-->

Aplikasi Teknologi GPS Ternyata Bisa Digunakan Untuk Pantau Penjahat Kelamin

Sampai saat ini teknologi GPS diketahui sangat bermanfaat untuk penentuan dan pemantauan suatu tempat. Teknologi GPS juga sudah dapat diaplikasikan untuk melacak sesuatu yang hilang. Misalnya sepeda motor, mobil atau ponsel. Dan sepertinya ke depan manfaat dari GPS akan bertambah lagi, dan yang ini cukup unik.

Beberapa waktu lalu dikabarkan bahwa Pemerintah Skotlandia telah mengusulkan penggunaan aplikasi teknologi GPS guna melacak aktivitas para penjahat kelamin.

Sebagaimana dikutip dari laman BBC, Kementrian di Skotlandia dikabarkan telah melakukan satu konsultasi untuk pemanfaatan teknologi pelacakan satelit guna memantau dan mengawasi aktivitas dan pergerakan para penjahat kelamin ini.
Sebelum adanya usulan tersebut, pemantauan terhadap para penjahat kelamin telah dilakukan melalui beberapa putusan pengadilan.

Diharapkan dengan penggunaan GPS, otoritas setempat akan bisa diberi peringatan ketika para penjahat kelamin berada di sekitar sekolah atau tempat bermain. Terutama untuk mengawasi pergerakan para tahanan yang dibebaskan lebih awal dari masa hukuman mereka.
Dan dengan alat pelacak ini pula, diharapkan para petugas keamanan dapat memantau dan memberlakukan jam malam bagi para penjahat ketika mereka dikembalikan ke rumah.

Menurut Menteri Kehakiman Skotlandia, Kenny MacAskill, pemanfaatan teknologi GPS setidaknya dapat menjawab kekhawatiran masyarakat tentang kemungkinan bahaya dari para pelaku kejahatan kelamin yang telah dibebaskan dari penjara.
Disamping itu teknologi itu juga dapat digunakan untuk memudahkan identifikasi jika para tersangka yang menggunakan tanda semacam gelang di kaki, pernah berada di wilayah terjadinya tindakan kejahatan yang baru sehingga memudahkan untuk melakukan penyelidikan.

Ide pemanfaatan GPS ini sebenarnya muncul pertama kali pada tahun 2000 lalu.

Pemanfaatan teknologi GPS seperti ini hampir serupa dengan apa yang telah dilakukan di Amerika Serikat. Phoenix, Arizona Amerika Serikat untuk mengatasi para penjahat kelamin, mereka diawasi secara terus menerus dengan menggunakan satelit.

Pada penggunaan di masa sebelumnya, pengawasan dengan menggunakan teknologi satelit sering mendapat hambatan gangguan sinyal ketika berada di wilayah yang banyak terdapat bangunan tinggi atau pohon. Namun untuk saat ini masalah tersebut telah teratasi.

Disamping usulan tentang pemanfaatan teknologi GPS untuk pengawasan para penjahat kelmain, dikabarkan pula jika Pemerintah Skotlandia telah mengumpulkan pandangan mengenai kemungkinan penggunaan 'gelang alkohol' yang dapat memantau kadar alkohol dalam tubuh para pelaku kejahatan.

Lihat juga :

You may like these posts