Cara Menyimpan Telur Ayam Supaya Bertahan Lama

Cara Menyimpan Telur Ayam Supaya Bertahan Lama


Anda pasti tahu telur ayam bukan ? Pasti.
Tetapi bisa jadi anda belum tahu permasalahan yang kerap terjadi pada telur ayam ini. 

Di Indonesia ( dan juga di beberapa negara lainnya ) telur ayam merupakan sumber makanan yang paling digemari. Telur ayam merupakan sumber nutrisi makanan yang dapat memberi asupan protein dengan kadar yang cukup tinggi.
Selain mudah didapatkan dan harganya yang relative sangat murah, telur ayam dapat dengan mudah digunakan untuk berbagai variasi makanan lainnya. Mulai dari sekedar sebagai lauk pauk sampai beraneka ragam kue-kue. 

Dipercaya khasiat telur ayam - khususnya ayam kampung - baik untuk menambah vitalitas dan stamina. Sehingga telur ayam kampung ini sering dijadikan bahan campuran untuk membuat ramuan jamu atau obat berkhasiat.
Para olahragawan seringkali menelan telur ayam mentah ketika mau bertanding untuk menambah stamina dan daya tahannya. 

Telur ayam yang paling disukai adalah telur ayam yang masih segar dan muda.
Hanya masalahnya, telur ayam umumnya tidak bisa tahan terlalu lama.
Telur ayam yang disimpan terlalu lama biasanya akan berubah tekstur, rasa dan aromanya. Terlebih jika cara penyimpanannya tidak baik dan benar, telur ayam akan cepat menjadi busuk.
Dan jika sudah seperti ini maka telur ayam akan kehilangan khasiatnya dan tidak layak lagi untuk dikonsumsi. 

Saat ini, dengan majunya teknologi, sebenarnya tidak ada masalah yang terlalu besar dalam penyimpanan telur ayam ini. Dengan penggunaan kulkas atau lemari pendingin, maka telur ayam dapat disimpan dengan waktu lebih lama bila dibanding disimpan dengan cara yang biasa.
Masalahnya adalah, bagaimana jika tidak mempunyai almari pendingin atau dalam keadaan dimana tidak tersedia lemari pendingin untuk menyimpannya. 

Bagaimana cara menyimpannya ? 

Cara sederhana ini mungkin dapat membantu anda untuk menyimpan telur ayam sehingga mampu bertahan lebih lama. 

Bahkan dengan cara yang sangat sederhana pula, telur ayam dapat disimpan dalam waktu sampai 8 minggu, dan itu tanpa lemari pendingin. Luar biasa. 

Caranya adalah ketika akan menyimpan telur ayam ( tanpa lemari pendingin ) oleskan minyak kelapa secara merata pada permukaan kulit luarnya. Setelah itu simpan di tempat yang anda suka.
Dengan cara sederhana ini telur ayam akan mampu bertahan bahkan sampai selama 8 minggu, dengan kondisi tetap segar tanpa kehilangan rasa dan kualitasnya. 

Ternyata cara ini telah dibuktikan berdasarkan hasil penelitian tim peneliti dari Usavela State University ketika mencari cara menyimpan telur ayam supaya dapat bertahan dalam waktu yang lama tanpa mempengaruhi rasa dan mutu gizinya

Share this:

Disqus Comments