-->

Brasil vs Kroasia. Bola Itu Bundar

Bola itu bundar !

Acara pembukaan (Opening Ceremony ) Piala Dunia Brasil 2014, tinggal beberapa jam lagi. Dan itu berarti pula, tinggal beberapa saat lagi, pertandingan pembuka yang akan mengewali keseluruhan pesta olahraga yang diklaim paling besar di dunia ini, antara tuan rumah Brasil vs Kroasia bisa dinikmati.

Dan bagi para penggila bola ataupun yang terkena demam piala Dunia 2014, meski harus rela tetap terjaga sampai dini hari nanti, pasti tidak akan dirasa. Sebab pastinya akan merasa sangat merugi, seandainya tidak bisa turut ambil bagian dalam acara yang paling digemari di jagad raya ini, meski hanya lewat televisi.

Satu hal yang pasti pada pertandingan pembuka setelah acara opening Ceremony Piala Dunia 2014, antara Brasil vs Kroasia nanti – dan “hukum’ ini pasti akan berlaku pada semua pertandingan Piala Dunia 2014 – adalah “ bola itu bundar” !

Apa artinya ?
Bagi penggila sepak bola tentu sudah sangat tahu artinya. Bahwa, dalam sepak bola semuanya bisa terjadi. Dalam pertandingan perdana Piala Dunia 2014 nanti bisa jadi Brasil dapat saja menggilas Kroasia ( ini yang banyak diprediksikan ).
Tapi mungkin saja, Kroasia-lah yang malah menghancurkan mimpi tuan rumah Brasil.

Siapa yang tahu ?
Dalam sepak bola, semuanya bisa terjadi.

Sekilas menyimak jauh ke masa lalu, sejarah sepak bola.
Siapa yang akan pernah menyangka jika permainan yang konon hanya bisa “dimainkan” selepas brutalnya perang – karena butuh kepala untuk ditendang-tendang” kini malah menjadi sebuah permainan olahraga yang disukai orang di seluruh dunia ? Tua, muda, anak-anak. Pria juga wanita.

Siapa yang akan menduga jika sebuah ekspresi, tanda penghinaan, tanda provokasi, tanda tebaran ancaman terhadap musuh berikutnya, serta sekaligus sebagai perayaan kemenangan dan peng-agul-agulan diri ( dengan cara menendang-nendang pancungan kepala ), kini justru menjadi sebuah media yang bisa ‘mempersatukan” semua ras, semua bangsa ? dari seluruh dunia ?
“For the game, for the world ”, konon slogannya FIFA.

Lihat juga :

Siapa yang mengira, jika awal sejarahnya “permainan” yang sangat berseberangan dengan ajaran dan nilai-nilai agama ( apapun agamanya ), kini – di beberapa Negara – sepak bola justru menjadi “sebuah agama” itu sendiri ? "Agama" sepak bola ?

Tapi anda pasti sudah tahu jawabannya.
Sebab bola itu bundar.
Dan selama bola itu bundar, Semuanya bisa saja terjadi.

Makanya nanti jangan heran, jika sisa-sisa dan ekses sejarah masa lalu masih saja tersisa. Tebaran provokasi, ancaman mental, penghinaan dan rasisme mencuat dalam rangkaian pertandingan.
Juga jangan kaget jika mendapati selebrasi kemenangan yang mengarah pada peng-agulagulan diri kental terasa.

Sebab hakekatnya sebuah pertandingan sepak bola adalah sebuah pertarungan klise.
Hitam lawan putih.
Karena bola adalah pertarungan superioritas melawan inferioritas.
Parade kekuatan menghancurkan kelemahan.
Pergumulan keelokan budi dengan ketinggian ego.

Lalu bagaimana dengan prediksi hasil pertandingan antara Brasil vs Kroasia ?
Sekali lagi, semuanya, setiap kemungkinan bisa saja terjadi.
Jadi lihat dan ikuti saja, pada pertandingan pembuka piala dunia 2014 nanti, apakah Brasil yang akan menepuk dada. Ataukah Kroasia yang tertawa gembira.
Nikmati saja. Membaur dengan euforia piala dunia 2014. Sedikit terbawa emosi tidak apa-apa.

Tapi yang perlu diingat, meski Brasil bertemu Kroasia, Bola itu bundar !


Lihat juga :

You may like these posts