-->

Mengapa ISIS Begitu Tangguh ? Menguak Rahasia Jeroan ISIS

Dunia tiba-tiba terhenyak ketika ISIS menyeruak dalam beberapa bulan belakangan. Dan semakin terhenyak, ketika meski mendapat serangan bertubi-tubi dari Amerika ( dan sekutunya ), ternyata ISIS masih tetap juga bertahan.
Padahal sebelumnya banyak pengamat yang memprediksikan, begitu Amerika Serikat turun tangan melakukan operasi militer untuk menumpas ISIS, dalam waktu yang tidak relatif lama, pasukan ISIS “pasti akan habis”.
Maklum saja, sampai saat ini militer Amerika dikenal sebagai salah satu pasukan terkuat di dunia dengan dukungan persenjataan yang sangat lengkap dan canggih.
Nyatanya ?
ISIS masih tetap bertahan dan “alot”.

Timbullah pertanyaan, mengapa ISIS begitu tangguh ?

Dari beberapa sumber dan analisis dari para pengamat yang berhasil dikumpulkan, artikel berikut berusaha menguak rahasia isi jeroan dari ISIS, yang menyebabkan kelompok yang dicap paling radikal dan lebih berbahaya dari Al Qaeda ini masih tetap bisa eksis dan tangguh hingga saat ini.


Ada beberapa hal utama yang dianggap dapat menjadikan ISIS ( sekarang IS – Islamic State ) sangat tangguh, diantaranya :

● Anggota pasukan ISIS adalah orang-orang yang bersemangat dan sangat militan
Pada awalnya, ISIS diklaim sebagai sempalan dari Al qaeda. Dan sebagaimana diketahui selama ini anggota Al Qaeda merupakan pejuang-pejuang yang sangat militan.
Dan makin militan lagi ketika mereka telah berubah menjadi ISIS. Bagi pasukan ISIS, sebuah kematian bukanlah “hal tabu dan ditakuti”.

● Pemimpin ISIS dinilai sebagai ahli strategi perang modern
Sebagai jebolan salah satu pimpinan Al Qaeda, Abu Bakr Al Baghdadi memiliki pengalaman perang yang tidak diragukan. Para pengamat bahkan menilai bahwa pimpinan ISIS ini merupakan salah saru ahli strategi perang modern terbaik.
Berbeda dengan kelompok jihad lain yang lebih “senang” menggunakan strategi “bom bunuh diri” pasukan ISIS dinilai memiliki stategi perang yang lebih modern, terencana dan terorganisir rapi. Dengan penguasaan wilayah, misalnya.
Belum lagi dengan kharisma yang dimiliki Abu Bakr Al Baghdadi sehingga mampu memikat para kalangan muda.

● Pasukan ISIS cukup besar dan makin bertambah besar setiap hari.
Analisis terakhir menyatakan bahwa pasukan ISIS telah mencapai 100 ribu orang. Dan makin bertambah setiap harinya. Uniknya , pasukan tersebut berasal dari berbagai penjuru dunia. Termasuk ( pemuda-pemuda ) dari benua Eropa, yang selama ini biasanya “sepi” dari aktivitas semacam ini.

● ISIS dianggap “memikat” bagi kalangan muda
Dianggap sebagai kelompok yang sangat radikal dan diburu, justru membuat nilai jual ISIS naik. Kalangan muda yang anti kemapanan menganggap ISIS sebagai wadah yang tepat baginya.
Belum lagi dengan istilah “jihad” dan “negara Islam”, mendorong kalangan muda yang bersemangat untuk segera bergabung dengan ISIS.

● Pendanaan ISIS sangat kuat.
ISIS ternyata sangat kaya. Meski termasuk sebuah kelompok yang relatif baru, sokongan dana yang dipunyai ISIS ternyata sangat besar.
Setelah merebut kota Mosul di utara Irak, ISIS disebut-sebut sebagai kelompok teroris paling kaya di dunia dengan dana jihad diperkirakan sekitar 2 miliar US Dollar.
Oleh para pengamat, jumlah kekayaan ISIS akan berlipat lagi, karena mereka juga menguasai ladang-ladang minyak penting.
Belum lagi sokongan dana dari para simpatisan kaya dari Arab Saudi dan kawasan teluk lainnya.

● Persenjataan ISIS sangat modern, canggih dan lengkap
Dengan dukungan dana yang sedemikian besar, tidak mustahil ISIS memiliki persenjtaan yang sangat modern, canggih dan lengkap. Sudah bukan rahasia lagi jika senjata militer yang digunakan ISIS merupakan senjata modern canggih buatan Israel dan Amerika ( sendiri ), disamping senjata-senjata mematikan buatan ( bekas negara ) Uni Sovyet dan Cina.
Dari data yang didapat beberapa senjata canggih yang menjadi andalan ISIS antara lain adalah :
- Tank-55 buatan Uni sovyet
- Tank-72
- Humvee, kendaraan perang serba guna
- AK-47, senjata serbu standard
- Peluncur Roket Osa M79, peluncur roket yang efektif menghancurkan tank
- Peluncur Granat RBG-6, peluncur granat otomatis yang ringan
- Roket RPG-7s, senjata roket ringan panggul
- Howitzer M198, senjata otomatis berjarak tembak 14 kilometer
- Field Gun Tipe 59-1, senjata / pistol lapangan
- ZU-23-2 Anti-Aircraft Gun, senjata serang kendaraan lapis baja
- FIM-92 Stinger MANPAD, senjata ringan panggul yang efektif untuk menghancurkan helikopter atau pesawat
- SA-16 MANPAD, rudal anti pesawat
- HJ-8, rudal anti tank
- Senjata mesin DShK 1938, senapan mesin standard
- Jet Tempur MiG

Lihat juga :

You may like these posts