Berapa Harga Mesin Penghancur Plastik ? Dan Bagaimana Cara Membuat Mesin Penghancur Plastik ?

Berapa Harga Mesin Penghancur Plastik ? Dan Bagaimana Cara Membuat Mesin Penghancur Plastik ?

Selama ini tidak pernah kepikiran sama sekali tentang masalah permesinan, terlebih lagi tentang masalah mesin penghancur plastik. Namun ketika beberapa waktu lalu ada saudara yang berencana untuk berwiraswasta untuk menjadi suplier biji daur ulang plastik, maka mau tidak mau harus ikut urun rembug memikirkan masalah ini. Ikut-ikutan mencari Berapa Harga Sebuah Mesin Penghancur Plastik ? ( yang terjangkau ).

Sebuah mesin penghancur plastik tentu sangat banyak sekali. Selama ada dana mesin dengan tipe dan ukuran apapun pasti siap tersedia. Namun maklum saja sebagai pemula wiraswasta, dan dengan modal yang sangat terbatas sekali, tentu saja harus pintar-pintar memilih sebuah mesin penghancur plastik yang dapat dijangkau.

Untuk produksi daur ulang plastik cacahan skala rumah tangga, mesin penghancur plastik yang umum digunakan adalah dengan daya sekitar 0,75 PK sampai 1 PK. Hal ini biasanya untuk menyesuaikan tegangan listrik rumah. Dengan kapasitas olah sekitar 100 kilogram sampai 250 kilogram perhari.

Dari hasil tanya sana-sini, harga sebuah mesin pencacah plastik dengan kekuatan seperti ini, bisa didapatkan dengan mengeluarkan biaya sekitar 5 juta sampai 6 juta per unitnya.

( Itu yang termasuk paling murah ).

Namun dari para pelaku usaha seperti ini, biaya tersebut ternyata masih bisa ditekan lagi. Sebab jika bisa membuat mesin penghancur plastik sendiri, ternyata biayanya bisa jauh lebih murah lagi. Dan hal ini justru mereka sarankan. Sebab untuk membuat sebuah mesin penghancur plastik sendiri ternyata cukup sederhana.





Dari gambar teknis sebuah mesin penghancur plastik pada dasarnya terdiri dari beberapa komponen utama yaitu :

1. Rumah atau casing tempat plastik dihancurkan
2. Motor penggerak
3. Pisau pemotong yang terdiri dari 2 bagian :
- Pisau pemotong yang berputar
- Pisau pemotong yang diam
4. Saringan
5. Pengumpan

Mesin penghancur plastik ini dapat jauh lebih murah jika dibuat sendiri sebab dalam hal ini bisa menggunakan bahan-bahan bekas. Untuk rumah atau casingnya bisa digunakan pipa bekas, bisa berukuran diamater 10 atau 12 inchi. Demikian pula untuk as atau pun pisaunya, bisa digunakan bekas yang dipermak kembali.


Mesin yang ini antik :

Share this:

Disqus Comments