Jadi Master Pokemon GO ? Pelajari Nama Karakter Pokemon Beserta Kekuatan Dan Kelemahannya

Jadi Master Pokemon GO ? Pelajari Nama Karakter Pokemon Beserta Kekuatan Dan Kelemahannya

Bila ditelusur hingga ke akarnya, Pokemon Go pada dasarnya “diangkat” dari sebuah animasi dan video Pokemon. 

Pokemon sendiri merupakan gabungan dua kata yang disingkat, yaitu dari Pocket Monsters, yang dalam bahasa Jepang diucapkan sebagai (ポケットモンスター Poketto Monsutā). 

Arti harfiahnya adalah “Monster Saku”. 
Dinamakan demikian karena monster-monster yang ada sangat kecil sehingga bisa dimasukkan ke dalam saku ( padahal biasanya yang dinamakan monster, pastilah besar-besar ). 

Pokemon sendiri awalnya dibuat di negara Jepang oleh Satoshi Tajiri, dengan dibantu pembuat ilustrasi gambar karakter bernama Ken Sugimori. 
Karena itulah karakter yang ada pada Pokémon GO pada dasarnya adalah karakter dalam Pokemon di atas, yang seumpama dihitung dan didaftar secara rinci jumlahnya akan sangat banyak, bisa mencapai hingga ratusan karakter ( hampir sekitar 700 karakter ). 
 Karena itu para pemain pastinya akan sangat sulit untuk menghafal semua karakter Pokemon satu persatu. 

● Daftar nama karakter Pokemon yang “wajib” diketahui 

Namun demikian dari sekian ratus karakter, ada beberapa karakter Pokemon yang sudah begitu dikenal. 

Beberapa nama Karakter Pokemon Go yang paling terkenal yang sebaiknya dan perlu diketahui antara lain : 

Pikachu, Bulbasaur, Ivysaur, Venusaur, Charmander, Charmaleon, Charizard, Squirtle, Wartortle, Blastoise, Caterpie, Metapod, Pidgey, Arbok, Sandshrew, Sandslash, Paras, Parsec, Meowth, Mew, Mewto, Golem, Onix, Koffing, Weezing, Ditto, Eevee, Omanyte, Omanstar, Kabuto, Kabutop, Aerodactyl, Mew, Mewtwo, Chikorita, Bayleef, Meganium, Cyndaquil, Quilava, Thplosion, Totodile, Croconaw, Feraligatr, Marill, Unown, Wobuffet, Steelix, dan masih banyak lagi untuk disebut satu persatu. 

● Nama karakter Pokemon Langka 

Selain karakter-karakter pokemon di atas masih ada lagi karakter Pokémon yang termasuk spesies langka. Disebut langka sebab beberapa karakter pokemon ini kebanyakan hanya bisa dilihat, sangat sulit untuk bisa ditangkap dan dipertarungkan, terkecuali melalui event tertentu (limited edition event) atau dengan menggunakan kode- kode curang. 

Beberapa karakter yang termasuk daftar Pokémon langka antara lain : 

Mew, Celebi, Jirachi, Deoxys, Darkrai, Manaphy, Shaymin, Arceus, Reshiram, Zekrom, Victini, Keldeo, Genesect, Xerneas, Yveltal 

● Keunikan asal-usul nama karakter Pokemon, arti dan kontroversinya 

Bila dicermati, nama-nama karakter Pokemon boleh dibilang agak aneh dan unik. Dan itu memang benar. Meski aslinya berasal dari Jepang, nama-nama karakter Pokemon tidak hanya menggunakan kata atau nama Jepang belaka. 
Nama-nama karakter Pokemon justru diambil dan diadopsi dari berbagai bahasa ( negara ). Pertama, tentu dari nama atau istilah Jepang sendiri, kemudian dari istilah bahasa Inggris, Perancis, Spanyol, Mandarin hingga bahasa Suryani dan istilah-istilah ilmu sihir. 

Uniknya lagi, asal-usul nama karakter Pokemon umumnya merupakan dua buah kata ( bisa berbeda asal bahasanya ) dimana masing-masing kata disingkat, kemudian digabungkan. 
Meskipun ada juga nama karakter Pokemon yang sekedar pembalikan nama aslinya 

Sebagai contoh : 
Karakter Venusaur yang mengacu kepada "Venus Flytrap" ( sejenis tumbuhan pemakan serangga ) dan kata "Saurus" yang berarti kadal besar, lalu disingkat dan digabung menjadi “Ivysaur”. 
Karakter Charmander berasal dari bahasa inggris "Char" yang bisa berarti arang atau membakar hingga menjadi arang dan "Salamander" atau kadal api (karena warnanya merah).
Pikachu berasal dari gabungan kata "Pika" dan "Chu". 


Pika adalah nama hewan sejenis tikus Jepang. Sedangkan "Chu" adalah kata yang digunakan untuk menggambarkan suara tikus. 

