-->

Mengapa Pada Pebruari 2015 Bulan Mengecil dan Meredup Sinarnya, Sedangkan Jupiter Sejajar Bumi. Apa Yang Terjadi ?

Kejadian-kejadian di langit atau persitiwa Astronomi selalu menarik untuk diamati.
Meski kepercayaan masyarakat di jaman modern saat ini, sudah tidak sama lagi dengan kepercayaan masyarakat jaman kuno – dimana segala sesuatunya berpedoman pada peristiwa langit atau ilmu perbintangan – namun apa yang sedang terjadi di langit memang tidak bisa “diabaikan” begitu saja.
Jika pada akhir tahun lalu terjadi peristiwa Astronomi yang cukup menggemparkan, dimana bulan berubah warna menjadi merah darah, maka pada tahun 2015 ini, bulan kembali “membuat ulah”.

Menurut pengamatan ahli Astronomi, pada awal tahun 2015 ini, tepatnya pada tanggal 4 Pebruari 2015 bulan akan mengecil dan meredup sinarnya.

Ada dengan bulan ?
Pada Rabu, 4 Februari 2015 akan terjadi peristiwa dimana Bulan akan mencapai fase bulan purnama mendekati titik terjauh dari Bumi.
Dalam istilah Astronomi disebut dengan bulan purnama apogee.

Dan karena berada di titik terjauh dari bumi inilah maka bulan purnama akan terlihat mengecil dan meredup sinarnya bila dibandingkan dengan keadaan bulan purnama pada kondisi yang biasanya.

Pada saat itu bulan purnama akan memiliki diamater 29,54 menit busur. Dan hal ini akan menjadikan bulan purnama 4 Pebruari 2015 yang terkecil dan teredup ke-2 selama tahun 2015.
Selain peristiwa bulan yang akan mengecil dan meredup sinarnya, pada bulan Pebruari 2015 juga akan terjadi peristiwa Astronomi lainnya.
Menurut kalender Astronomi 2015, pada bulan Pebruari nanti juga akan terjadi persitiwa oposisi planet Jupiter.

Pada Sabtu, 7 Februari 2015 - Oposisi Jupiter akan terjadi peristiwa dimana posisi antara Matahari, Bumi dan Jupiter akan berjejer berurutan.
Pada saat itu, Jupiter akan terlihat sepanjang malam pada sisi yang berlawanan dengan Matahari. Jupiter akan terbit di arah timur pada saat Matahari terbenam di barat, pada meridian ketika tengah malam.
Dan akan tenggelam di barat pada saat Matahari terbit di timur.
Saat itu planet Jupiter akan terlihat sebagai bintang putih yang terang dengan magnitudo -2,6. Sabtu, 7 Februari 2015 merupakan waktu yang terbaik untuk mengamati Jupiter, sebab Jupiter akan terlihat sedang mengalami purnama.

Selain kedua peristiwa Astronomi di atas, pada bulan Pebruari 2015 nanti, dijadwalkan, wahana antariksa NASA Dawn akan sampai di planet kerdil Ceres.
Planet Ceres sendiri merupakan objek angkasa terbesar di sabuk asteroid yang letaknya diantara planet Mars dan Jupiter. Dengan bentuk dan ukurannya tersebut, Ceres digolongkan sebagai planet kerdil.
Menurut rencana, NASA Dawn akan mempelajari Ceres dan akan mengirim gambar dekat pertama dari planet kerdil ini dalam beberapa bulan.

ang dibawah ini tidak kalah menariknya :

You may like these posts