-->

Cara Memperbaiki Kipas Angin Yang Rusak Karena Masalah Capasitor

Karena begitu sering digunakan, setelah beberapa lama penggunaan, kipas angin sangat mungkin mengalami kerusakan.
Sebab bagi yang tidak punya AC, mungkin hampir 24 jam alias seharian penuh, kipas angin dihidupkan untuk mengusir hawa panas dan gerah.
Dimana secara garis besar, kerusakan pada kipas angin dapat berupa kipas angin yang seret alias lambat putarannya atau kipas angin yang malah tidak mau berputar sama sekali.
Penyebab kedua kerusakan kipas angin di atas tentu bermacam-macam.
Karena disamping menggunakan sistem mekanis, kipas angin juga menggunakan sistem kelistrikan. Oleh karena itu cara memperbaiki kipas angin tersebut juga harus dirunut dan diketahui apa penyebabnya terlebih dulu.

Namun yang dibahas disini adalah khusus tentang Cara Memperbaiki Kipas Angin Yang Rusak Karena Masalah Capasitor .

Secara gampangan, fungsi Capasitor pada kipas angin adalah untuk meringankan beban kerja kipas angin, terutama pada saat start pertama / saat dihidupkan.
Dengan adanya Capasitor kipas angin, beban yang ditanggung pada saat melakukan putaran kipasnya menjadi lebih ringan.
Untuk menentukan kerusakan kipas angin yang disebabkan oleh kapasitor tentu harus dilakukan pengecekan terlebih dulu. Lihat :

Kerusakan kipas angin yang disebabkan oleh masalah kapasitor dapat berupa kipas angin yang seret atau lambat putarannya atau tidak mau berputar sama sekali.
Kerusakan kipas angin yang disebabkan oleh masalah kapasitor yang berupa kipas angin yang seret atau lambat putarannya disebabkan masalah kapasitor biasanya dikarenakan Capasitor kipas angin yang sudah lemah.
Sedangkan jika kipas angin sudah tidak berputar sama sekali ( sudah dipastikan karena kapasitornya ) dikarenakan Capasitor yang sudah rusak alias koit.

Cara Memperbaiki Kipas Angin Yang Rusak Karena Masalah Capasitor sebenarnya sangat mudah, yaitu hanya dengan mengganti Capasitor kipas angin yang rusak dengan Capasitor yang baru.

Jadi anda bisa melakukannya sendiri, karena caranya cukup gampang.

Tergantung dari jenis dan besarnya kipas angin, Capasitor yang digunakan pada kipas angin biasanya sekitar 1,5 mF.
Harga Capasitor kipas angin juga sangat murah.
Dengan menggaanti dengan Capasitor yang baru biasanya kipas angin akan “sehat” kembali.

Cara mengganti kapasitor kipas angin.

- Kapasitor kipas angin biasanya ditempatkan di dalam ruangan pelindung atas-belakang kipas angin, yang biasanya berbentuk seperti “gelung” wanita Jawa.
- Jadi langkah pertama, Cara mengganti kapasitor kipas angin adalah dengan membuka pelindung atas – gelung – kipas angin.
- Untuk membukanya – tergantung dari kipas anginnya – bisa hanya dengan membuka knocknya, namun biasanya dikunci dengan sebuah mur dengan kepala baut plus. Jadi buka bautnya.
- Setelah “gelung” terbuka, maka di dalammnya terdapat sebuah kapasitor yang biasanya dikunci dengan baut pada body stator kipas angin.
- Buka pengunci kapasitor.
- Setelah terlepas, potong saja kedua kabel kapasitor, kemudian pasangkan kedua kabel kapasitor baru dengan bekas kabel yang dipotong tadi.
- Kencangkan sambungan kabel, kemudian lilit dengan isolasi hitam agar nantinya tidak short alias nyetrum
- Setelah itu tutup kembali, pelindung atas-belakang kipas angin.
- Selesai.

Nah seperti itulah Cara Memperbaiki Kipas Angin Yang Rusak Karena Masalah Capasitor.

Mudah bukan ?

You may like these posts

  1. izin bertanya, Kipas angin padam total, arus listrik masuk. Apakah boleh sekringnya di jumper aja?
    Thanks