-->

Kambing Etawa Pejantan Dengan Ciri Seperti Inilah Yang Patut Dibeli

Ketika tingkat kepadatan penduduk semakin meningkat, maka tingkat persaingan kerja juga makin meningkat tajam. Sangat susah untuk mendapatkan pekerjaan sekarang ini.
Kalaupun mendapat pekerjaan, misalnya sebagai buruh pabrik hasilnya juga pas-pasan.
Ibaratnya, uang gajian hanya lewat saja.
Hari ini tanda tangan terima gajian, tak bepara lama sudah lepas dari tangan, untuk dialokasikan pada berbagai macam kebutuhan hidup.

Karena itu untuk bisa mendapatkan tambahan penghasilan atau pemasukan, upaya-upaya sampingan yang kreatif sangat diperlukan.
Salah satunya yang mungkin dapat dipertimbangkan adalah dengan beternak kambing.

Dari beberapa pengalaman, usaha sampingan beternak kambing ini cukup menguntungkan. Setidaknya bisa digunakan untuk “menutup” kebutuhan hidup yang makin meningkat.
Dan enaknya usaha sampingan beternak kambing ini dapat dilakukan di sela-sela kesibukan sebagai buruh pabrik atau karyawan.
Saat ini usaha sampingan beternak kambing yang cukup prospektif dan menguntungkan adalah beternak kambing Etawa.
Kambing etawa telah dikenal sebagai penghasil susu kambing yang baik. Harga susu kambing Etawa di pasaran jauh lebih mahal daripada susu sapi.
Hanya saja produksi susu kambing Etawa memang relatif lebih sedikit jika dibandingkan dengan susu sapi. Karena itu perlu dicari dan dipelihara indukan kambing Etawa yang baik dan berkualitas.
Dan untuk bisa mendapatkan indukan kambing yang baik dan berkualitas tentu saja salah satunya harus mendapatkannya dari keturunan yang baik pula.
Dalam hal ini termasuk pejantan kambing Etawa yang baik.

Untuk bisa mendapatkan atau membeli kambing etawa jantan yang baik, tentu saja terlebih dulu harus diketahui ciri-ciri kambing Etawa pejantan yang baik pula. Nah jika kebetulan anda berniat untuk membeli kambing pejantan yang baik, ciri-ciri kambing etawa jantan yang baik berikut ini dapat dijadikan pedoman umum, antara lain :



- Segar dan sehat
Kambing terlihat segar dan sehat. Hindari membeli kambing yang terlihat lesu. Hindari pula membeli kambing yang sakit meski harganya sangat murah.
- Nafsu makan
Kambing etawa jantan yang baik dan sehat ditandai dengan nafsu makannya yang cukup besar.
- Bentuk tubuh
Kambing Etawa jantan yang baik biasanya memiliki bentuk tubuh yang besar dan panjang .
Tubuh kambing bagian belakang terlihat lebih tinggi dan lebih besar. Dadanya juga terlihat lebar. Tubuhnya tidak kurus , namun juga tidak terlalu gemuk
- Keaktifan dalam bergerak
Ciri kambing Etawa jantan yang baik lainnya adalah aktif dalam bergerak. Juga memiliki selera kawin yang tinggi.
- Bentuk kaki
Kambing Etawa jantan yang baik memiliki kaki yang lurus. Perbandingannya simetris, antara kaki kiri dan kaki kanan. Kaki juga harus terlihat kuat.
- Umur kambing
Untuk membeli kambing Etawa yang baik untuk dijadikan pejantan, idealnya berumur antara 1 ½ hingga 2 ½ tahun.
- Asal keturunan
Dan idealnya lagi, Kambing etawa jantan tersebut dilahirkan dari keturunan kembar.

Itulah bererapa ciri umum yang dapat digunakan saat akan membeli kambing etawa jantan yang baik dan berkualitas.

Untuk memilih kambing kurban yang baik, ini caranya :

You may like these posts