-->

8 Cara Mudah Memilih Kambing Kurban Yang Bagus

Beberapa saat lagi, umat muslim akan segera merayakan hari Raya Idul ‘Adha 1435 H. Sesuai penanggalan nasional, hari raya Idul ‘Adha 1435 H diperkirakan akan jatuh pada hari Minggu, tanggal 5 Oktober 2014.
Dan sebagaimana yang diajarkan, untuk memperingati perisitiwa besar tentang keimanan, ketaqwaan dan keikhlasan yang dicontohkan oleh nabi Ibrahim,AS, bagi umat Islam yang mampu agar juga berkurban, menyembelih hewan untuk dibagikan kepada yang kurang mampu.

Hakikatnya, dimata Allah, yang paling penting bukanlah hewan kurbannya.
Allah sendiri telah memperingatkan bahwa sekali-kali daging dan darah hewan kurban tidak akan sampai kepada-Nya. ( Dan Allah, memang sama sekali tidak butuh akan hal itu ).
Yang akan sampai kepada-Nya hanyalah ketakwaan dan keikhlasan orang yang berkurban.

Dan karena menyembelih kurban juga merupakan salah satu bukti penghambaan seorang manusia kepada Tuhan-Nya maka, untuk binatang yang dikurbankan tetap dipersyaratkan merupakan binatang kurban yang terbaik.

Di Indonesia sendiri, hewan yang sering digunakan untuk sembelihan kurban di hari raya Idul Adha, pada umumnya berupa kambing, kerbau dan sapi.
Dan kambing, sepertinya merupakan hewan yang paling banyak digunakan sebagai hewan kurban.

Syarat-syarat hewan kurban

Ajaran Islam mempersyaratkan bahwa hewan yang digunakan sebagai kurban, haruslah merupakan hewan yang terbaik. Beberapa persyaratan untuk hewan kurban, khusus untuk kambing, antara lain :

- kambing jantan
- berumur antara 1-3 tahun,
- berbadan sehat
- tidak cacat, misalnya : buta, sumbing, rusak atau sobek telinga
- gagah tubuhnya
- mempunyai buah zakar yang normal (dua kantung zakar sama besarnya)
- bersifat aktif
- nafsu kawinnya besar
- kondisi primanya
- serta tidak berada dalam keadaan lelah atau lapar

Cara termudah untuk memilih kambing kurban yang baik tentu saja harus sesuai dengan yang dipersyaratkan di atas.
Hanya saja, bagi orang awam tidak terbiasa, untuk memilih kambing kurban yang baik, terkadang mengalami kesulitan.

Untuk itu agar kambing yang anda pilih bisa mendekati semua persyaratan diatas, 8 Cara Mudah Memilih Kambing Kurban Yang Bagus berikut ini, mungkin bisa membantu anda :

1. Perhatikan panjang telinga dan badan kambing
Pertama lihat panjang telinga dan badan kambing. Kambing yang memiliki telinga dan badan yang panjang biasanya memiliki daging yang padat dan gemuk.

2. Perhatikan postur tubuhnya
Lalu, perhatikan bentuk dan postur tubuhnya. Cari dan pilih kambing kurban yang memiliki bentuk dan postur tubuh yang terlihat gagah, tegap, kokoh dan kuat.
Cara yang paling mudah untuk mengtahuinya adalah dengan melihat cara kambing dalam berdiri dan berjalan. Apakah terlihat gesit dan sigap, serta mampu berjalan dengan baik dan tegap.
Kambing yang kurang baik atau sakit, biasanya terlihat kurang gesit dalam berdiri dan agak loyo ketika berjalan.

3. Memilih kambing kurban yang gemuk
Caranya cukup mudah. Coba raba seluruh tubuh kambing tersebut. Terutama pada punggung kambing dan persendian tulang. Di punggung kambing akan terasa ada yang menonjol, tapi itu bukan tulang.
Apabila terasa ada tulang yang ikut teraba, meski kambing terlihat besar, sebenarnya kambing tersebut belum cukup gemuk.

4. Cermati bulunya
Memang benar, jika telah dimandikan bulu kambing akan terlihat bersih. Namun kambing kurban yang baik dan berkualitas, bulunya tidak semata-mata terlihat bersih. Tetapi juga mengkilap.
Bulu kambing juga harus terasa halus ( tidak gembel ) dan rata.
Kambing yang bulunya kusam atau bahkan malah rontok tidak layak dipilih sebagai hewan kurban.

5. Cek pada Kulitnya
Selain bulu, perhatikan pula Kulit kambing. Pilih kambing kurban yang kulitnya terlihat bersih, tanpa adanya penyakit, misal : bisul, koreng, atau penyakit kulit lainnya. Kulitnya juga terasa kenyal dan padat.
Untuk memastikan, cobalah cubit kulit kambing.
Bila kulitnya terasa kenyal dan dapat segera kembali seperti semula setelah dicubit, maka kambing tersebut layak dipilih untuk hewan kurban.

6. Perhatikan mata kambing
Kambing yang sehat dan bugar, matanya terlihat bersinar jernih, terbuka penuh, pupil bereaksi cepat, tidak mengeluarkan air, dan tidak berwarna merah, serta selaput lendir kelopak mata bagian dalam berwarna merah terang.
Kambing yang tidak sehat matanya terlihat layu.

7. Lihat pula kotoran kambing
Kotoran kambing yang sehat, kotorannya juga sehat...maaf ...baik.
Yaitu kotoran yang terlihat padat, tidak cair (mencret), dan tak tercampur dengan darah.
Lihat juga agar tidak ada kotoran yang melekat pada bulu dubur kambing.

8. Perhatikan giginya
Cobalah buka mulut kambing dan perhatikan.
Jika gigi susu sudah ganti dengan gigi besar (powel) minimal sebanyak dua gigi, berarti kambing tersebut telah memenuhi syarat untuk dipotong karena umurnya sudah diatas satu tahun.
Lihat juga :

You may like these posts