-->

Bagaimana Cara Melakukan BackUp Data Harddisk Pada Windows 7 ?

Pada Windows 7 secara built-in telah dilengkapi dengan perkakas atau tool yang bisa digunakan untuk mengcopy dan atau memback up data dari Harddisk.

Tool ini disebut dengan Backup dan Restore. Dimana dengan tool ini maka pengguna dapat melakukan pengelolaan data.
Melakukan backup otomatis secara teratur, dan atau menyimpan data ke sumber eksternal lainnya.

Simak juga :

Untuk menggunakan fasilitas ini, anda dapat mengikuti Cara Jitu Melakukan BackUp Data Penting Harddisk Pada Windows 7 seperti di bawah ini:

1. Klik “Start | Control Panel | System and Maintenance | Backup and Restore”

2. Klik “Set up Backup” untuk memulai konfigurasi cadangan.
Windows akan butuh waktu antara satu atau dua menit untuk menganalisis lokasi cadangan yang tersedia.

3. Pilih lokasi dimana data cadangan akan disimpan.
Bila menggunakan keping DVD setidaknya dibutuhkan 3 sampai 4 keping DVD untuk dapat menyimpan data. Dapat juga digunakan hard drive eksternal sebagai media back up.

4. Selanjutnya silahkan pilih apakah Windows secara otomatis memilih direktori yang didukung, atau Anda yang menentukannya sendiri.
Pengaturan custom memungkinkan untuk menghapus sumber daya yang dirasa terlalu berat.

5. Klik “Change Schedule” untuk memilih waktu dan frekuensi yang terbaik melakukan back up.
Agar tidak terlalu mengganggu atau menyita waktu sebaiknya dipilih waktu ketika komputer tidak akan digunakan. Misalnya pada malam hari.

6. Klik “Save Settings and Run Backup” lalu “Back Up Now” untuk memulai backup pertama dan menyimpan pilihan cadangan.
Back up dapat berlangsung beberapa menit atau hingga satu jam, tergantung pada apa yang diback up.
Setelah selesai, sumber eksternal dapat dilepaskan.

Cara backup otomatis dan terjadwal dengan Task Scheduler

.
Untuk backup otomatis yang terjadwal, bisa digunakan Task Scheduler untuk mengatur pengingat dan menghubungkan kembali sumber cadangan eksternal.

1. Klik “Start | Control Panel | System and Security | Administrative Tools” kemudian pilih “Task Scheduler”

2. Pilih “Create Basic Task” di panel Actions di sisi kanan layar.
Masukkan nama dan deskripsi untuk tugas, klik “Next” dan pilih pemicu untuk tugas pada frekuensi yang sama sebagai backup. Jika menjalankan backup bulanan, misalnya, mengatur pengingat bulanan sebelum waktu cadangan.

3. Klik “Next,” kemudian pilih waktu dan hari untuk memberi peringatan. Pilih “Display a Message” atau “Send an Email” tergantung, apakah ingin menerima email atau pesan popup yang akan mengingatkan untuk menghubungkan drive eksternal atau disk atau tidak.
Masukkan pengaturan untuk pesan – baik pengaturan surat atau isi pesan yang akan ditampilkan.

4. Setelah itu komputer akan Meninjau tugas yang diberikan, lalu klik “Finish” untuk menyelesaikan.

Direkomendasikan untuk anda :

You may like these posts