Tata Cara Pendaftaran Seleksi Jalur Mandiri UNNES - Universitas Negeri Semarang 2016

Tata Cara Pendaftaran Seleksi Jalur Mandiri UNNES - Universitas Negeri Semarang 2016

Secara garis besar ada 3 ( tiga ) jalur untuk bisa mendaftar dan masuk sebagai mahasiswa pada Universitas / Perguruan Tinggi Negeri, yaitu melalui SNMPTN, SBMPTN dan Seleski Mandiri. 
Untuk jalur SNMTN dan SBMPTN telah terlaksana dan terlewat. 
Sehingga para siswa lulusan SLTA yang kebetulan belum diterima melalui jalur tersebut, istilahnya "belum dapat sekolahan",  maka “kesempatan terakhir” untuk bisa memasuki Universitas / Perguruan Tinggi Negeri adalah melalui jalur atau seleksi mandiri. 

Dari beberapa Universitas/ Perguruan Tinggi Negeri yang telah membuka penerimaan mahasiswa baru ( PMB ) lewat jalur seleksi mandiri adalah Universitas Negeri Semarang ( UNNES ).
Dimana untuk wilayah Jawa Tengah terutama untuk wilayah Semarang dan sekitarnya, UNNES ini termasuk salah satu Universitas yang sangat diminati dan menjadi favorit para lulusan SLTA.
Untuk pendaftaran seleksi Jalur mandiri UNNES atau SM-UNNES sendiri telah dibuka sejak tanggal 1 Juni hingga tanggal 14 Juli 2016. 

Syarat-syarat untuk mendaftar melalui seleksi mandiri UNNES tahun 2016 adalah : 

1. Lulusan SMA/MA/SMK/sederajat tahun 2016, 2015, dan 2014 dibuktikan dengan ijazah.

2. Sanggup mematuhi Etika dan Tata Tertib Kehidupan Mahasiswa UNNES dan memenuhi semua persyaratan sebagai mahasiswa Unnes, termasuk biaya belajar berupa Uang Kuliah Tunggal (UKT), biaya hidup selama masa studi, dan lain-lain. 

Sedangkan untuk persyaratan bagi yang juga melamar program Bidikmisi adalah harus memenuhi persyaratan sesuai dengan ketentuan dari Kementerian Riset, Teknologi, dan Pendidikan Tinggi. 

Nah, bagi yang berminat mendaftarkan diri di Universitas negeri yang berlokasi di Sekaran Gunungpati ini, berikut Tata Cara Pendaftaran Seleksi Jalur Mandiri UNNES - Universitas Negeri Semarang 2016. 

Untuk tahun 2016 ini biaya seleksi peserta SM-UNNES yang dipatok oleh UNNES adalah 2016 sebesar Rp 250.000 (dua ratus lima puluh ribu rupiah) untuk kelompok ujian Saintek atau Soshum, dan Rp 300.000 (tiga ratus ribu rupiah) untuk kelompok ujian Campuran. 
Sedangkan bagi pendaftar yang memilih program studi yang mensyaratkan ujian keterampilan seni/olahraga, pembayaran ditambah untuk biaya uji keterampilan sebesar Rp 150.000 (seratus lima puluh ribu rupiah). Dimana pembayaran dapat dilakukan melalui PT. Bank Negara Indonesia (BNI 46) di seluruh Indonesia, baik langsung melalui loket bank atau teller dengan menunjukkan PIN pendaftaran, melalui internet banking, ataupun dengan ATM. 

Untuk mempercepat proses pendaftaran, sebelum melakukan pendaftaran seleksi mandiri secara online sangat disarankan untuk mempersiapkan data yang diperlukan, termasuk pas foto diri ukuran 4x6 dengan latar belakang merah atau biru yang memiliki format JPG atau PNG, dengan ukuran maksimum 100 KB, dimana foto diri ini nantinya harus diupload pada formulir yang disediakan. 

Berikut langkah demi langkah Tata Cara Pendaftaran Seleksi Jalur Mandiri UNNES - Universitas Negeri Semarang 2016 secara online : 

1. Buka laman http://penerimaan.unnes.ac.id/?page_id=515 

2. Setelah laman terbuka klik sistem pendaftaran online melalui laman http://daftar.unnes.ac.id
Atau copy paste url tersebut pada browser. 

