-->

Cat Sakti Yang Bisa Cegah Penyadapan Ponsel

Kali ini masih membahas tentang permasalahan cat. Jika sebelumnya telah diposting tentang Pemilihan Cat rumah Minimalis. Lalu kemudian tentang sebuah cat hebat yang dengan menggunakannya akan membuat sebuah rumah terbebas serangga dan sarang laba-laba. Yang ini lebih seru lagi. Tentang sebuah cat sakti yang bisa mencegah tindakan penyadapan ponsel.
Anda masih ingat bukan kasus mata-mata yang menyadap HP atau lalu lintas ponsel di seluruh dunia, termasuk ponsel-nya para kepala negara di seluruh dunia ?

Yang dalam hal ini termasuk ponsel para pejabat Indonesia dan ibu negara ? Hingga akhirnya membuat hubungan diplomatik antara Indonesia – Australia yang sebelumnya cukup mesra, masih panas hingga saat ini.
Seandainya waktu itu seluruh bangunan yang disadap lalu ponselnya menggunakan cat sakti ini, kasus mata-mata menghebohkan abad ini mungkin tidak akan terjadi.

Tapi sebenarnya apa “sih” cat sakti ini, sehingga mampu mencegah terjadinya penyadapan pada ponsel. Seperti bersama diketahui, ponsel / telepon seluler / HP dalam proses hubungan telekomunikasinya memancarkan dan men-transmisikan sebuah sinyal berupa pancaran gelombang pendek, dengan panjang gelombang tertentu secara terus menerus, yang kemudian ditangkap dan diterima oleh pengguna lainnya. Hampir mirip dengan pancaran gelombang Microwave.
( Dan karena pancaran gelombang pendek ini pula ditengarai, radiasi ponsel dapat menyebabkan kanker ).

Dan konon, menurut teori mata-mata, karena merupakan sebuah sinyal yang dipancarkan ( secara bebas ), maka pancaran sinyal ini dapat disadap. ( tentu saja dengan teknologi tertentu ).

Selama ini, untuk mengatasi penyadapan sinyal digunakan sebuah metode yang dikenal umum sebagai “jamming”. Yaitu mengacak atau mengacaukan pancaran sinyal dengan mem-broadcast gangguan gelombang radio yang lebih kuat sehingga sinyal ponsel terblokir.
Namun cara ini sering kala dirasa kurang terlalu fokus dan agak mengganggu, karena sifatnya yang acak tadi. Belum lagi masalah legalitasnya.

Cara lainnya yang sering digunakan adalah dengan membuat sebuah barikade yang terbuat dari logam tertentu. Seperti diketahui pula, memang ada beberapa jenis logam tertentu yang mempunyai kemampuan untuk menahan dan memblokade sebuah pancaran gelombang elektromagnetik.
Dengan membuat barikade logam tertentu, maka pancaran sinyal menjadi “dapat diatur” sesuai yang dikehendaki. Hanya metode ini juga cukup ribet dan cukup mencolok.

Nah untuk mengatasi hal tersebut, pada akhirnya ditemukanlah sebuah cat sakti ini.
Prinsip kerja dari cat sakti ini adalah sama seperti metode kedua di atas. Yaitu dengan memblokir pancaran sinyal ponsel. Sehingga tidak bisa tercium dan disadap oleh orang-orang yang bermaksud tidak baik.
Dan enaknya, karena berupa cat, bisa diaplikasikan secara mudah dan cepat. Laiknya menggunakan cat tembok biasa. Bisa diaplikasikan dengan cara disemprot ( spray ) ataupun menggunakan kuas rol. Tidak perlu ribet dan menggunakan konstruksi-konstruksi khusus.
Enaknya lagi, cat ini bisa diaplikasikan pada bangunan-bangunan yang terbuat dari material apa saja. Bangunan dari baja bisa, bangunan dari beton bisa bahkan bangunan dari plastik juga oke.

Sebuah bangunan yang di lapis dengan cat sakti ini menjadikannya sebagai bangunan benteng elektromagnetik ( electromagnetic fortress ). Memblokir sinyal sesuai keinginan penggunanya.
Pada pengujian, cat sakti ini bisa mengurangi sinyal dalam spektrum frekwensi radio. Untuk gelombang 900/1800 MHz yang biasanya digunakan sebagai frekwensi telekomunikasi selular GSM, bisa mengurangi kekuatannya hingga 70 db.

Cat sakti ini diproduksi oleh salah satu perusahaan material yang berpangkalan di Pensylvania. Saat ini pilihan warna yang tersedia untuk cat pemblokir sinyal dengan nomor seri ESW2060 ini adalah warna tanah dan kuning tua. Hanya saja, sayangnya belum diketahui berapa harga pasti dari cat sakti yang satu ini.

You may like these posts