-->

Luar Biasa, Chasis Mobil Ini Hanya Seberat 75 Kg Saja !

Chasis pada mobil, ibaratnya pondasi yang menopang sebuah rumah.
Semakin kokoh chasis, maka akan semakin tahan banting mobilnya.

Singkatnya, semakin kuat chasis akan semakin bagus bagi sebuah mobil.

Masalahnya adalah, mobil tidak seperti sebuah rumah. Mobil adalah benda yang bergerak.

Sehingga disamping dibutuhkan chasis yang kokoh, chasis juga harus cukup ringan agar mobil dapat melaju dengan kencang tanpa boros bahan bakar.
Sehingga dari sini masalah juga timbul.
Sebab umumnya sebuah chasis yang kokoh kuat akan membutuhkan material yang lebih berat.
Dan sebaliknya, chasis dapat dibuat dari material yang lebih ringan, akan tetapi kekuatan dan kekokohannya tidak menjadi jaminan.

Mengingat transportasi modern tidak hanya membutuhkan kekuatan semata, tetapi juga menuntut kecepatan maksimal ( terutama pada mobil-mobil balap ), maka chasis menjadi komponen mobil yang sangat menentukan.
Itulah sebabnya dari waktu ke waktu para pakar design rancang bangun otomotif berlomba untuk bisa menciptakan sebuah terobosan baru.
Sebuah chasis mobil yang kuat dan kokoh tapi sekaligus ringan.

Sebenarnya, sudah banyak terobosan baru yang telah ditemukan dan diciptakan oleh para pakar design rancang bangun mobil untuk tujuan ini.
Dan dari sekian banyak terobosan yang telah dilakukan oleh para pakar, chasis yang satu ini patut mendapat acungan jempol.

Anda pasti sudah bisa memperkirakan berapa kira-kira bobot sebuah chasis untuk mobil ( sejenis sedan ), yang pada umumnya berbobot kurang lebih sekitar 2.000 kg.

Dan pasti akan terkejut jika untuk mobil-mobil sejenis ini ternyata para pakar rancang bangun telah bisa menemukan sebuah chasis yang bobotnya hanya 75 kg saja

!
Kira-kira hanya seberat 1 ½ karung beras. Luar biasa bukan.

Adalah tim pakar L0tus – dengan tujuan menghasilkan sebuah chasis terbaik – telah menerapkan terobosan terbaru untuk chasis mobil.
Sebab – konon – bagi produsen mobil ini, ibaratnya chasis adalah segala-galanya ( sebab, produsen mobil ini memang lebih banyak bergelut di mobil-mobil berkecepatan, alias mobil balap ).
Sehingga mereka mati-matian untuk bisa merancang chasis agar cocok dengan kebutuhan dan karakter kendaraannya.

Dan tidak tanggung-tanggung, bahan chasis yang mereka kembangkan khusus diimport utuh dari Hydro-Alumunium Swedia. Berbobot hanya sekitar 75 kg saja !

Dan yang lebih luar biasa, chasis super ringan ini dirangkaikan secara “Adhesive bonded” sebelum digabungkan menjadi sebuah bodi komposit.

Dengan dimensi berukuran panjang = 4.137 mm, lebar = 1.817 mm dan tinggi = 1.166 mm.
Dan konon, chasis ini akan diaplikasikan pada salah satu produk mereka yang designnya mempunyai daun pintu berbentuk gullwing ( pintu sayap camar ).

Ngomong-ngomong sola mobil, artikel tentang mobil sangat antik yang berikut ini, betul-betul sangat unik dan menarik :
> Langka dan Unik, Seperti Inilah Model Mobil Mercy Yang Pertama Kali

You may like these posts