-->

Kamu, Tidak Bisa Disebut Pemain Futsal Sejati Jika Belum Tahu Berapa Ukuran Lapangan Futsal Yang Sebenarnya !

Bisa jadi, kamu termasuk salah seorang sering bermain oleh raga Futsal. 
Tidak hanya penggemar, tetapi mungkin malah sudah pada tahap pecandu. Hampir setiap hari bermain Futsal. 

Tetapi meski begitu, kamu belum bisa disebut sebagai Futsaler atau pemain Futsal yang sejati jika ternyata belum tahu berapakah ukuran lapangan Futsal yang sebenarnya. 

Jadi coba tes saja, apakah kamu memang bisa ? Atau kamu malah merasa bingung ? 

Sebab pastinya kamu pernah mengalami, ketika bermain di sebuah lapangan Futsal rasa-rasanya kok agak sempit. Tetapi ketika kebetulan bermain di lapangan lainnya, kok…lapangannya lebih besar. 
Dan hal tersebut memang bukan perasaan kamu saja. 
Sebab pada faktanya ada lapangan Futsal yang agak sempit ( kecil ) namun ada pula lapangan Futsal yang lebih besar. 

Jadi mana yang benar ? 
Apakah kamu tahu berapa ukuran lapangan Futsal yang sebenarnya ? 
Dan jika kamu belum tahu berapa ukuran lapangan yang sebenarnya itu artinya kamu belum bisa disebut Futsaler atau pemain sejati. 
Itu baru ukuran lapangannya. 
Belum lagi dengan sejarah dan asal mula darimana Futsal ini berasal. 
Sebab meski masih satu “keturunan” dengan sepak bola, olah raga Futsal ternyata memiliki asal-usul yang jauh berbeda. 

Apakah kamu sudah tahu ? 

Dan jika kamu belum tahu, dan itu artinya kamu belum bisa disebut Futsaler atau pemain sejati, maka ada baiknya jika kamu membaca tuntas artikel ini. 


● Tahukah kamu , dari manakah asal usul Futsal ? 

Meski serupa tapi tak sama” dengan olahraga Sepak bola yang konon berasal dari negeri Inggris, maka olah raga Futsal jutsru berasal dari negara yang berbeda. 
Bahkan berbeda pula benuanya. 
Dan meski kata “Futsal” merupakan istilah internasional berasal dari bahasa Spanyol atau Portugis . 
Istilah “Futsal” merupakan kependekan dari kata “fotbol” dan “sala”

● Tahukah kamu jika Pele, sang legenda sepak bola dunia ternyata mengasah kemampuannya lewat Futsal ? 

Kaget ya..sebab ternyata sang maetro sepak bola “saingan” dari Diego Maradona ini ternyata juga mengembangkan bakatnya di futsal. 
Sebab sepertinya Futsal ini kan baru sangat populer di tahun-tahun belakangan ini. 
Tapi harap tahu saja olah raga Futsal ini sebenarnya telah dipopulerkan oleh Juan Carlos Ceriani pada tahun 1930 di Montevideo, Uruguay. Yang sejak itu, futsal mendapat perhatian yang cukup besar di seluruh Amerika Selatan, terutama negara di Brasil. 
Hanya saja kepopulerannya memang masih kalah dengan sepak bola. Futsal “kalah awu”. 

● Tahukah kamu, bagaimana cara bermain Futsal yang sebenarnya ? 


Seperti disinggung di atas tadi, Futsal memang masih keturunan dan serupa tapi tak sama dengan sepak bola. Futsal juga merupakan olah raga yang dimainkan oleh 2 ( dua) tim, dimana tujuannya adalah memasukkan ( atau mengegolkan ) bola ke gawang lawan dengan menggunakan seluruh anggota badan kecuali tangan. 

● Tahukah kamu, aturan permaian Futsal dan seperti apa Ketentuan teknis tentang pemain Futsal ? 

- Setiap tim Futsal juga memiliki pemain cadangan. Hanya saja pemain yang boleh berlaga di lapangan hanya sejumlah 5 orang pemain utama, yang salah satunya berperan sebagai penjaga gawang alias kiper. 
- Jumlah pemain cadangannya yang diijinkan bisa sebanyak 7 orang.
Dan enaknya, tidak ada batasan dalam jumlah pergantian pemain. 
- Dimana pergantian pemain ini dilakukan dengan metode "pergantian melayang", yaitu semua pemain kecuali penjaga gawang boleh memasuki dan meninggalkan lapangan kapan saja dan pergantian penjaga gawang hanya dapat dilakukan jika bola tak sedang dimainkan dan dengan persetujuan wasit. 
- Dan ketika – seumpama – para pemain rame-rame cedera, permainan tetap bisa diteruskan terkecuali jika jumlah pemain yang masih bisa berlaga hanya tinggal 2 orang saja. 
Itu artinya pertandingan harus diakhiri. 

● Berapa lama waktu permainan Futsal harus dilakukan ? 

