-->

Inilah Smartphone Android Lollipop Yang Pertama, Android One Nexian Journey 1 Lengkap Spesifikasi, Harga Dan Reviewnya

Negara Indonesia disebut-sebut sangat beruntung karena dipilih oleh Google untuk meluncurkan seri OS Android terbarunya, Android 5.1 atau Lollipop.

Sebelum Indonesia, negara India telah dipilih Google saat meluncurkan produk di bawahnya.

Konon, langkah ini dilakukan oleh Google untuk membantu masyarakat di negara-negera berkembang agar bisa mendapatkan akses ( internet ) global yang lebih luas.
Karena itulah mereka meluncurkan seri Smartphone ( ponsel pintar yang berharga murah.

[ Tapi kalau dipikir-pikir lucu juga. Sebab hal itu berarti bahwa rakyat Indonesia dianggap tidak mampu ( untuk membeli smartphone yang mahal ). Tetapi di satu sisi, - hampir sama dengan India – dengan jumlah penduduknya yang demikian besar, Indonesia merupakan pasar yang sangat empuk dan gurih untuk produk-produk semacam ini. Karena itulah mereka meluncurkan produknya dengan embel-embel “MURAH” ].

Bekerja sama dengan vendor lokal, Nexian, smartphone Android One yang berbasis Lollipop ( Android 5.1 ), diklaim sebagai smartphone Android pertama di Indonesia yang menggunakan OS keluaran paling baru dan paling cepat dari Google tersebut. Bahkan di dunia.

Itulah sebabnya, smartphone ini dinamai Nexian Journey 1.
Pada Nexian Journey 1 dipersenjatai dengan layar sentuh 4,5 inci, dengan resolusi FWVGA 854 x 480 piksel. Menggunakan teknologi kapasitif dengan kerapatan layar mencapai hingga 218 piksel per inci
Dimana dengan ukuran layar yang seperti ini, diharapkan para penggunanya akan merasa nyaman ketika mengoprasikan fitur-fitur yang ditanam didalamnya.

Pada dapur pacunya, Nexian Journey 1 didukung chipset MediaTek MT6582M, mengusung prosesorquad-coreARM Cortex-A7 dengan kecepatan 1,3GHz.
Dipadukan dengan memori RAM sebesar 1GB dan pengolah grafis dari Mali-400MP2.
Dengan spesifikasi seperti ini, Nexian Journey 1 sudah cukup mumpuni untuk melakukan kegiatan multitasking tanpa khawatir cepat menjadi panas.
Memori internal yang ditanamkan pada Nexian Journey 1 sebesar 8GB. Dan dapat diekspansi menggunakan microSD sampai maksimal 32GB.

Bagi yang suka selfie dan video call, pada bagian depan Nexian Journey 1 dilengkapi dengan kamera 2 MP yang tersemat apik.Yang lebih garang adalah adanya kamera 5 MP yang terletak pada bagian belakang. Lengkap dengan LED flash, autofocus, Geo-tagging, face detection dan touch focus.

Sedangkan untuk konektivitasnya, Nexian Journey 1 ini terbilang cukup lengkap dengan dukungan WiFi, Bluetooth, GPS, 3G HSPA, dual SIM, dan port microUSB.
Untuk baterainya, menggunakan baterai jenis lithium sebesar 1700 mAh.
Untuk desainnya, smartphone ini memang terbilang sederhana, tidak jauh beda dengan Android One lainnya. Namun demikian Nexian Journey 1 terlihat tetap elegan, yang kalau diperhatikan agak mirip-mirip dengan Asus Zenfone.

● Harga Nexian Journey 1
Harga resmi Nexian Journey 1 saat ini adalah Rp 999 ribu.
Dengan spesifikasi seperti disebut di atas, meski harga Nexian Journey 1 terbilang cukup “murah”, atau “hanya” 1 jutaan, smartphone android ini tidak boleh dipandang enteng.

● Data spesifikasi Nexian Journey 1 lengkap :
Dimensi 132 x 67 x 9.2mm
Berat 107 gram
Jaringan: 3G HSDPA
Kartu: dual SIM
Layar: 4.5 inci
Resolusi: FWVGA 480 × 854 pixels
Kerapatan: 218 ppi
Sistem operasi: Android OS 5.1 (Lollipop)
Chipset: MediaTek MT6582
Prosesor: Quad-core Cortex-A7 1.3 GHz
GPU / Grafis: Mali-400MP2
RAM: 1 GB
Kamera primer: 5 MP, LED flash, autofocus, Geo-tagging, face detection, touch focus
Kamera sekunder: 2 MP
Memori internal: 8 GB
Memori eksternal: slot microSD 32 GB Wi-Fi, GPS, port microUSB, bluetooth, audio jack 3.5 mm
Baterai: Lithium 1700 mAh

● Nexian Journey 1 Review
Meski memiliki spesifikasi layar yang cukup tajam dan menggunakan panel IPS Display, namun belum dilengkapi lapisan pelindung. Karena itulah Nexian kemudian menyediakan Screen Guard ( gratis ) pada paket pembelian Nexian Journey 1.
Dengan dimensinya yang seperti itu, menjadikan Nexian Journey terasa tipis dan cukup sangat ringan, sehingga nyaman dioperasikan meski dengan satu tangan.
Dengan layar resposif didukung 10 titik sentuhan, maka pengguna dapat bermain game atau menjalankan beberapa aplikasi secara lebih leluasa.

Meski processornya agak jadul namun sudah dilengkapi Ram berukuran 1 GB dan pengolahan grafis Mali-400. Belum lagi adanya dukungan memory internal 8 GB yang bisa diupgrade hingga 32 GB.
Untuk memenuhi kebutuhan komunikasi sehari-hari, juga komplit karena di dukung dengan fitur Dual Sim. Konektivitas internet pada jaringan HSDPA hingga kecepatan akses hingga 21 mbps.
Adanya WiFi 802.11 b/g/n dengan fungsi WiFi Tethering, Bluetooth V.40, Kabel data micro USB, dan port audio jack 3.5mm menjadikan konektivitas pendukung lebih oke.
Hasil potret kameranya juga terbilang jernih dan tajam.
Daya tahan baterai juga cukup memuaskan.
Baterai Li-Ion 1700 mAh ini sanggup memberikan waktu standby mencapai 160 jam dan waktu bicara hingga 10 jam.

● Plus minus Nexian Journey 1

Kelebihan Utama Nexian Journey 1
. Harga Nexian Journey 1 terjangkau
2. Menggunakan OS Android terbaru Lollipop 5.1
3. Dilengkapi Ram 1GB + CPU Quad Core 1.3 Ghz
4. Bentuknya slim, bobotnya sangat ringan

Kekurangan Utama Nexian Journey 1
1. Belum LTE
2. Layar belum beresolusi HD

● Kesimpulan
Apa kesimpulan dari Nexian Journey 1 ini ?
Anda pasti sudah bisa menarik kesimpulannya sendiri.
Lihat juga :

You may like these posts