-->

Cara Jitu Memperbaiki Accu Kering Atau Accu MF Yang Soak Atau Mati

● Jenis-jenis Accu 

Hingga kini dikenal dan dijual 2 macam Accu di pasaran. Yang pertama adalah Accu ( basah ) yang muncul lebih awal, dan yang kedua adalah Accu kering atau MF Battery atau Accu MF atau accu maintenance free yang muncul belakangan. 
Accu basah adalah jenis Accu yang menggunakan cairan sebagai media elektrolitnya. 
Sedangkan yang dimaksud dengan Accu kering adalah jenis Accu yang tidak menggunakan cairan, melainkan bentuk gel sebagai elektrolitnya. 

● Tentang Accu kering atau Accu MF 

Namun istilah maintenance free atau bebas perawatan sebenarnya tidak 100 persen bebas perawatan. 
Yang dimaksud dengan Maintenance free pada Accu kering disini lebih cenderung kepada bahwa Accu kering tidak perlu menambah ( ngejok ) air Accu secara berkala sebagaimana layaknya pada Accu basah. 

● Kelebihan Accu kering atau Accu MF 

Pada perkembangannya Accu kering mulai disukai oleh pengguna. Sebab Accu kering ini memang memiliki beberapa kelebihan, antara lain : 
- Sesuai namanya – Accu MF alias Maintenance Free – Accu kering relatif tidak butuh perawatan sebagaimana Accu basah – dalam hal ini tidak perlu menambah air Accu secara berkala 
- Accu kering lebih fleksibel dalam peletakannya. 
Mau ditaruh vertikal, horisontal atau miring, oke-oke saja. 
Sedangkan jika hal ini dilakukan pada Accu basah, cairan elektrolit ( air accu ) didalam Accu pasti akan tumpah. 
- Aki kering atau aki MF memiliki performa yang tinggi dan lebih tahan. 
Hal ini dikarenakan pada aki jenis ini menggunakan separator khusus.
- Karena elektrolit tidak berupa cairan, Accu kering relatif lebih tahan terhadap terjadinya korosi 

● Kekurangan Accu kering atau Accu MF 

Namun, meski memiliki kelebihan dalam segi perawatan, Accu kering juga memiliki beberapa kekurangan. Diantaranya adalah : 
- Harga accu kering relatif lebih mahal jika dibandingkan dengan harga Accu basah pada spesifikasi yang sama 
- Accu kering lebih sulit diperbaiki – dulunya bahkan tidak bisa diperbaiki – ketika telah soak atau rusak. Ketika Accu MF ini telah tidak bisa menyimpan strum, soak atau rusak, biasanya akan langsung dibuang.
Lihat juga :

● Cara memperbaiki Accu kering 

Namun bukan orang Indonesia namanya kalau tidak bisa “mengakali masalah kecil " seperti ini. 
Pada perkembangannya, setelah dilakukan otak-atik, sebuah Accu kering yang telah soak, rusak atau bahkan mati kini bisa diperbaiki kembali sebagaimana layaknya pada Accu basah. 

Untuk memperbaiki Accu kering yang soak atau mati hingga bisa nyetrum dan hidup kembali dapat dilakukan dengan cara berikut ini. 


Alat dan bahan yang dibutuhkan
- Kain lap 
- Pencungkil, bisa digunakan obeng minus atau pisau yang kuat atau alat sejenisnya. Gunanya untuk membuka penutup ( cover ) bagian atas Accu secara paksa 
- Palu kecil 
- Jarum suntik atau suntikan pipa printer. Gunanya untuk menginjeksi Air Zuur ke dalam bagian dalam ( gel ) Accu
- Air hangat, gunanya untuk mencuci
- Accu Zuur, untuk menambah elektrolit Accu 
- Lem silicon atau lem plastik ( lem tembak ), untuk merekatkan penutup atas Accu setelah dibuka 

● Langkah demi langkah untuk memperbaiki Aki Kering 

- Cuci bagian luar Aki ( box accu ) sehingga bersih, terbebas dari debu atau oli. Sebaiknya gunakan air hangat agar kotoran lebih mudah larut. 
- Keringkan dengan kain lap
- Perhatikan pada bagian atas Accu. Pada bagian ini terdapat penutup badan ( cover box ) Accu yang direkatkan dengan lem oleh pabrikannya 
- Buka paksa bagian penutup atas ini. 

 
Namun lakukan dengan hati-hati agar jangan sampai pecah atau robek. Dalam hal ini bisa digunakan pencungkil, obeng atau pisau yang kuat, dan palu kecil 
- Setelah terbuka, anda akan melihat penutup kecil yang biasanya terbuat dari karet bulat. 


Untuk aki kecil umumnya berjumlah 3 buah. Semakin besar ukuran accu, semakin banyak pula penutup karet yang bisa anda temukan. 
- Penutup karet ini untuk melindungi bagian dalam Accu, yang berfungsi sebagai elektrolit accu. 
- Buka penutup karet ini.Anda akan menemukan lubang. 
- Buka dan siapkan Accu zuur. Siapkan pula alat suntikan. 
- Sedot Accu zuur dengan alat suntik secukupnya 
- Masukkan jarum suntik kira-kira sedalam 1 cm. Setelah itu suntikkan accu zuur ke dalam lubang yang telah dibuka tutup karetnya tersebut 

- Lakukan secara perlahan. Jaga agar accu zuur tidak terlalu memenuhi lubang 
- Setelah selesai, lakukan pada keseluruhan lubang, hingga semua lubang terisi dengan accu zuur 
- Tempatkan kembali penutup karet di atas lubang. Tutup rapat-rapat dan pastikan cairan accu zuur tidak bocor atau merembes. Jika perlu gunakan lem silikon atau lem plastik 
- Setelah itu tampatkan kembali penutup bagian atas ( cover box ) Accu 
- Untuk merekatkan seperti semula bisa digunakan lem silikon. Namun akan lebih baik digunakan lem plastik ( lem tembak ) karena lebih kuat 
- Kini accu kering sudah siap disetrum ulang ( re-charge ) 
- Untuk pengisian ulang ( re charge ) sebaiknya digunakan trafo cas atau Charger Transformator. Namun jika tidak ada bisa digunakan sistem jumper dengan kendaraan yang dinyalakan. 


Lihat juga :
- Untuk keberhasilan proses re-charge, pada saat awal sebaiknya diberikan tegangan kejut. Setelah itu dicharge sesuai besaran arus / tegangan yang direkomendasikan pabrikan 
- Setelah beberapa waktu pengecasan, arus biasanya sudah mulai masuk dan tersimpan ke dalam Accu kering. 

Nah seperti itulah Cara Jitu Memperbaiki Accu MF Atau Accu Kering Yang Soak Atau Mati. 

Dari beberapa pengalaman, cara ini telah berhasil menghidupkan kembali aki kering yang telah soak atau mati. 
Sedikit info tambahan
Pada aki biasanya terdapat kode yang memberitahukan kapan pertama kali Accu tersebut di charge. Sebagai contoh jika tertulis kode 12.9.13, itu artinya Accu tersebut dicharge pertama kali oleh pabrikannya pada tanggal 12 September 2013. 
Semoga artikel ini bisa bermanfaat. 
Sedangkan agar Accu bisa tahan lebih lama, ini triknya :

You may like these posts