-->

Film baru Rilisan FIFA “United Passions”. Sebuah Parodi ?

FIFA, yang didirikan pertama kali di Paris, 21 Mei 1904, bulan lalu merayakan hari jadinya genap ke 110 tahun. Dan berbarengan dengan itu FIFA meluncurkan sebuah film baru, berjudul “United Passions”. Film baru keluaran FIFA ini sempat menuai banyak pujian dari para kritikus film ketika dilakukan preview perdana pada Festival Film Cannes.

Beberapa sumber mengatakan, untuk pembuatan film “United Passions” ini ditaksir FIFA menggelontorkan dana antara 20 juta euro sampai 27 juta euro. Hampir sama dengan jumlah dana yang dikeluarkan oleh FIFA ketika mengeluarkan film tentang sepak bola sebelumnya “ GOAL” yang cukup sukses di pasaran. Sehingga dibuat dalam 2 seri.

Meski tetap sama-sama bertutur tentang sepak bola, jalan cerita dari United Passions agak berbeda dengan Goal. Jika pada “Goal” alur cerita lebih dititik beratkan pada kegairahan orang-orang yang berkecimpung dan menggeluti industri sepak bola secara langsung, maka pada United Passions lebih bertutur pada orang-orang yang di belakang layar dalam riuh rendahnya industri sepak bola.

Secara singkat, sinopsis film United Passions adalah tentang bagaimana kegairahan sekelompok orang di ( belakang layar ) dunia sepak bola untuk mewujudkan sebuah proyek yang sangat ambisius. Membentuk dan mendirikan sebuah organisasi yang akan mengatur semua kegiatan sepak bola di seluruh dunia.

( Slogan FIFA saat ini adalah “For the game, for the world” )

Jadi boleh dikata, United Passions merupakan sebuah film yang menceritakan tentang “apa dan bagaimana” FIFA. ( Mirip-mirip film dokumenter ?).
Itulah sebabnya untuk mewujudkan film ini FIFA tidak tanggung-tanggung, langsung menggandeng beberapa aktor top dunia.

Secara lebih lengkapnya informasi tentang film United Passions:

Produksi : Louise Maurin - Leuviah-Films and Christine Gozlan - Thelma Films
Bahasa asli : Inggris
Lokasi : Prancis
Sutradara : Frederic Auburtin
Pemain :

Gérard Depardieu (Welcome to New York, La Vie en Rose, Green Card) sebagai Jules Rimet
Sam Neill (A Long Way Down, The Vow, The Tudors series, Jurassic Park, The Piano) sebagai Joao Havelange
Tim Roth (Grace of Monaco, Broken, Planet of the Apes, The War Zone) sebagai Sepp Blatter
Jemima West (The Mortal Instruments 1 & 2, The Borgias series) Sebagai Annette Rimet
Nicholas Gleaves Sebagai Henri Delaunay

Jadwal tayang : Juni 2014

Meski mendapat penilaian positif dari para pengamat film, United Passions mendapat tanggapan yang beragam.

Beberapa kritikus menganggap, bahwa pembuatan dan peluncuran film United Passions adalah sebuah parodi.

Sebab sebelum ini FIFA dikenal sebagai organisasi yang sangat kental dengan dugaan korupsi. Ibaratnya, United Passions diluncurkan untuk mencuci image FIFA yang dinilai karut marut.

Beberapa pengamat ada juga yang menduga jika film United Passions rilisan FIFA ini diluncurkan guna sekalian mendongkrak pelaksanaan Piala Dunia 2014 Brasil yang sampai saat ini diwarnai demo dan agak ricuh.( Dari berbagai sumber )

You may like these posts