3. Setelah laman terbuka, pada bagian kiri atas di bagian menu “pendaftaran” klik tombol S1/D3 reguler 

4. Akan terbuka laman baru.
Disitu pendaftar akan diminta untuk mengisikan informasi Provinsi sesuai dengan alamat, tempat lahir, dan asal sekolah dari pendaftar. 
Isikan sesuai dengan data diri anda. Setelah diisi dengan benar klik tombol “Lanjutkan”. Maka akan terbuka sebuah laman baru lagi. 


5. Pada laman baru yang terbuka, pendaftar diminta untuk menentukan kelompok pilihannya, yaitu kelompok Saintek ( IPA ), kelompok Sosial-Humaniora ( IPS ) dan kelompok Campuran ( IPA/IPS ). 
Klik salah satu pilihan anda. 


6. Setelah mengklik salah satu pilihan maka akan terbuka laman formulir pendaftaran untuk mengisikan program studi pilihan anda. 
Pilih program studi anda dan isi formulir yang diminta hingga selesai. 
Dan begitu anda menyelesaikan isian formulir ini maka pendaftar akan mendapatkan Personal Identification Number (PIN) berupa 6 karakter. 

7. Setelah itu pendaftar diminta untuk mengunggah file pasfoto diri yang berwarna dengan ukuran 4 x 6 cm, dengan format JPG atau PNG, dengan ukuran maksimum 100 KB. 
Pastikan foto yang anda upload benar dan sesuai yang diminta ( dapat dilihat bagaimana posisi foto yang benar pada laman upload foto tersebut ). 

8. Setelah upload foto berhasil maka pendaftar akan dibawa laman dashboard untuk pendaftar. 

9. Namun bukan berarti proses upload ini telah selesai, masih ada data lagi yang diminta yang harus diisikan pada masing-masing formulir yang dapat dilihat dan dibuka pada dashboard akun peserta , antara lain data umum ( atau data orang tua dan sebagainya ), data penghasilan, data aset dan sebagainya. 
Isilah data yang diminta tidak hanya secara benar tetapi juga harus jujur. 
Setelah formulir diisi sesuai data dengan benar dan komplit lalu klik “Simpan”. 
Proses pengisian formulir dianggap benar dengan ditandai munculnya kotak berwarna hijau di bagian bawah laman disertai tanda centang. 
Sedangkan jika belum lengkap, maka kotak akan berwarna merah disertai tanda silang.

10. Setelah semua telah lengkap dan benar, klik tombol Log Out untuk keluar dari laman. 

Sampai proses ini artinya peserta telah menyelesaikan proses pengisian data untuk pendaftaran seleksi jalur mandiri UNNES secara online. 

Langkah selanjutnya adalah melakukan pembayaran pada bank yang telah ditunjuk seperti diuraikan di atas. Proses pembayaran sendiri diberikan tenggat waktu mulai dari tanggal 2 Juni sampai tanggal 15 Juli 2016, 

Setelah melakukan pembayaran, maka pendaftar harus mencetak Kartu Tanda Peserta selambat-lambatnya hingga tanggal 22 Juli 2016. Dimana Kartu Tanda Peserta harus dicetak sebanyak rangkap dua, dimana 1 kartu untuk peserta, sedangkan kartu kedua harus diserahkan kepada pengawas saat melakukan ujian tertulis. 
Untuk mencetak Kartu Tanda Peserta caranya adalah buka laman http://daftar.unnes.ac.id, lalu login dengan PIN yang telah diberikan. 
Setelah laman terbuka ( dashboard ) klik tombol “cetak kartu peserta”. 

Untuk ujian tertulis pada seleksi mandiri UNNES akan dilaksanakan pada hari sabutu 23 Juli 2016. Sedangkan bagi pendaftar yang memilih Jurusan/Prodi Seni dan Olahraga akan ada ujian / tes ketrampilan pada hari Minggu 24 Juli 2016. 
Hasil seleksi SM-UNNES 2016 akan diumumkan pada tanggal 2 Agustus 2016 secara online melalui laman http://daftar.unnes.ac.id. 
Dan bagi pendaftar SM-UNNES yang telah dinyatakan lulus seleksi diwajibkan melakukan registrasi administrasi pada tanggal 9 Agustus d. 10 Agustus 2016. 

Nah itulah Tata Cara Pendaftaran Seleksi Jalur Mandiri UNNES - Universitas Negeri Semarang 2016. 

Selamat mendaftar, selamat berjuang.
Informasi penting tentang Universitas :

Share this:

Disqus Comments