-->

Ini Cara Latihan Untuk Mendapatkan Ingatan Fotografis Atau Photographic Memory

Metode atau cara latihan yang berikut ini dapat digunakan bagi anda yang menginginkan bisa mendapatkan Ingatan Fotografis atau Photographic Memory.

Pada dasarnya setiap orang menginginkan untuk dapat mengingat segala hal yang pernah diketahuinya dan atau dilihatnya sepanjang waktu. Hanya saja kemampuan otak dari masing-masing orang memang sangat berbeda.

Ada beberapa orang yang mampu mengingat hal yang pernah diketahuinya dalam jangka waktu yang cukup lama. Namun banyak juga yang sebaliknya. Baru mengetahui dan mengingat sehari keesokan harinya telah lupa.
Hal ini disebabkan, kemampuan otak orang per orang sangat dipengaruhi oleh banyak sekali faktor. Mulai dari faktor turunan, gaya hidup, pola makan sampai dengan faktor latihan.

Kemampuan otak yang bagus sangat penting.
Terlebih lagi jika memiliki kemampuan ingatan fotografis ( photographics memory ), tentu akan lebih bermanfaat lagi.
Dengan memiliki kemampuan ingatan “super” seperti ini seseorang akan langsung dan selalu mengingat apa-apa yang telah dilihatnya atau diketahuinya. Ibaratnya, sebuah obyek telah “dipotret” dan dicetak oleh otak, sehingga tidak akan luntur dari ingatan.


Pada kasus-kasus yang telah umum, orang yang memiliki ingatan fotografis ( photographics memory ) bisa dikatakan merupakan sebuah anugerah yang telah melekat padanya sejak lahir. Namun bukan berarti, kemampuan ingatan super seperti ini tidak bisa didapatkan melalui sebuah latihan. Dengan latihan tertentu orang-orang dengan biasa bisa juga mendapatkan ingatan fotografis.

Namun karena bukan merupakan anugerah, latihan yang dilakukan harus benar-benar dijalani secara tertib, teratur dan tekun.
Dari beberapa metode latihan untuk bisa mendapatkan kemampuan ingatan fotografis, ada salah satu metode latihan , yang jika dijalani sebenarnya sangat mudah dan sederhana, namun butuh disiplin tinggi dan ketekunan dalam menjalaninya. Sebab, Latihan ini memang diadopsi dari sistem pelatihan militer yang sangat ketat.

Bagaimana Cara Latihan Untuk Mendapatkan Ingatan Fotografis atau Photographic Memory Ala Militer ini ?

● Sarana yang dibutuhkan untuk latihan :
- Sebuah ruangan gelap yang bebas bising dan gangguan
- Sebuah kecil namun cukup terang
- Sebuah buku
- Selembar kertas karton yang ditengahnya dibuat lubang segi empat – seperti tempat untuk mengintip – selebar ukuran paragraf buku yang akan “dipotret” otak.

● Cara melakukan latihan mendapatkan photograpics memory :

- Bawalah semua sarana di atas masuk ke dalam kamar gelap
- Pilih lokasi yang enak dan dapat dengan mudah mematikan atau menghidupkan lampu tanpa beranjak - kemudian duduklah dan nyalakan lampu
- Bukalah buku, atur jarak yang paling nyaman bagi mata untuk membaca, lalu pilih sebuah paragraf yang akan dipotret
- letakkan kertas karton berlubang tepat di atas buku tersebut sehingga yang kelihatan hanyalah baris paragraf yang diinginkan
- Bacalah paragraf tersebut, begitu mencapai kata terakhir dari paragraf, langsung matikan lampu
- Maka anda melihat pendaran cahaya atau pijaran susulan pada lembaran paragraf yang telah dibaca, ketika mata menyesuaikan diri dari kondisi terang ke kondisi gelap.
- Dan ketika itu pula, anda seolah telah mempunyai sebuah cetakan visual tentang apa yang telah anda lihat pada kondisi terang tadi yaitu pada barisan paragraf yang dikehandaki.
- Ketika cetakan visual ini mulai memudar, maka seketika itu pula, nyalakan lampu kembali
- Kemudian arahkan mata pada paragraf tadi seperti langkah awal, kemudian segera matikan lampu kembali, - dan ketika cetakan visual mulai memudar nyalakan kembali,
- begitu seterusnya diulangi berkali-kali.
- Latihan ini harus dilakukan selama 1 bulan, dan setiap harinya dibutuhkan waktu setidaknya selama 15 menit. Dan ketika sebuah parafgraf telah terfoto, dalam otak, diganti dengan paragraph lainnya.
- Pada saat-saat awal selama 1 bulan waktu latihan mata anda mungkin butuh waktu kurang lebih selama 5 menit untuk penyesuaian kondisi terang dan gelap.
Namun setelah beberapa hari latihan, mata anda akan menjadi lebih fleksibel

Untuk bisa mendapatkan kemampuan ingatan fotografis ( photograpics memory ), kuncinya adalah disiplin, teratur dan telaten dalam melakukan latihan.
Sebagai motivasi, anggaplah anda seorang tentara yang ditawan. Dan “memotret” sebuah pargraf dalam dokumen pada ingatan anda, adalah satu-satunya peluang untuk menyelamatkan diri anda dan Negara anda. Telah terbukti, metode latihan ini berhasil diterapkan hampir selama 70 tahun lamanya.

Disarankan untuk menyimak juga :
> Cara termudah agar selalu fokus

You may like these posts