- Secara normal, lama waktu pertandingan Futsal adalah 2x20 menit, dengan istirahat selama 10 menit.
Jika terjadi perpanjangan, yaitu apabila hasil pertandingan masih berimbang pada waktu pertandingan normal 2x20 menit, maka waktu yang diberikan adalah 2x5 menit. 
- Dan apabila hasil pertandingan ternyata masih berimbang setelah perpanjangan waktu, maka akan diadakan adu penalti dengan maksimal 5 gol. 
- Untuk Time-out diberikan 1 per tim per babak, tidak ada dalam waktu tambahan dan Waktu pergantian babak: maksimal 10 menit 

● Tahukah kamu tentang keunikan wasit Futsal ? 

Berbeda dengan sepak bola yang hanya 1 orang, wasit untuk permainan Futsal justru sebanyak 2 orang, namun tidak ada hakim garis dalam permainan ini. 
Uniknya, meski bertugas sebagai pengadil lapangan, wasit justru tidak boleh menginjakkan kakinya di arena lapangan. 
Wasit hanya boleh berada di luar garis lapangan , terkecuali jika ada pelanggaran-pelanggaran yang mengharuskannya memasuki lapangan. 

● Lalu kembali pada pertanyaan awal di atas, tahukah kamu berapa ukuran lapangan Futsal ? 

Kamu mungkin mengalami, jika lapangan Futsal yang pernah kamu gunakan, menurut perasaanmu ternyata berbeda ukurannya. 

Hal itu memang benar, sebab ukuran lapangan Futsal “boleh” memiliki ukuran minimal atau maksimal, selama masih sesuai dengan ketentuan. 

Yang perlu kamu tahu adalah bahwa : 


- Ukuran lapangan Futsal memiliki panjang 25 - 43 m dengan lebar 15 - 25 m
- Untuk garis pembatasnya memiliki lebar 8 cm, yang berada di garis sentuh di sisi, garis gawang di ujung-ujung, dan garis melintang tengah lapangan; 3 m lingkaran tengah; tak ada tembok penghalang atau papan 
- Untuk daerah pinalti berbentuk busur ( melengkung ) dengan ukuran 6 m dari masing-masing tiang gawang, dimana titik penaltinya berada 6 m dari titik tengah garis gawang. 
Dan berbeda dengan sepak bola, dalam Futsal terdapat titik penalti kedua yang berjarak 10 m dari titik tengah garis gawang. Sedangkan gawang Futsal memiliki tinggi 2 m dengan lebar 3 m 
- Lapangan Futsal juga memiliki persyaratan, yaitu permukaan daerah pelemparan harus halus, rata, dan tak abrasive. Dengan Zona pergantian daerah 5 m (5 m dari garis tengah lapangan) pada sisi tribun dari pelemparan 

● Dan tahukah apa dan bagaimana persyaratan untuk bola yang digunakan untuk bermain Futsal ? 

Bola yang digunakan untuk Futsal ukurannya adalah 4, dengan keliling: 62 - 64 cm, berat: 0,4 - 0,44 kg, lambungan 55-65 cm pada pantulan pertama, serta terbuat dari bahan kulit atau bahan yang cocok lainnya (yaitu bahan-bahan yang tidak berbahaya) 

● Tahukah kamu tentang kejuaraan Piala Dunia Futsal ? 

Seperti layaknya kejuaraan piala dunia sepak bola, pada Futsal ada juga Kejuaraan Piala Dunia Futsal. Pertandingan internasional Futsal yang pertama diadakan pada tahun 1965,yaitu dalam Piala Amerika Selatan pertama, dimana pada kejuaraan tersebut Paraguay keluar sebagai juara pertama. 
Namun pada 6 pertandingan kejuaraan Piala Amerika Selatan berikutnya yang diselenggarakan hingga tahun 1979, semua gelar juara dibabat habis oleh negara Brasil. 
Sedangkan Kejuaraan Piala Dunia Futsal yang pertama diadakan pada tahun 1982, berkat adanya bantuan dari FIFUSA. Dimana Kejuaraan Piala Dunia Futsal yang pertama tersebut, lagi-lagi Brasil berhasil menggondol gelar juara pertama. 

● Apakah dengan bermain Futsal bisa menjadikan tim sepak bola sebuah negara menjadi semakin kuat ? 

Segala kemungkinan bisa saja terjadi... 
Namun yang jelas, di negara-negara Amerika Selatan dimana olahraga Futsal pertama kali dikenal dan dipopulerkan menunjukkan bahwa para pemain tersebut rata-rata memiliki kemampuan teknis dan skill yang relatif lebih tinggi. 
“Dampak ajaib” dari Futsal juga ditunjukkan oleh negara Islandia pada kejuaraan Piala Eropa tahun 2016 ini. 
Meski termasuk negara yang “miskin” dengan lapangan sepak bola – sebab wilayah negara Islandia memang tidak sangat luas dan sangat dingin lagi – namun tanpa diduga dan tanpa disangka, bagaikan mimpi negeri es ini berhasil menumbangkan tim-tim papan atas yang lebih difavoritkan dan berhasil melaju ke babak selanjutnya. 
Hal ini – konon – karena di Islandia banyak terdapat stadiun Futsal yang digunakan untuk “berlatih sepak bola”, konon. 

● Bisakah negara Indonesia meniru negara Islandia dalam sepak bola dengan cara menggalakkan Futsal ? 

Moga-moga saja. Mungkin kamu yang mengaku sebagai Futsaler atau pemain Futsal sejati lebih bisa menjawabnya. 
Ini sepatu bola yang keren :

You may like these posts