Sedangkan yang hanya berupa pembalikan kata misalnya : 
Ekans, coba baca dari belakang, jadinya “snake” 
Arbok, coba baca dari belakang, jadinya “kobra” 

Meski dibilang unik, nama-nama karakter Pokemon juga sempat menimbulkan kontroversi sehingga dilarang di beberapa negara. 
Sebagai contoh nama karakter Pikachu, ditengarai merupakan bahasa Suryani yang berarti “jadilah Yahudi”. Sedangkan nama Pokemon sendiri dalam bahasa yang sama memiliki arti “Aku Yahudi”. 

Entah merupakan sebuah ketidak sengajaan atau tidak yang jelas, nama-nama dan karakter Pokemon dianggap sebagai kontroversi. karena dianggap tendensius dan cenderung bermuatan SARA. 
Termasuk bagi umat Kristiani atau bahkan kaum Yahudi sendiri. 

● Beberapa tipe Pokemon beserta Kekuatan dan Kelemahannya 

Meski ada sekian banyak nama dan karakter Pokemon, namun secara garis besar karakter-karakter Pokemon tersebut dapat digolongkan berdasarkan tipenya. 

Tipe Pokemon ini digolongkan bisa berdasarkan dari asal, sifat atau kemampuannya. Berikut adalah tipe Pokemon beserta Kekuatan dan Kelemahannya : 

- Tipe Pokemon Fire atau Pokemon Api 

Sesuai namanya tipe Pokemon Fire ini dapat dengan mudah dikenali melalui tanda atau simbol api di salah satu bagian tubuhnya. 
Tipe pokemon api bisa ditemukan di gunung berapi, gua atau tempat sumber api. 
Pokemon Fire merupakan salah satu tipe Pokemon terkuat, sehingga sangat baik digunakan untuk bertarung di Poke Gym. Tipe pokemon memiliki kekuatan membakar lawannya. 
Dalam sebuah pertarungan pokemon api dapat digunakan untuk mengalahkan pokemon tipe bug, pokemon ice, pokemon grass atau pokemon steel. Namun pokemon jenis ini bisa dikalahkan oleh pokemon tipe rock, pokemon dragon, pokemon water atau sesama jenis pokemon api. 

- Tipe Pokemon Ice atau Pokemon Es 

Untuk mendapatkan pokemon jenis es bisa ditemukan di daerah yang dingin, seperti gua, gunung es atau kutub. 
Kemampuan pokemon ice adalah handal dalam bertahan di cuaca yang sangat dingin serta mampu mengendalikan air dan atau es. 
Kekuatan utama dari pokemon es adalah membekukan musuhnya. 
Jenis pokemon ini sangat baik digunakan untuk mengalahkan pokemon jenis Grass, pokemon Ground, pokemon Flying dan pokemon api. 
Kelemahannya adalah terhadap pokemon air, ia akan dapat dengan mudah dikalahkan. 

- Tipe pokemon Flying 

Pokemon Flying adalah jenis pokemon yang memiliki kemampuan untuk terbang. 
Untuk mendapatkan pokemon jenis ini pemain harus mencarinya di tempat-tempat yang tinggi. 
Kekuatan utama dari pokemon flying atau pokemon terbang adalah mengendalikan angin dan udara. 
Dalam pertarungan, Pokemon flying dapat mengalahkan pokemon jenis bug, pokemon grass dan pokemon fighthing. Namun pokemon flying dapat dikalahkan oleh pokemon jenis steel, rock ataupun pokemon jenis elektrik. 

- Tipe Pokemon Fighthing 

Pokemon bug memiliki kemampuan yang hebat dalam memukul dan menendang sehingga bagian tubuhnya lengkap seperti manusia.
Dimana kemampuan bertarungnya bergantung kepada Combat Power dan tingkat evolusinya. 
Dalam pertarungan pokemon fighting dapat mengalahkan pokemon jenis rock, pokemon normal, pokemon ice, pokemon dark, dan pokemon steel. Namun pokemon fighting akan kalah oleh pokemon ghost, pokemon bug, pokemon fairy dan pokemon Poison. 

- Tipe Pokemon Bug 

Pokemon tipe bug dapat ditemukan di hutan atau padang rumput. 
Dan sesuai namanya “bug” atau serangga, pokemon jenis ini memiliki kemampuan untuk bertumbuh dan berubah dengan sangat cepat. 
Pokmeon tipe ini bagus digunakan untuk melawan pokemon tipe grass, dark dan pokemon Physic. Namun akan kalah jika bertarung dengan pokemon listrik, pokemon api, pokemon flying, pokemon poison dan pokemon steel. 

Nah, jika bertarung di Poke Gym usahakan pilih dan gunakan salah satu tipe pokemon di atas sesuai dengan jenis pokemon lawan, sehingga dapat dengan mudah mengalahkannya dan jadi master pokemon GO

Sebelumnya simak juga cara bermain Pokemon GO :

Bila Artikel Ini Bermanfaat, Tolong Bagikan :

Disqus Comments
Menarik Untuk Dilihat :