-->

Mini Moon Ini Akan Dahului Gerhana Matahari Total Pada 20 Maret 2015

Meski sebenarnya boleh dikatakan masih masuk pada musim penghujan, menurut kalender Astronomi, pada bulan Maret 2015 akan terjadi fenomena Astronomi yang sangat langka.
Disebut langka, sebab peristiwa astronomi yang akan terjadi pada bulan Maret 2015 tidak terjadi di setiap tahunnya, bahkan belum tentu setiap puluhan tahun sekali.
Bahkan karena kelangkaannya, masyarakat kuno biasanya mengadakan ritual khusus ketika terjadi peristiwa astromomi ini.
Namun sebagai masyarakat modern, fenomena astronomi – yang meskipun terbilang langka ini – hendaknya dijadikan sebagai bahan untuk menambah dan memperkaya wawasan ilmu pengetahuan serta untuk mengagumi dan mendekatkan diri kepada sang pencipta alam semesta.

Apa saja fenomena astronomi langka yang terjadi pada bulan maret 2015.

1. Gerhana Matahari Total Pada Tanggal 20 Maret 2015

Memang ada sebagian orang yang pernah mengalami dan menyaksikan peristiwa astronomi langka gerhana matahari total. Namun tidak semua orang beruntung bisa menyaksikannya.
Nah bagi yang belum pernah menyaksikan fenomena astronomi yang langka ini, anda bisa menyaksikannya pada bulan maret nanti.
Sebab menurut kalender astronomi di tahun ini, tepatnya pada tanggal 20 maret 2015 akan terjadi peristiwa gerhana matahari total.

Peristiwa gerhana matahari total dapat terjadi ketika bulan benar-benar menutupi Matahari secara sempurna.Dan ketika gerhana matahari total terjadi akan terlihat atmosfer luar matahari yang begitu indahnya yang biasa dikenal sebagai Korona.
Pada gerhana matahari total tanggal 20 maret 2015 nanti, diprediksikan jalur totalitas akan dimulai dari tengah Samudra Atlantik. Kemudian bergerak ke arah utara melintasi Greenland dan ke Siberia Utara. Sedangkan gerhana parsial akan dapat dilihat di Islandia, Eropa, Asia Timur dan Barat laut Afrika.

2. Munculnya Minimoon

Sebelum terjadinya gerhana matahari total pada 20 Maret 2015, akan didahului dengan munculnya Minimoon.

Mungkin masih ada yang agak bingung dengan istilah minimum ini.
Minimoon sebenarnya peristiwa terjadinya bulan purnama. Namun gerhana bulan pada Minimoon akan terjadi lebih total.
Sebab bumi akan berada di antara Matahari dan Bulan, sehingga Bulan akan sepenuhnya terang seperti yang terlihat dari Bumi.

Kejadian bulan purnama seperti ini disebut Minimoon sebab purnama ini terjadi saat bulan berada di titik Apogee, yaitu berjarak 406.386 km dari Bumi.
Bulan purnama Minimoon ini juga dikenal oleh penduduk asli Amerika, yaitu suku Indian sebagai Full Worm Moon. Sebab pada saat terjadi bulan purnama ini adalah saat ketika tanah mulai melunak dan cacing tanah akan kembali muncul.

Selain dikenal dengan kedua sebutan di atas, bulan purnama ini juga dikenal sebagai Full Crow Moon, Full Crust Moon dan Full Sap Moon.


Minimoon ini akan terjadi pada tanggal 5 Maret 2015. Jadi, jika ada kesempatan, saksikan saja fenomena astronomi langka yang akan terjadi pada bulan maret 2015 nanti.

Lihat juga :

You may like these posts