-->

Trik Cara Merawat Accu Hingga Bisa Digunakan Selama 4 Tahun

Saat ini ada begitu banyak merk Accu yang beredar di pasaran, dengan masing-masing kualitas dan masing-masing harga. 
Lihat : 
Namun secara garis besar hanya terdapat 2 jenis Accu, yaitu : 
1. Accu basah 
2. Accu kering, yang sering disebut dengan Accu Maintenance Free atau Accu MF 

Accu basah adalah Accu yang menggunakan cairan pada elektrolitnya, yang dalam hal ini yang umum digunakan adalah larutan Sulftat. 
Sedangkan Accu kering adalah Accu yang mengunakna gel pada elektrolitnya. 

Meski terdapat perbedaan seperti di atas, namun pada umumnya setiap jenis Accu memiliki batasan umur pakai tertentu. Tergantung jenis dan kualitasnya, umur pakai biasanya berkisar antara 1,5 tahun sampai 2,5 tahun. Itupun tergantung juga dengan cara perawatannya. 
Dan ketika umur pakai Accu telah habis, Accu biasanya dibuang. 

Namun dengan perawatan yang baik, masa pakai bisa diperpanjang lebih lama lagi. 
Dari pengalaman pribadi - dengan perawatan yang baik - sebuah Accu ( dalam hal ini Accu basah ) bahkan bisa diperpanjang masa pakainya hingga 4 tahun. 

Lalu bagaimana Cara Perawatan Accu yang baik Hingga Bisa Digunakan Selama 4 Tahun ? 


Untuk bisa melakukan seperti yang di atas, hal pertama yang harus diketahui adalah dengan mengetahui penyebab kerusakan Accu atau mengapa Accu bisa menjadi soak. 
Kerusakan pada Accu yang paling umum dan paling sering adalah terjadi pada bagian sel-sel Accu, sehingga akan mempengaruhi “strum”nya. 
Kerusakan Accu tersebut bisa berupa
- Tidak bisa menyimpan strum secara normal ( Accu cepat habis ) 
- Tidak bisa di recharge atau distrum ulang 
- Rusak total atau soak 

Hal tersebut bisa diketahui kondisinya baik dari pemakaian secara langsung, dan yang lebih pasti diketahui dengan cara mengukur baik pada arus ataupun voltase Accu dengan menggunakan alat pengukur. Baik dengan multitseter, voltmeter atau ampere meter. 
Atau bisa juga digunakan alat Hidrometer untuk mengukur dan mengetahui “kadar asam” atau lebih tepatnya berat jenis elektrolit dalam Accu. 

Sedangkan pada Accu keluaran terbaru lebih praktis lagi. 
Sebab produk Accu terbaru biasanya telah dilengkapi dengan indikator. Ketika indikator berwarna hijau berarti kurang, putih normal, atau merah batas maksimum. 
( Pada beberapa merk Accu penunjukkan warna indikator bisa berbeda ). 

Sebuah Accu menjadi mengalami kerusakan seperti di atas karena mungkin saja sel-sel Accu tersebut tertutup oleh kerak Sulfida yang bisa saja terjadi selama pemakaian. 
Dan selama sel-sel Accu belum rusak parah, misal patah, keropos dan sebagainya, Accu masih bisa diobati dan diperbaiki. 

Cara merawat Accu ( dan memperbaiki ) hingga bisa diperpanjang masa pakainya pada intinya adalah dengan menjaga dan menghilangkan terjadinya kerak Sulfida pada sel. 
Hal ini bisa dicapai antara lain dengan melakukan beberapa langkah berikut : 

- Menjaga sistem koneksi kelistrikan 

Artinya jaga agar jangan sampai ada kabel-kabel yang terkelupas dan atau terjadi korsleting. Terjadinya hubungan pendek, dapar menjadikan sel-sel Accu cepat rusak. 

