakan salah satu tahapan yang mutlak dalam proses seleksi dan penerimaan tenaga kerja ( karyawan ) baru. Hampir semua perusahaan melakukannya.
Dan sebuah wawancara kerja merupakan salah satu tahapan yang sangat penting. Sebab boleh dikatakan bahwa pada tahap inilah seseorang pelamar , calon tenaga kerja ditentukan, akan diterima atau tidak.

Agar sebuah wawancara kerja dapat dilewati dengan mulus, sebenarnya ada banyak hal yang perlu dipelajari dan dipersiapkan untuk menghadapinya. Sebab sebagaimana “ilmu” lainnya, sebuah wawancara kerja pada dasarnya juga bisa dipelajari.
Salah satu contohnya adalah tentang pertanyaan-pertanyaan ( standard ) yang sering diajukan selama wawancara kerja.
Contoh pertanyaan yang sering diajukan selama wawancara kerja, misalnya dapat disimak di bawah ini :

Salah satu cara lainnya adalah dengan mengetahui dan mempelajari tentang siapa dan bagaimaimana orang yang akan mewawancarai kita ( pewawancara ).
Sebab seorang dengan pribadi yang berbeda, tipe seseorang dalam mewawancarai juga berbeda.
Ada pewawancara yang terlihat santai ( namun menjebak ), ada pula pewawancara yang bersifat menginvistigasi, sehingga terlihat “strength”, keras.
Untuk menghadapi pertanyaan wawancara yang sifatnya menjebak, mungkin bisa dilihat triknya di bawah ini : > 5 Trik untuk menjawab pertanyaan jebakan dalam tes wawancara pekerjaan

Sedangkan untuk menghadapi pewawancara yang bersifat invesitigasi, bisa disimak 4 Cara Pintar Menghadapi Pewawancara Kerja Yang Bersifat Investigasi, di bawah ini :

1. Berdoa dan menenangkan diri
Sebaiknya, biasakan selalu berdoa ketika melakukan hal yang positsi. Sebelum masuk ruangan wawancara berdoa dan tenangkanlah diri, meski barang sejenak.
Meski terlihat sepele, langkah ini ternyata membawa dampak yang besar bagi penampilan seseorang. Seseorang yang merasa dirinya tenang akan lebih cermat dan hati-hati dalam menjawab semua pertanyaan dari pewawancara.

2. Jangan bersikap defensif
Pewawancara investigasi, memang terkesan ingin tahu segalanya tentang anda. Sehingga anda akan dicecar dengan segala macam pertanyaan yang terkadang memojokkan.
Namun usahakan jangan bersikap defensive dan melindungi diri dalam menjawab pertanyaan-pertanyaan. Sebab pewawancara biasanya hanya ingin melihat bagaimana anda bereaksi, dan bagaimana ketahanan emosi dan mental anda.

3. Selalu Fokus
Apapun yang anda lakukan, tetaplah selalu focus.
Jangan tergoda dengan memikirkan reaksi dari pewawancara.
Pewawancara yang baik tidak akan menunjukkan rasa ketertarikan, meski jawaban yang anda berikan sebenarnya sangat bagus.

4. Kuasai diri anda
Pewawancara yang bersifat menginvestigasi biasanya senang mengobang-ambingkan emosi anda. Mereka ingin tahu bagaimana cara anda bisa menguasai diri ketika terjadi masalah besar suatu saat.
Karena itu tetap perhatikan dengan baik apa yang disampaikan, lalu jawab pertanyaan tersebut dengan baik dan tepat tanpa melibatkan emosi yang berlebihan.

You may like these posts