Misteri Arah Gerakan Jarum Jam Yang Terkait Dengan Bayangan

Misteri Arah Gerakan Jarum Jam Yang Terkait Dengan Bayangan

Anda pasti mempunyai sebuah jam.

Tetapi pernahkan benar-benar anda perhatikan ( dan mempertanyakan ) mengapa gerakan jarum jam anda selalu ke arah kanan ?

Mengapa pula bukan ke arah kiri ? ( kecuali jam anda rusak ).
Apa sebabnya ?

Bagi yang tak mau pusing-pusing, biasanya langsung menjawab : “memang sudah dari sononya, mau apa lagi “. Namun jika ditelusuri lebih jauh arah gerakan dari jaram jam ( yang selalu ke kanan ini ) ternyata terkait dengan bayangan. Ada baiknya menelusuri sebuah misteri kuno tentang arah gerakan dari jarum jam ini. Karena rahasia dari arah gerakan jarum jam ini ternyata berasal dari beribu-ribu tahun yang lampau.

Sejak jaman dulu manusia selalu berusaha menandai waktu.
Dan sebelum jam atau arloji ditemukan, sudah ada beberapa suku dan bangsa kuno yang ternyata telah mengenal sistem waktu. Meskipun dengan cara dan sistem pengukuran yang berbeda-beda.
Dan salah satu cara kuno untuk “mengukur waktu” yang paling terkenal adalah sistem jam pasir, yang berasal dari jaman mesir kuno.

Adalah bangsa mesir kuno yang merupakan salah satu bangsa tertua, yang pada waktu itu sudah bisa mengamati dan menandai perputaran waktu dengan menggunakan patokan pergerakan dari matahari. Untuk tujuan itulah, bangsa Mesir kuno kemudian membuat dan mendirikan sebuah bangunan yang berbentuk tugu yang kemudian dikenal dengan nama Obelisk.

Di saat matahari telah terbit, dan kemudian ( seolah ) bergerak dari timur ke barat maka bayangan dari tugu Obelisk tersebut juga akan bergerak mengikuti “pergerakan “ matahari.

Dan dari pergerakan bayangan tugu Obelisk itulah, bangsa Mesir kuno kemudian mengukur waktu.

Hanya saja, karena matahari terbit dari timur menuju ke barat, sedangkan letak Mesir yang berada di belahan bumi di bagian utara, maka ketika matahari bergerak ke barat maka bayangan dari tugu obeliks pun bergerak ke kanan. Dan atas dasar pergerakan bayangan tugu Obelisk yang ke kanan inilah, jam Obelisk Mesir ini dibuat patokan, hingga pada akhirnya dibuat jam modern seperti saat ini.

Dan karena alasan itulah akhirnya jarum jam modern dibuat bergerak ke kanan. Seandainya letak Mesir berada di belahan dunia bagian selatan, bisa jadi jam yang kita temui sekarang jarum jamnya bergerak ke arah kiri.

Lihat juga :

Bila Artikel Ini Bermanfaat, Tolong Bagikan :

Related Posts:
Disqus Comments