- Tidak menggunakan Accu secara berlebihan 

Dalam hal ini tidak berlebihan dalam penggunaan ( out put ), dan juga tidak berlebihan dalam pemasukan ( in put ). Ketika Accu digunakan secara berlebihan biasanya akan bisa mengakibatkan Accu menggelembung karena rusak selnya. 

- Menjaga jumlah atau ketinggian cairan dalam Accu hingga tidak sampai terjadi kekeringan 

Jika cairan dalam Accu kurang atau bahkan kering, bisa diduga akibatnya. Accu tidak bisa menyimpan arus dan sel Accu ceoat rusak. 

- Menjaga berat jenis Accu agar selalu dalam kondisi yang normal 

Kaitannya dengan menjaga jumlah cairan dalam accu yang lebih tepat sebenarnya adalah untuk menjaga agar berat jenis larutan elektrolit berada pada berat jenis yang tepat. 
Sebab sebagaimana diketahui sebuah larutan elektrolit dapat bekerja secara optimal ketika memiliki berat jenis tertentu. Berat jenis cairan dalam Accu dikatakan normal ketika berada pada kisaran 1,26. 

- Menjaga agar jangan sampai terjadi kerak Sulfida yang menempel pada sel 

Pada proses penggunakan sebenarnya akan selalu terjadi kerak Sulfida. Artinya hal seperti ini selau saja terjadi. 
Namun pengguna bisa mencegahnya agar kerak ssulfida ini menempel pada sel dan menghalangi arus. 
Cara yang bisa dilakukan adalah dengan melakukan pembersihan cairan accu secara teratur dan berkala. Secara periodik, kuras cairan accu dan bersihkan bagian dalamnya. 

Lalu bagaimana jika kerak sudah terlanjur terlalu banyak menempel pada sel Accu yang kemudian biasanya menjadikan Accu tidak bisa menyimpan strum dan soak. 
Untuk mengatasi hal ini mau tidak mau adalah dengan melakukan tindakan “ekstra”, yaitu pembersihan total Accu untuk merontokkan dan melarutkan kerak. 
Untuk meluruhkan tumpukan garam komplek sulfat yang menempel pada dinding sel aki dalam hal ini bisa digunakan beberapa bahan kimia. 
Dalam hal ini bisa digunakan EDTA, Magnesium Sulfat atau beberapa bahan lainnya. 

Setelah dikuras dan dibersihkan total dari kerak, Accu diisi kembali dengan Air Zuur lalu dicharge ulang sesuai dengan batas voltase yang diijinkan untuk masing-masing Accu. 
Dan untuk keberhasilan proses recharge ini pada langkah awal sangat disarankan untuk dilakukan tegangan kejut. 

- Kemudian untuk tindakan pencegahan atau meminimasi agar kerak sulfida tidak menempel kembali,

Saat penggunaan, cairan accu bisa ditambahkan dengan sedikit bubuk EDTA ( cara ini juga bisa dilakukan pada Accu yang masih “sehat”). 
Adanya senyawa EDTA dalam cairan Accu akan mengalangi kerak agar tidak menempel pada dinding Accu. Sebab senyawa EDTA akan menjadikan kerak Sulfida dalam bentuk bahan yang larut. 
Cara lengkapnya bisa dilhat di bawah ini : 

Nah, itulah Trik tentang bagaimana Cara Merawat Accu Hingga Bisa Digunakan Selama 4 Tahun. 

Yang jika diringkas menjadi sebuah kesimpulan singkat, bisa dirangkum menjadi 2 point pokok, yaitu : 

1. Menjaga agar jangan sampai terjadi kerak sulfida yang menempel pada dinding sel Accu, sehingga Accu bisa menjadi tidak optimal, rusak atau soak, 

2. Dan ketika terjadi kerusakan jangan buru-buru dibuang, namun diperbaiki sehingga Accu bisa berfungsi kembali, dengan catatan sel-sel Accu tidak patah, keropos atau hancur total, 
Dengan cara itulah maka umur pakai Accu bisa diperpanjang, yang dari pengalaman pribadi bisa mencapai hingga 4 tahun pemakaian. 
Selamat mencoba.

You may like these posts