-->

Misteri Manusia Purba Tertua Di Dunia. Benarkah Berasal Dari Ras Nusantara ?

Di kalangan para arkeolog, salah satu pertanyaan dan perdebatan yang paling klasik namun juga paling panas adalah issu tentang siapa manusia purba yang tertua di dunia ?


Ada begitu banyak teori, asumsi dan juga bukti-bukti arkeologi untuk menjawab hal ini.
Dari sekian banyak teori, asumsi dan bukti, ada satu bahasan yang sangat menarik berdasarkan catatan Anthropoaleontologi Von Koningswald; Geologi Van Bemmelen; Purwayuga Pangeran Wangsakerta, tahun 1678.
Dinyatakan bahwa manusia purba yang tertua ternyata adalah ras Nusantara.

Tapi, benarkah manusia purba tertua adalah ras Nusantara ?

Nusantara.
Sejak ribuan tahun purba telah menjadi urat nadi hubungan laut antara dunia Barat dan dunia Timur. Jalur pelayaran dan perdagangannya melewati Selat Malaka, Laut Jawa, Selat Karimata, Laut Sunda, sampai di Laut Cina Selatan. Terus berlangsung hingga abad ke-14 M.

Semenanjung Malaya sendiri ( waktu itu ) masih merupakan satu semenanjung tanah daratan yang kering memanjang sampai di ujung di wilayah Belitung (Pulau Belitung sekarang).
Pulau Jawa dan Sumatra masih merupakan satu pulau yang panjang dan tersambung bersatu oleh sejalur tanah daratan kering di kawasan Panaitan (Pulau Panaitan sekarang) dan Ujung Kulon antara Lampung dan Jawa Barat.
Pelabuhan Palembang masih terletak di tepi laut terbuka luas, yaitu Selat Malaka, dan tidak seperti sekarang berada di pedalaman sejauh 50 km dari tepi pantai.
Begitu pula dengan pelabuhan Jambi di Muara Tembesi (Muara Sabak) yaitu muara sungai Batanghari, masih terletak di tepi pantai laut terbuka Selat Malaka.
Sedangkan Gunung Muria (Jepara) di Jawa Tengah masih merupakan suatu pulau terpisah dari daratan pulau Jawa.

Bangsa-bangsa di seluruh Nusantara dan Asia Tenggara adalah tergolong Ras Nusantara, yang oleh orang Barat disebut Austronesia.
Nusantara dahulu bernama Dwipantara yang berpusat di kawasan Bumi Nusantara, yaitu kawasan kepulauan Indonesia sekarang.

Semua bangsa-bangsa Ras Nusantara ini adalah berasal keturunan dari satu generasi Manusia purba Tertua dan Pertama yang mulai muncul lahir di muka bumi sedunia ini, yaitu manusia purba generasi Meganthropus Paleo Nusantaraicus dan generasi-generasi Hominid dan Homo lainnya pada masa 1- 4 juta tahun dahulukala, dan yang fosil-fosilnya telah ditemukan di berbagai pulau dan daerah tersebar di seluruh kepulauan Nusantara.


(Sumber: Anthropoaleontologi Von Koningswald; Geologi Van Bemmelen; Purwayuga Pangeran Wangsakerta, 1678).
Lihat juga :

You may like these posts