-->

Masalah Kamar Rumah Sempit ? Akali Dengan Cara Ini

Salah satu kendala yang paling sering terjadi memiliki rumah di kota-kota besar atau di perumahan adalah permasalahan luasan. Seperti bersama diketahui, harga tanah sangat mahal, terutama di kota metropolitan atau kota-kota besar. Sehingga untuk membangun rumah sendiri yang luas bukan merupakan hal yang mudah. Kecuali anak konglomerat. Hal yang serupa terjadi ketika memiliki perumahan. Harga perumahan saat ini makin hari-makin melambung tinggi.

Boro-boro, bisa membeli dan memiliki perumahan ekslusif yang luas, mempunyai sebuah rumah lewat pengajuan kredit rumah di sebuah perumahan, asalkan bukan tipe RSS atau Rumah Sangat Kecil sudah sangat bersyukur sekali.
Namun akibatnya jelas. Rumah “dijatah” luasannya.

Bagi yang masih merupakan keluarga inti – baru suami istri – mungkin hal ini belum menjadi permasalahan yang besar. Namun bagi yang sudah berputra-putri – terlebih jika banyak – rumah dan ruangan yang sempit selalu menjadi permasalahan tersendiri.
Karena luasan rumah yang terbatas, kamar-kamar tidur pada perumahan ( selain kamar tidur utama ) umumnya dibuat hanya “sekadarnya” saja.
Cukup untuk memuat tempat tidur kecil, beserta sedikit perkakas wajibnya.
Satu almari, satu meja. Istilahnya, yang penting bisa untuk tidur.

Padahal, sebuah kamar tidur idealnya bisa memberikan kenyamanan dalam istirahat. Agar badan menjadi bugar untuk beraktivitas di pagi harinya nanti.
Untuk mengatasi permasalahan rumah yang sempit ini, dalam hal ini termasuk kamar tidur yang sempit, maka selayaknya para pemilik rumah harus pintar-pintar dalam “mengakali” sempitnya ruangan ini.

Nah jika ada kebetulan memiliki kamar yang sempit, anda bisa “menjadikan lebih luas “ dengan beberapa trik yang dibawah ini.
Trik ini memang bukan “menjadikan luas” dalam arti sesungguhnya ( karena jika seperti ini anda memang harus membongkar dan memperluas kamar yang sempit tadi ).

Tapi ini adalah trik untuk manipulasi visualisasi atau menipu pandangan mata, sehingga kamar yang sebenarnya sempit tampak dan kelihatan luas. Berikut trik-trik untuk mengatasi masalah kamar rumah yang sempit sehingga terkesan lebih luas :

Selalu gunakan pencahayaan alami
Ini adalah trik yang paling mudah, murah tapi sangat mengena untuk tujuan ini. Pencahayaan alami dari sinar matahari. Dengan masuknya sinar matahari ke dalam kamar akan menimbulkan nuansa ruangan yang luas. Terlebih jika dibarengi dengan adanya masuknya udara segar dan hembusan angin dari luar.
Ruangan yang gelap ( tanpa cahaya alami ) dan pengap ( tidak ada ventilasi ) meski sebenarnya luas, menjadikan kamar tidur terkesan sempit.
Karena pada dasarnya secara psikologis, manusia tidak menyenangi tempat yang gelap dan pengap seperti ini, karena seolah-olah merasa terkungkung.
Jangan khawatir tidak mempunyai jendela-jendela yang besar seperti halnya bangunan-bangunan peninggalan jaman kolonial.
Untuk memperoleh pencahayaan alami untuk kamar yang sempit, Anda bisa membuatnya dengan teknik skylight atau atap tembus cahaya. Gunakan genting kaca, dan beri lubang pada salah satu plafon langit-langit kamar anda. Dan jangan ketinggalan, meski tidak harus besar, harus ada ventilasinya.

Meminimalisasi perabotan kamar
Design rumah minimalis yang masih trend saat ini, sangat sejalan dengan tujuan ini. Jika kamar anda kebetulan sempit, minimalisasi perabotan anda. Gunakan perabotan seperlunya saja. JANGAN pergunakan perabotan-perabotan yang besar.
Namun jika harus “terpaksa” menggunakan meja rias atau meja kerja, pilih meja yang berukuran kecil, sehingga tidak “memenuhi” ruangan kamar.

Maksimalkan fungsi dinding kamar
Apa artinya ?
Maksimalkan fungsi dinding kamar misalnya dengan meletakkan tempat tidur dan perabot perlengkapan kamar di satu sisi dan “menempel” pada dinding. Lakukan seolah-olah kamar tidur “dibagi” menjadi dua bagian. Satu sisi bagian berisi perabotan. Satu sisi bagian lainnya biarkan kosong.
Atau jika kebetulan kamar tidur kebetulan mempunyai kontur dinding yang berlekuk ( tidak rata ), gunakan lekukan tersebut untuk tempat perabotan. Misalnya untuk lemari yang “masuk” ke dalam dinding.

Selalu gunakan warna-warna yang cerah, ringan dan sewarna
Harap selalu diingat, gunakan warna cat yang cocok untuk ruangan yang sempit. Warna-warna yang cerah akan memberikan kesan luas dan lapang. Dan sebaliknya.
Untuk itu selalu memilih warna cat yang cerah dan ringan untuk kamar sempit anda. Semakin cerah warna cat yang Anda gunakan, semakin luas ruangan akan terasa.
Lebih baik lagi jika digunakan cat yang sewarna. Penggunaan warna cat yang berbeda di setiap sisi dinding kamar akan memberikan kesan “terkotak-kotak”. Sehingga kamar tidur terlihat sempit.

Cara manipulasi dengan Cermin
Cara mudah memanipulasi pandangan adalah dengan cermin. Ini merupakan cara pamungkas yang benar-benar sangat ampuh. Adanya efek penggandaan yang dihasilkan oleh cermin akan memberikan kesan ruangan yang luas. Terlebih, jika digunakan cermin yang besar dan sepanjang dinding tembok kamar.

Dengan menggunakan trik-trik yang sangat mudah dan sederhana di atas, masalah kamar tidur yang sebenarnya sempit, dapat “dijadikan” terkesan lapang dan luas.

You may like these posts