-->

Ngeri ! Pulau Paling Selatan di Indonesia Dengan Danau Merah Ini Rawan Dikuasai Oleh Asing

Dari sekian banyak pulau yang dimiliki oleh Negara Indonesia, tercatat ada 92 pulau yang letaknya di bagian terluar Indonesia.

Dan sebagaiman diketahui, selama ini pulau-pulau terluar Indonesia ini sangat rawan ( dicaplok oleh Negara lainnya ).
Pemerintah Indonesia melalui TNI memang telah berupaya sekuat tenaga untuk selalu tetap menjaga keutuhan wilayah Negara RI ini. Namun mengingat begitu banyaknya pulau di Indonesia, sedangkan sarana dan prasarana yang sangat terbatas, selalu saja ada kasus pulau yang “hilang”, dicaplok oleh Negara lainnya. Pulau Sipadan dan Ligitan contohnya, telah hilang dari wilayah Indonesia karena dikuasai Malaysia.

Salah satu pulau terluar Indonesia yang paling rawan dikuasai Negara asing adalah Pulau Dana. Pulau Dana merupakan salah satu dari belasan pulau terluar Indonesia dan yang paling selatan di Indonesia memang sangat rawan.
Pulau Dana yang terletak di Samudera Hindia ini berbatasan langsung dengan negara Australia.
Letaknya di sebelah selatan Pulau Rote, merupakan bagian dari wilayah administratif Kecamatan Rote Barat Daya, Kabupaten Kupang, Nusa Tenggara Timur.
Terletak pada titik koordinat: 11° 0′ 36″ LS, dan 122° 52′ 37″ BT ( Dari titik koordinat ini bisa dipastikan bahwa pulau Dana memang merupakan pulau yang berada di paling selatan wilayah Indonesia ).

Pulau Dana yang berjarak 120 kilometer dari Kota Kupang dan 4 kilometer dari Pulau Rote ini merupakan salah satu pulau kecil yang tidak berpenghuni tetap.

Disinyalir, Pulau Dana pernah beberapa kali disinggahi oleh patroli Angkatan Laut Australia.
Konon Negara ini mengincar Pulau Dana karena memiliki keindahan alam dan cocok untuk diving setelah berhasil menguasai Pulau Pasir (ashmore reef).

Meskipun sebuah pulau kecil yang tidak berpenghuni, pulau Dana memang memiliki pesona alam yang begitu luar biasa. Pantainya indah landai dan berpasir putih. Ombak di pesisir sangat cocok untuk olahraga selancar. Selain itu di pulau Dana terdapat padang savana yang menjadi habitat rusa Timor yang memang banyak ditemukan di sepanjang Pulau Dana dan pulau Rote.

Bahkan saat Pulau Dana Rote tengah diupayakan menjadi tempat konservasi Rusa oleh pemerintah Nusa Tenggara Timur. Terdapat juga hamparan kurang berhutan.
Dan yang lebih luar biasa dan menyimpan potensi wisata besar adalah keberadaan Danau Merah, yang letaknya tepat di tengah tengah pulau Pulau Dana.

Untuk menjaga keamanan, sejak tahun 2006 TNI Angkatan Darat dan Satuan Marinir Angkatan Laut telah membuat pos penjagaan di pulau Dana ini.

Hal ini tentu saja untuk berjaga-jaga agar Pulau terluar dan paling selatan Indonesia dengan Danau Merahnya ini tidak jatuh lagi ke cengkeraman Negara asing.

Seperti halnya yang terjadi pada pulau Sipadan dan Ligitan.

Ini juga ngeri :

You may like these posts