Jika Mengalami 6 Hal Berikut Ini, Itu Artinya Ponselmu Sedang Disadap

Jika Mengalami 6 Hal Berikut Ini, Itu Artinya Ponselmu Sedang Disadap

Kamu mungkin tidak pernah kepikiran jika ada orang yang akan menyadap ponselmu. Namun di jaman yang “serba” saat ini, semua hal bisa saja terjadi. 

Meski kamu bukan agen mata-mata, pejabat Negara atau pesohor, namun terkadang ada juga orang yang iseng ( atau malah sengaja ) menyadap ponsel. 

( Apalagi jika kamu memang termasuk orang dalam kategori di atas ). 
Sebab yang namanya sadap menyadap ponsel, saat ini dilakukan tidak hanya untuk tujuan spionase atau tindak mata-mata belaka, namun bisa juga untuk tujuan tindak kejahatan ( ekonomi ). 

Lalu, bagaimana kamu tahu jika ponselmu disadap ? 

Sedangkan kamu sendiri tidak tahu apa tanda-tanda ponsel yang sedang disadap. 

Karena itu coba cek sekali waktu ponselmu. 

Dan jika mengalami 6 hal berikut ini, itu artinya ponselmu sedang disadap : 

1. Penggunaan data tiba-tiba meningkat 

Apakah penggunaan data ponselmu tiba-tiba meningkat drastis, sedangkan kamu sendiri tidak merasa melakukan apa-apa? 
Harap diketahui, memang beberapa perangkat lunak atau aplikasi penyadap mengharuskan ponsel untuk mengirimkan informasi yang ada dalam ponsel. 
Hal inilah yang kemudian akan “memakan” data ponsel, sehingga jumlah penggunaannya tiba-tiba meningkat secara drastis. 

2. Kemampuan dan kapasitas baterai ponsel tiba-tiba menurun 

Karena ponsel “diharuskan” untuk merekam dan mengirimkan data ke pihak ketiga secara terus menerus, maka ponsel juga harus terus menerus “bekerja” 
Akibatnya tentu saja baterai akan cepat terkuras. 
Itulah sebabnya kemampuan dan kapasitas baterai tiba-tiba saja turun drastis. 
Karena itu jika yakin bahwa kondisi baterai ponsel sebenarnya masih bagus ( baru ganti misalnya ) dan tidak soak atau rusak, namun tiba-tiba kemampuannya ngedrop, kamu wajib mewaspadai hal ini. 

3. Menjadi lama proses Shutdownnya 

Jika mendapati proses shutdown ponselmu tiba-tiba menjadi lebih lama, kamu sebaiknya juga waspada. Pada konsisi normal – dalam artian ponselmu tidak memiliki terlalu banyak aplikasi yang memberatkan – maka proses shutdown seharusnya berlangsung secara normal. 
Pada ponsel yang sedang disadap, proses shutdown bisa berlangsung lebih lama karena ponsel sedang dan harus bekerja untuk menyelesaikan pengiriman informasi penyadapan ke pihak ketiga atau penyadap. 

4. Ponsel sering menunjukkan aktivitas tertentu padahal tidak sedang digunakan 

Pada ponsel yang sedang disadap sering kali menunjukkan adanya aktivitas tertentu meskipun ponsel tidak sedang digunakan, misalnya munculnya suara-suara atau layar tiba-tiba menyala sendiri. 
Aktivitas lainnya misalnya sering reboot atau restart sendiri secara tiba-tiba. 
Sebab yang namanya penyadapan memang bisa dilakukan dengan mengendalikannya dari jarak jauh. 
Jadi ketika ponselmu mengalami hal ini, jangan takut kalau itu ulah hantu, melainkan bisa jadi itu ulah dari para penyadap. 

5. Munculnya suara-suara asing mengganggu 

Pada saat bertelepon di jaman dulu seringkali muncul suara-suara yang mengganggu. Sebab saat itu system telepon memang masih menggunakan analog. 
Namun saat ini, ponsel sudah menggunakan sistem digital, sehingga suara-suara asing tersebut mestinya tidak muncul lagi. 
Jadi ketika kamu sedang bertelepon dan muncul suara-suara asing yang mengganggu, bisa jadi ponselmu sedang disadap orang. 

6. Kerap menerima kiriman teks aneh 

Yang dimaksud teks aneh disini tentu saja bukan berupa pesan promosi tengah malam yang menjengkelkan, ataupun pesan “mama minta pulsa” yang menipu, melainkan berupa pesan teks tersandi rahasia. 
Hal ini bisa terjadi karena penyadap dalam beraksi bisa memanfaatkan fitur remote control dari sebuah software untuk memata-matai. 
Namun ketika software tersebut sedang down maka bisa memunculkan teks aneh, yang bisa berupa nomor, simbol dan karakter acak yang kemudian akan terkirim dan terlihat pada ponsel yang disadap. 

Nah, itulah setidaknya 6 ciri yang menunjukkan ponselmu sedang disadap. 

Sebab yang namanya penyadap – seperti kancil – banyak akalnya. Mereka bisa menggunakan berbagai macam cara. 
Untuk menangkalnya coba gunakan cara di bawah ini : 

Share this:

Disqus Comments