Tata Cara Pendaftaran Seleksi Jalur Mandiri UNS (SM UNS) 2016

Tata Cara Pendaftaran Seleksi Jalur Mandiri UNS (SM UNS) 2016

Sebagaimana layaknya Universitas / Perguruan Tinggi Negeri lainnya, dalam penerimaan mahasiswa baru ( PMB ) pada tahun 2016 ini Universitas Sebelas Maret ( UNS ) Solo menggunakan 3 jalur penerimaan, yaitu SNMPTN, SBMPTN dan penerimaan mahasiswa baru melalui jalur seleksi mandiri. 

Penerimaan mahasiswa baru melalui jalur seleksi mandiri atau disebut dengan SM UNS sendiri adalah Seleksi Penerimaan Mahasiswa Baru Jalur Mandiri UNS, dimana Seleksi ini menggunakan Pengolahan Data Hasil Ujian SBMPTN untuk Jenjang Sarjana dan Diploma. 

Sehingga secara otomatis pendaftar seleksi mandiri UNS atau SM UNS harus sudah menjadi Peserta SBMPTN 2016.

Pada saat ini Universitas Sebelas Maret [UNS Solo] sendiri memiliki 10 Fakultas dengan 64 program studi Sarjana dan 24 program studi Diploma. 
Yang membangggakan dan menjadikan UNS ini cukup menarik untuk dimasuki adalah Prestasi yang telah diraihnya. 
Beberapa prestasi dari Universitas Sebelas Maret [UNS Solo] ini antara lain : 

- UI GreenMetric World University Ranking di peringkat 134 dunia dan 7 nasional 
- Menurut 4 International Colleges and Universities [4ICU] UNS menempati peringkat 880 dunia dan 6 nasional 
- Peringkat A untuk Akreditasi Institusi 
- Peringkat 9 dari 11 PTN terbaik versi Kemenristek Dikti. 

Nah bila tertarik mendaftarkan diri ke Universitas Negeri yang berada di kota Solo ini, Tata Cara Pendaftaran mahasiswa baru melalui Seleksi Jalur Mandiri (SM UNS) 2016 adalah seperti di bawah ini. 

Sebelum melakukan pendaftaran, peserta sangat disarankan untuk menyiapkan data dan kelengkapan yang dibutuhkan, antara lain file Kartu Identitas Diri (SIM/KTP/KK/Paspor) berupa hasil scan, File Kartu Tanda Peserta SBMPTN Tahun 2016 , dan File Foto Berwarna (Format: *.jpg, Pixel: 150px X 200 px, Size: Maksimum 30kb) 

Langkah demi langkah atau PROSEDUR PENDAFTARAN seleksi jalur mandiri UNS ( SM UNS ) secara online adalah sebagai berikut : 

- Buka situs spmb.uns.ac.id, 

- Setelah laman terbuka klik menu ”Pendaftaran”, maka akan terbuka laman baru 

- Pada laman baru yang terbuka klik tulisan / link “Seleksi Mandiri UNS ( SM UNS ) yang terletak pada bagian paling atas artikel. 
Lihat gambar : 


- Setelah diklik maka akan muncul sebuah laman baru yang berupa formulir isian untuk data SBMPTN yang telah diikuti. Isi formulir tersebut dengan baik dan benar. 
Data yang diminta dapat dilihat pada kartu peserta yang digunakan pada saat mengikuti SBMPTN sebelumnya. 


- Setelah semua data diisikan, maka klik Form selanjutnya 

- Akan terbuka laman baru lagi yang juga berupa formulir isian pendaftaran

- Isikan data yang diminta secara benar dan lengkap sesuai dengan data pribadi, data orang tua, serta jurusan atau prodi yang ingin dimasuki. 
Dimana PROGRAM STUDI yang tersedia dibagi menjadi 3 kelompok yaitu kelompok Saintek ( IPA) , kelompok Soshum ( IPS ) dan kelompok Campuran ( IPA/IPS ). 

Enaknya, disini pendaftar dapat memilih paling banyak 4 (empat) Program Studi Jenjang Sarjana dan atau Diploma dengan maksimal 2 Program Studi untuk masing-masing Jenjang untuk kelompok Saintek atau Soshum dan dapat memilih paling banyak 4 (empat) Program Studi Jenjang Sarjana dan atau Diploma dari campuran dengan maksimal 2 Program Studi untuk masing -masing Jenjang, dengan catatan sedikitnya 1 (satu) Program Studi kelompok Saintek atau 1 (satu) Program Studi kelompok Soshum .
Namun yang perlu diingat adalah bahwa Urutan pilihan Program Studi juga menunjukkan urutan prioritas pilihan peserta. 

- Pada tahap ini, pendaftar juga diminta untuk mengunggah data berupa kartu identitas diri, foto diri berwarna, serta kartu tanda peserta SBMPTN sesuai ketentuan seperti yang diuraikan di atas. 

- Setelah semuanya diselesaikan oleh pendaftar maka akan muncul Nomor Pendaftaran SM UNS secara Online . 

- Nomor ini merupakan “identitas” pendaftar untuk SM UNS dan harus dicatat secara manual, sebab tidak disediakan proses cetak ( atau bisa juga di save as ). 

- Sampai dengan langkah ini proses pengisian data untuk pendaftaran seleksi mandiri UNS atau SM UNS 2016 bisa dianggap selesai. 

- Langkah selanjutnya adalah melakukan pembayaran biaya Pendaftaran yang besarnya Rp. 100.000,- (Seratus ribu rupiah) yang dapat dilakukan di Bank Negara Indonesia (BNI) atau Bank Tabungan Negara (BTN) baik melalui loket pembayaran ( teller ) ataupun dengan menggunakan ATM ( anjungan Tunai Mandiri ) dengan membawa / menunjukkan Nomor Pendaftaran SM UNS diatas. 

- Dan setelah melakukan pembayaran, pendaftar akan mendapatkan PIN yang akan digunakan untuk login saat akan mencetak kartu peserta dan atau untuk aktivitas lainnya di laman. 

- Untuk mencetak Kartu Tanda Peserta secara online dapat dilakukan dengan cara masuk ke situs spmb.uns.ac.id, kemudian klik menu pendaftaran. 

- Dari situ akan muncul laman baru ( seperti pada saat pertama kali proses pendaftaran ). 
Namun untuk kali ini yang harus diklik adalah tulisan / link “Cetak Kartu Peserta SM UNS 2016 “ yang terletak di bagian bawah paragraph pertama. 


- Begitu diklik dan masuk dengan menggunakan Nomor pendaftaran, nomor identitas diri serta PIN SM UNS, silahkan cetak kartu peserta anda 

- Proses pendaftaran seleksi jalur mandiri UNS atau SM UNS 2016 kini berarti telah selesai. 
Untuk hasil seleksi SM UNS nantinya akan diumukan pada tangal 26 Juli 2016. 

Dan jika anda tertarik untuk mendaftarkan diri lewat jalur mandiri ke Universitas lainya, UNNES misalnya berikut informasinya : 

Share this:

Disqus Comments

Paling Banyak Dilihat