-->

Langka dan Unik. Seperti Inilah Model Mobil Merci Yang Pertama Kali

Saat ini Merci merupakan salah satu mobil yang tetap eksis di dunia otomotif. Bahkan dengan performanya yang khas, menempatkan Merci sebagai salah satu merk mobil “berkelas”, dan mendapatkan tempat tersendiri di hati para pemakainya.

Bahkan untuk “melestarikan” , saat ini bermunculan klub-klub atau komunitas Merci di berbagai pelosok tanah air. Yang terkadang secara periodik melakukan kegiatan “pameran” mobil-mobil Merci koleksi lama mereka. Mulai dari generasi tertua sampai keluaran terbaru.

Tapi tahukah anda, seperti apakah model mobil Merci yang pertama kali diciptakan oleh pemiliknya

?
Mobil pertama yang diciptakan oleh Karl Benz awalnya “diperkenalkan” pada khayalak pada tahun 1885. Kata “diperkenalkan” itu sendiri saja sebenarnya kurang tepat. Sebab Karl Benz sebagai penciptanya, saat itu justru sudah merasa hampir putus asa dengan mobil ciptaannya.
Ia bahkan tidak yakin dengan hasil ciptaannya.

“Perkenalan” mobil Benz kepada khayalak, justru dilakukan oleh Bertha Ringer, istri tercinta Benz. Bertha, istri Benz secara nekat berinisiatif menjajal mobil pertama ciptaan suaminya di jalan raya bersama kedua anaknya, pada suatu hari ketika Benz sedang tertidur lelap.

Dan ketika menjajal mobil tersebut jangan bayangkan Bertha melakukannya “seenak” menghidupkan mobil Merci saat ini. Tinggal putar kunci kontak, dan jrengg..
Untuk menjalankan mobil pertama ciptaan Benz, Bertha bahkan harus meminta bantuan kedua anaknya untuk mendorong mobil guna menghidupkan mesinnya.

Namun berkat kenekatan Bertha pula, akhirnya mobil pertama ciptaan Benz dikenal masyarakat.

Bahkan mereka memandang dengan kagum dan terpancing rasa ingin tahunya.
“Kok ada kereta yang berjalan tanpa ditarik dengan kuda” ?
Mungkin begitu yang kepikiran di benak mereka.

Sehingga akhirnya rejekipun datang. Karena begitu penasaran dan tertarik, banyak masyarakat yang memesannya. Dan sejak itu pula mobil pertama Benz diproduksi secara massal sesuai pesanan.
Namun jangan bayangkan pula jika produksi mobil Benz ini dilakukan secara pabrikasi otomatis seperti saat ini.

Sebab saat itu proses produksi "mobil kereta" Benz semuanya dilakukan secara manual dengan tangan. Mulai dari body, jok, system kemudi sampai lilitan coil pun dilakukan dengan tangan.
Hingga jadilah sebuah kereta tak berkuda.
( Tapi tahukan anda bagaimana bentuk Model Mobil Merci yang pertama ? Klasik, antik, langka tapi agak “culun” kalau dilihat pada saat ini ).

Penasaran dengan bentuknya. Ini dia bentuk model mobil pertama ciptaan Benz.

Meski berbentuk “kereta tak berkuda” namun ciptaan Benz ini masuk dalam kategori mesin, maka ia punya spesifikasi mesin juga.

Dan inilah spesifikasi mobil pertama Benz

:

Jumlah silinder 1
Kapasitas 984 cc
Diamater x langkah 91,4 x 150 cc
Tenaga maksimal 0,9 Tenaga kuda
Kecepatan puncak 16 km/jam

Dengan spesifikasi seperti di atas, mobil pertama Benz memang laiknya sebuah kereta kuda.

Namun mengingat “efek teknologi” yang dihasilkan, kereta Benz ini memang layak disebut sebagai sebuah karya yang fenomenal.
Dan yakin, pasti mendapat tempat tersendiri di hati para pecinta Merci.
Dan bicara tentang spesifikasi mobil, sedikit info dapat dilihat disini :

You may like these posts