-->

Kopi Apa Yang Paling Populer Di Dunia ? Ini 14 Jenis Kopi Yang Paling Populer

Anda penggemar kopi ? Tapi tahukah jenis kopi apa yang paling populer di dunia ?

Dengan segala kelebihan dan kekurangannya, minuman kopi merupakan salah satu jenis minuman yang paling populer dan paling digemari di seluruh dunia.
Begitu “pakem” nya minuman kopi ini, sehingga di beberapa masyarakat dan pada beberapa orang belum merasa “sreg” setiap harinya apabila belum “menyeruput” secangkir kopi panas.

Jika ditilik sejarahnya yang begitu panjang, kopi pada awalnya pertama kali dikenal oleh suku Galla di Afrika Timur pada tahun 1000 Sebelum Masehi. Dan pada tahun setelah 5 M Kopi sudah dikenal di pelosok Ethopia
Kemudian pada perkembangan selanjutnya, pada sekitar tahun 700-1000 M kopi dkenal oleh bangsa Arab. Dan sejak itu pula oleh bangsa Arab, kopi disebarkan luaskan hampir ke seluruh penjuru dunia melalui jalur perdagangan.
Dan setelah menyebar ke seluruh dunia, kopi “meraja lela” menjadi minuman yang paling populer dan paling digemari. Bahkan kopi sempat menggantikan kedudukan bir, yang merupakan “minuman wajib” bangsa Eropa ( masyarakat yang bertempat tinggal di wilayah dingin ), pada abad pertengahan.


Dengan begitu luasnya penyebaran kopi ini, maka tidak heran jika pada akhirnya memiliki “trade mark”, ke-khasan tersendiri dalam meracik dan membuat minuman kopi. Disesuaikan dengan latar belakang budaya dan latar belakang kekayaan alamnya..
Hingga pada saat ini dapat dijumpai berbagai minuman kopi yang yang sangat beragam jenisnya. Masing-masing jenis kopi yang ada memiliki proses penyajian dan pengolahan yang unik. Yang bahkan sudah ada “ilmunya” tersendiri dalam meracik dan membuat secangkir minuman kopi.

Nah, dari sekian banyak jenis minuman kopi yang ada di seluruh penjuru dunia, boleh dikatakan ada beberapa jenis minuman kopi yang paling populer di dunia. Baik karena sebaran wilayahnya, ataupun karena begitu banyak pecandunya.

Dan berikut ini adalah 14 Jenis Minuman Kopi Yang Paling Popular Di Dunia :

1. Kopi hitam

Yaitu minuman kopi yang merupakan hasil ektraksi langsung dari perebusan biji kopi yang disajikan tanpa penambahan peaisa apapun. Meski terasa pahit, namun beberapa orang justru menyukai rasa kopi yang asli seperti ini.

2. Espresso

Yaitu minuman merupakan kopi yang dibuat dengan mengekstraksi biji kopi dengan menggunakan uap panas pada tekanan tinggi.

3. Latte

Atau lebih dikenal dengan coffee latte, yaitu merupakan salah satu jenis kopi espresso yang ke dalamnya ditambahkan dengan susu. Dimana jumlah perbandingan antara susu dengan kopi adalah sevbesar 3:1.

4. Café au lait,

Yaitu minuman kopi yang hampir serupa dengan caffe latte. Tetapi dalam pembuatannya menggunakan campuran kopi hitam.

5. Caffè macchiato

Yaitu minuman kopi espresso yang di dalamnya ditambahkan dengan susu. Dimana perbandingan antara kopi dan susunya sebesar 4:1

6. Cappuccino,

Kopi cappuccino merupakan minuman kopi yang dibuat dengan penambahan susu, krim, dan serpihan atau serbuk kasar cokelat.

7. Dry cappuccino,

Dry Cappuccino merupakan salah satu jenis cappuccino, yang dibuat dengan cara penambahan sedikit krim, namun tanpa menggunakan susu.

8. Frappé,

Frappe adalah minuman kopi espresso yang disajikan dalam kondisi dingin.

9. Kopi instan,

Yaitu minuman kopi yang dibuat berasal dari biji kopi yang dikeringkan dan digranulasi.

10. Kopi Irlandia (irish coffee),

Yang disebut dengan kopi Irlandia adalah minuman kopi yang dicampur dengan wiski.

11. Kopi tubruk,

Kopi tubruk merupakan minuman asli dank has dari Indonesia. Kopi tubruk dibuat dengan cara memasak biji kopi langsung bersama-sama dengan gula di atas api. Dan jik berbicara tentang kopi khas Indonesia, tentu saja tidak bisa ketinggalan menyebut Kopi Luwak yang telah mendunia. Dan termasuk salah satu kopi paling mahal di dunia.

12. Melya,

Melya adalah sejenis minuman kopi yang dibuat dengan cara penambahan bubuk cokelat dan madu.

13. Kopi moka,

Kopi Moka hampir serupa dengan cappuccino dan latte, tetapi dal;am kopi Moka ditambahkan sirup cokelat.

14. Oleng,

Oleng adalah minuman kopi khas berasal dari Negara Thailand. Oleng dibuat dengan cara memasak kopi bersama dengan jagung, kacang kedelai, dan wijen.

Baca juga :

You may like these posts