Apa Sih Artinya 1x24 Jam ?

Apa Sih Artinya 1x24 Jam ?


Istilah 1x24 jam sebenarnya sudah begitu lama dikenal dan dipakai oleh masyarakat umum. 
Namun, “gara-gara” petinggi negeri ini mengucapkannya pada kondidi yang cukup genting beberapa waktu lalu, sontak, istilah ini kemudian dimunculkan dan diulang-ulang kembali di berbagai media elektronik. 

Jadi apa artinya 1x24 jam ?

Itu berarti tenggat waktu yang dimiliki oleh Presiden Jokowi untuk segera mengambil keputusan terkait dengan pengangkatan calon Kapolri yang sempat terkatung-katung. 
Sebab kata itu diucapkan oleh Presiden Jokowi sendiri. 

Sedangkan secara matematis, 1x24 jam artinya sama dengan 24 jam, atau 1440 menit atau 86.400 detik. Jika dikaitkan dengan IPA ( ilmu pengetahuan alam ), atau astronomis tepatnya, 1x 24 jam berarti waktu yang dibutuhkan oleh bumi untuk berotasi secara penuh. 
Yang berarti 1 hari, 1 malam untuk ukuran bumi. 12 jam siang hari dan 12 jam malam hari. Itu berarti pula sebagai 0,00273972602 tahun. 
Yang jika dikaitkan dengan manusia, itu berarti 0,004566 % dari keseluruhan umur manusia, jika diasumsikan umur rata-rata manusia modern adalah “hanya” selama 60 tahun. 

Pada disiplin ilmu yang sama, 1x24 jam berarti waktu yang dibutuhkan oleh sebuah jam – apapun jamnya, jam dinding atau jam tangan – untuk menuju ke angka 12 sebanyak 2 kali. 

Para traveller atau orang-orang transportasi memandangnya secara beda. 1x24 jam berarti waktu yang dihabiskan ketika mereka harus menempuh jarak sepanjang 1.440 km – yang itu artinya jarak tempuh sepanjang Pulau Jawa – jika mereka berkendara dengan kecepatan rata-rata umum 60 km/jam. 

Para pelaku usaha atau industriawan, akan memandang 1x24 jam sebagai sebuah pengaturan shift kerja. Sebab aturan Disnaker mengharuskan bahwa waktu kerja normal untuk karyawan ( buruh, tenaga kerja ) adalah 8 jam per hari. Jika lebih dari 8 jam, harus dihitung lembur. 
Bagi buruh sendiri 1x24 jam adalah kabar buruk. 
Sebab meski mendapatkan upah lembur, jika harus bekerja selama 1x24 jam, dipastikan akan menjadikan tubuh mereka “gempor” keesokan harinya. 
Namun dari pada membayar upah lembur, para pelaku usaha lebih senang membagi tenaga kerjanya menjadi 3 shift, agar industrinya tetap berjalan lancar. 

Dari tinjauan social, akan lagi. Sebab 1x24 jam biasanya dijadikan sebagai papan pemberitahuan di RT-RT atau RW, sebab disana biasanya tertulis : “Tamu yang berkunjung selama 1x24 jam, Harap Lapor”. 

Untuk orang-orang yang sedang menunggu, terutama pada anak-anak muda yang sedang ditinggal kekasihnya, meski hanya 1x24 jam, waktu tersebut terasa sangat menjemukan. 

arti dari 1x24 jam
img src : isuzukalteng.blogspot.com

Sedangkan jika yang ditanya adalah Mbilung, apa sih artinya 1x24 jam ? Jawabannya akan beda lagi. Biasanya Mbilung akan menjawab : 
“ Iya…anda benar….apa sih artinya 1x24 jam ?“ 

Lihat juga : 

Share this:

Disqus Comments