-->

Dengan Teknologi D-Light, Di Masa Depan Koneksi Internet Dilakukan Dengan Menggunakan Cahaya

Di masa mendatang, dengan teknologi D-Light koneksi internet dapat dilakukan dengan menggunakan cahaya.

Sampai saat ini, teknologi internet pada dasarnya masih memanfaatkan gelombang radio untuk melakukan koneksinya. Ketika gelombang udara tersumbat, maka perangkat nirkabel yang digunakan untuk melakukan koneksi ineternet akan kesulitan untuk mendapatkan kekuatan sinyal yang dibutuhkan. Istilah yang sering digunakan, sinyalnya blank.

Meski saat ini pula teknologi koneksi internet masih tetap terus diupayakan untuk ditingkatkan, misalnya dengan penerapan teknologi sambungan LTE, 4G dan mungkin sebentar lagi 5G, permasalahan yang berkaitan dengan kecepatan rambat gelombang radio dengan kondisi udara selalu saja masih tetap bisa terjadi.

Terlebih lagi, menurut penelitian para ahli medis belakangan ini, gelombang elektromagnetik yang datang bersama dengan gelombang radio disinyalir dan memicu dan menyebabkan berbagai permasalahan kesehatan, termasuk timbulnya kanker.
Lihat disini :

Padahal menurut ilmu Fisika, gelombang radio bukan merupakan satu-satunya bagian dari spektrum yang bisa membawa data. Sebenarnya ada spectrum lain yang ternyata lebih kuat, gelombang cahaya.
Atas dasar itulah salah seorang ilmuwan Jerman Harald Haas, berusaha melakukan penelitian untuk menjawab hal tersebut.
Ide dasarnya adalah seperti pada penggunaan remote control infra merah. Namun jauh lebih kuat.

Fisikawan Jerman tersebut pada akhirnya berhasil menemukan sebuah solusi baru yang ia sebut sebagai "data lewat iluminasi' atau membawa fiber keluar dari fiber optik dengan mengirimkan data lewat lampu LED yang memiliki intensitas bervariasi yang jauh lebih cepat dibanding yang bisa ditangkap manusia. Oleh Haas, hasil temuannya ini ia sebut sebagai D-Ligth.


Dengan teknologi D-Light temuannya, akan mampu menghasilkan transmisi data dengan kecepatan di atas 10 megabit per detik, kecepatan ini tentu saja jauh di atas kecepatan rata-rata sambungan broadband saat ini.

Menurut Haas lebih lanjut, di masa depan, nantinya data ( internet ) yang akan dipancarkan ke laptop, smartphone, dan tablet akan ditransmisikan melalui cahaya lampu yang ada di ruangan.


Akan ada banyak hal yang bisa dilakukan ketika memanfaatkan teknologi internet dengan cahaya ini. Mulai dari akses internet publik, dengan menggunakan lampu jalanan, sampai dengan kendaraan yang dapat dikemudikan secara otomatis lewat lampu depannya.
Solusi tentang masalah keamanan data, dianggapnya juga akan dipecahkan dengan mudah. Sebab ketika cahaya lampu tidak ada, maka data tidak bisa ditransmisikan.

Lihat juga :

You may like these posts