-->

Apakah Anda Termasuk Orang Yang Didoakan Oleh Malaikat ? Simak, Siapa Saja Orang-Orang Yang Didoakan Malaikat Berikut Ini

Coba bayangkan. 
Sudah didoakan.Oleh malaikat pula. 
Meski masalah diterima atau tidak diterima doanya merupakan hak mutlak dari sang Maha pencipta, namun jika ditinjau dari hukum probabylitas matematika, seseorang yang telah memiliki keutamaan hingga sampai didoakan oleh malaikat, secara logika matematika akan lebih besar kemungkinannya untuk dapat “diterima”. Sebab sebagai mahluk Tuhan yang sangat taat dalam mengerjakan kebajikan, serta dibersihkan dari dosa-dosa, malaikat tentu saja tidak akan “sembarangan” untuk mendoakan seseorang. 
Jadi alangkah beruntungnya jika seseorang sampai didoakan oleh masyarakat. 

Jika ingin tahu apakah anda termasuk salah seorang yang didoakan oleh malaikat, coba simak Siapa Saja Orang-Orang Yang Didoakan Malaikat berikut sebagaimana yang dikutip dari ummi-online ini : 

Orang yang makan sahur 
Hadisnya : 
”Sesungguhnya Allah dan para malaikat-Nya bershalawat (berdoa) kepada orang-orang yang sedang makan sahur” 
(HR Imam Ibnu Hibban) 

Orang yang berinfak 
Hadisnya : 
”Tidak satu hari pun dimana pagi harinya seorang hamba ada padanya kecuali 2 malaikat turun kepadanya, salah satu diantara keduanya berkata, ‘Ya Allah, berikanlah ganti bagi orang yang berinfak’. Dan lainnya berkata, ‘Ya Allah, hancurkanlah harta orang yang pelit (bakhil).’” 
(HR Imam Bukhari dan Imam Muslim dari Abu Hurairah, Shahih Bukhari1442 dan Shahih Muslim 1010) 

Orang yang mendoakan saudaranya tanpa sepengetahuan orang yang didoakan 
Hadisnya : 
“Do’a seorang muslim untuk saudaranya yang dilakukan tanpa sepengetahuan orang yang dido’akannya adalah do’a yang akan dikabulkan. Pada kepalanya ada seorang malaikat yang menjadi wakil baginya, setiap kali dia berdo’a untuk saudaranya dengan sebuah kebaikan, maka malaikat tersebut berkata ‘aamiin’ dan engkaupun mendapatkan apa yang ia dapatkan.’” 
(HR Imam Muslim dari Ummud Darda’, Shahih Muslim 2733) 

Orang-orang yang melakukan shalat shubuh dan ‘ashar secara berjama’ah 
Hadisnya : 
”Para malaikat berkumpul pada saat solat shubuh lalu para malaikat ( yang menyertai hamba) pada malam hari (yang sudah bertugas malam hari hingga shubuh) naik (ke langit), dan malaikat pada siang hari tetap tinggal. Kemudian mereka berkumpul lagi pada waktu solat ‘ashar dan malaikat yang ditugaskan pada siang hari (hingga shalat ‘ashar) naik (ke langit) sedangkan malaikat yang bertugas pada malam hari tetap tinggal, lalu Allah bertanya kepada mereka, ‘Bagaimana kalian meninggalkan hambaku?’, mereka menjawab, ‘Kami datang sedangkan mereka sedang melakukan shalat dan kami tinggalkan mereka sedangkan mereka sedang melakukan shalat, maka ampunilah mereka pada hari kiamat.’” 
(HR Imam Ahmad dari Abu Hurairah, Al Musnad no. 9140) 

Orang yang duduk di tempat shalatnya setelah melakukan shalat 
Hadisnya : 
“Para malaikat akan selalu bershalawat (berdoa) kepada salah satu diantara kalian selama ia ada di dalam tempat shalat dimana ia melakukan shalat, selama ia belum batal wudhunya,(para malaikat) berkata, ‘Ya Allah ampunilah dan sayangilah ia.’” 
(HR Imam Ahmad dari Abu Hurairah, Al Musnad no. 8106) 

Para malaikat mengucapkan ‘aamiin’ ketika seorang Imam selesai membaca Al Fatihah 
Hadisnya :
“Jika seorang Imam membaca ‘ghairil maghdhuubi ‘alaihim waladh dhaalinn’, maka ucapkanlah oleh kalian ‘aamiin’, karena barangsiapa ucapannya itu bertepatan dengan ucapan malaikat, maka ia akan diampuni dosanya yang masa lalu.” 
(HR Imam Bukhari dari Abu Hurairah, Shahih Bukhari 782) 

Orang yang menyambung shaf shalat berjamaah (tidak membiarkan kosong di dalam shaf) 
Hadisnya : “Sesungguhnya Allah dan para malaikat selalu bershalawat kepada orang-orang yang menyambung shaf-shaf.” 
(Para Imam yaitu Ahmad, Ibnu Majah, Ibnu Khuzaimah, Ibnu Hibban dan Al Hakim meriwayatkan dari Aisyah) 

Orang-orang yang berada di shaf barisan depan di dalam shalat berjamaah 
Hadisnya : 
“Sesungguhnya Allah dan para malaikat-Nya bershalawat kepada (orang-orang) yang berada pada shaf – shaf terdepan.” 
(Imam Abu Dawud dan Ibnu Khuzaimah dari Barra’ bin ‘Azib) 

Orang yang sedang duduk menunggu waktu shalat 
Hadisnya : 
”Tidaklah salah seorang diantara kalian yang duduk menunggu shalat, selama ia berada dalam keadaan suci, kecuali para malaikat akan mendoakannya ‘Ya Allah, ampunilah ia. Ya Allah sayangilah ia’.” 
(HR Imam Muslim dari Abu Hurairah, Shahih Muslim 469) 

Orang yang tidur dalam keadaan bersuci 
Hadisnya : 
”Barangsiapa yang tidur dalam keadaan suci, maka malaikat akan bersamanya di dalam pakaiannya. Dia tidak akan bangun hingga malaikat berdoa ‘Ya Allah, ampunilah hambamu si fulan karena tidur dalam keadaan suci.” 
(HR Imam Ibnu Hibban dari Abdullah bin Umar) 

Dapat diperhatikan, dari beberapa amalan-amalan utama yang di atas, sehingga sampai didoakan oleh malaikat, amalan yang paling banyak adalah tentang sholat dan atau yang berkaitan dengan shalat. 

Karena itu memang benar apa yang dikatakan bahwa shalat adalah tiang agama. Meninggalkan shalat adalah merubuhkan agama. 
Dan karena itu moga-moga kita semua dapat dan mampu, memperhatikan, mendirikan dan menjaga shalat. Sehingga mendapat keutamaan untuk didoakan oleh malaikat. 
Dan dengan didoakan malaikat dapat menjadi salah satu pintu keberkahan dan diamuni dosa-dosa kita oleh Tuhan Yang Maha Perkasa. 
Amin. 

Dan mungkin anda tertarik menyimak yang satu ini : 

You may like these posts