-->

10 Cara Pintar Memilih Web Hosting

Ketika telah memutuskan untuk tidak menggunakan layanan web gratis, maka anda harus segera memutuskan untuk menggunakan jasa layanan web hosting sendiri. 
Sepintas, untuk memilih web hosting sepertinya sangat mudah. 
Tinggal buka dan cari di mesin pencari, jasa dapat langsung layanan ditemukan. Terlebih lagi saat ini memang ada begitu banyak jasa layanan web hosting. 
Namun demikian jika anda tidak berhati-hati dalam memilihnya, bisa dipastikan akan rugi sendiri. 
Contoh yang paling mudah adalah situs yang sering down atau tidak bisa diakses.

10 Cara pintar memilih Web Hosting ini mungkin bisa membantu anda, saat telah memutuskan untuk menggunakan jasa layanan web hosting berbayar : 

1. Lokasi dimana Server berada 

Mengapa lokasi server adalah hal penting ? 
Sebab pada kenyataannya lokasi dimana sebuah server berada juga akan sangat mempengaruhi kestabilan sebuah situs. Dalam kaitannya dengan hal ini, langkah pertama yang harus dipastikan adalah siapa dan dimana target pemirsa utama dari situs anda. 
Ketika anda mentargetkan negara Indonesia ( lokal ) sebagai sasaran utama situs anda, lebih baik digunakan hosting dengan lokasi server yang berada di Indonesia. 
Sedangkan jika wilayah global adalah target anda sebaiknya gunakan hosting yang servernya berlokasi di negara Singapura atau USA. Sebab kedua negara ini telah terkenal dengan kestabilan koneksi Internetnya. 

2. Bagaimana dengan kecepatan dan Spesifikasi Server ? 

Hal kedua yang perlu anda tanyakan adalah tentang kecepatan dan spesifikasi server yang akan anda gunakan. 
Sebagai patokan mudah, semakin tinggi spesifikasinya, semakin layak untuk jadi pilihan anda. 
Namun pada umumnya spesifikasi minimum untuk server adalah Quad Core Processor dan RAM minimum 8GB. ( Namun hal ini tergantung dengan jumlah clientnya juga ). 
Apabila penyedia layanan web hosting tidak mencantumkannya, sebaiknya anda menanyakannya. 
Dengan server yang mumpuni maka situs anda juga akan cepat pula loadingnya, yang bahkan tetap bisa diakses dengan koneksi lambat, sehingga pemirsa akan merasa nyaman. 

3. Siapa dan berapa banyak jumlah pelanggannya 

Ketika sebuah hosting provider memiliki pelanggan / client dari situs terkenal dengan pengunjung yang sedemikian membludak itu bisa berarti bahwa hosting tersebut memiliki kualitas, sehingga situs berkelas “berani” mempercayakan situsnya kepadanya. 
Tentang jumlah pelanggan / client sebenarnya sedikit agak membingungkan juga. 
Jika sebuah layanan Hosting Provider memiliki pelanggan dalam jumlah yang berlimpah, itu artinya layanan tersebut ( biasanya ) cukup berkualitas dan terpercaya. 
Namun ketika jumlah client terlalu banyak, juga bisa berakibat “rebutan”. 

4. Ketersediaan Bandwith 

Perhatikan jumlah bandwith yang tersedia, jangan sampai situs anda down karena keterbatasan bandwith. Opsi pintar lainnya adalah dengan menggunakan web hosting yang menyediakan bandwith tidak terbatas (UNMETERED), namun dengan harga terjangkau. 
Dengan cara seperti ini anda tidak perlu memikirkan masalah bandwith.

5. Harga yang harus dibayar 

Pepatah mengatakan “ada rupa, ada harga”. Mencari penyedia layanan hosting yang murah tapi sangat berkualitas, tentu akan sangat susah. 
Namun sebaliknya harga yang tinggi tidak selalu menjamin kualitas. 
Pilihan yang tepat adalah memilih harga yang ekonomis, sesuai dengan pelayanan dan kualitasnya. Dan tentu saja sesuai dengan kemampuan anda. 
Jika dirasa perlu anda bahkan bisa bertanya kepada pemilik situs atau blogger lain tentang berapa harga yang pas untuk website anda.

6. Space Hosting atau kapasitas ruang penyimpanan 

Pastikan agar space hosting atau kapasitas ruang penyimpanan yang disediakan cukup untuk menampung file-file dari situs anda. 
Jika anda ngeblog satu hari satu postingan dengan satu gambar, space atau ruang sebesar 1GB mungkin sudah sangat cukup. Namun karena sebuah situs pastinya akan selalu berkembang, maka sebaiknya pertimbangkan untuk memilih kapasitas / space hosting yang sedikit lebih besar di atas perkiraan. 
Jadi ketika anda berhasil mendapatkan hosting murah akan menjadi tidak berguna jika tidak memiliki space hosting atau ruang penyimpanan yang sangat kecil. 

7. Batasan Transfer Data 

Anda juga harus memastikan berapa besar data yang dapat ditransfer situs kepada pemirsa nantinya.
Dengan mendapatkan batas transfer yang cukup tinggi maka semua data yang dipublikasikan akan dapat dilihat oleh semua pemirsa. 
Batasan Transfer Data biasanya dihitung perbulan, misal 5 Giga per bulan. Anda dapat meng-upgradenya jika sewaktu-waktu diperlukan, namun ada biaya tambahan. 

8. Memiliki kecepatan dan kehandalan 

Anda tidak perlu lagi mempertanyakan hal ini. Sebab pastinya anda akan bête jika situs anda ternyata. Karena itu pastikan anda memilih layanan hosting yang tidak hanya memiliki kecepatan tetapi juga handal. Sebagai panduan sederhana, web hosting yang bagus dan berkualitas biasanya akan menyediakan versi trial untuk bisa dicoba oleh calon pelanggannya. Anda bisa memanfaatkan versi ini dengan baik.

9. Support dan Customer Service 

Mengapa hal ini menjadi sangat penting ? 
Sebab kemana lagi anda akan complain atau sekedar berkeluh kesah ketika situs anda yang sering error atau down, terkecuali ke Customer Service penyedia jasa layanan yang anda gunakan. 
Penyedia jasa hosting yang bisa memberikan layanan / custumer service terbaik, patut menjadi pertimbangan anda. 
Bahkan sebisa mungkin pastikan agar penyedia Hosting bertanggung jawab dengan menyediakan layanan customer service selama 24 Jam. 
Semakin banyak fitur bantuan yang diberikan semakin baik bagi anda. 

10. Bisa Add On Domain 

Yang dimaksud dengan Add On Domain adalah suatu layanan yang di berikan penyedia hosting agar pelanggan bisa menjalankan banyak domain dalam satu akun hosting. 
Dengan kalimat yang lebih sederhana, Add on domain adalah domain yang ditambahkan dalam satu account hosting.
Meski Opsi ini sebenarnya sifatnya optional, namun jika ada akan sangat menguntungkan dan bisa menghemat pengeluaran. 
Dengan adanya opsi Add on domain maka pelanggan bisa mempunyai beberapa beberapa blog dalam satu akun tanpa biaya tambahan. 

Nah, itulah 10 cara pintar memilih Web Hosting yang bisa anda gunakan sebelum memilih dan menentukan jasa layanan hosting berbayar. 

Ada baiknya anda menyimak dengan cermat. Sebab tentunya akan sangat rugi jika anda telah mengeluarkan cukup banyak uang, namun hasilnya tidak memuaskan. 
Untuk daftar web hosting yang bisa digunakan, lihat ini :

You may like these posts