-->

Cara Mensiasati Ruangan Yang Sempit Dengan Tangga Meliuk

Pada rumah-rumah dengan lahan yang terbatas, salah satu cara untuk mensiasati keterbatasan tersebut biasanya adalah dengan membuat rumah bertingkat. 
Dengan membuat rumah bertingkat, maka luasan lahan bisa menjadi “ 2 kali lipat “ untuk 2 tingkat dan seterusnya. Makin banyak tingkat makin banyak pula kelipatannya. 

Namun untuk rumah bertingkat pasti selalu dibutuhkan sebuah tangga yang berfungsi untuk menghubungkan lantai dasar dengan lantai di atasnya. Dan ketika tidak pandai-pandai dalam menentukan posisi dan bentuk tangga, maka tangga penghubung ini bisa "memakan" ruang bawah dalam jumlah yang cukup besar. 
Sehingga ruang bawah yang memang sempit akan tampak semakin sempit, bahkan terkadang semrawut. 

Solusi yang paling praktis dan efisien adalah dengan menggunakan tangga vertikal. 
Namun bentuk tangga vertikal juga memiliki banyak keterbatasan. 
Meski sangat praktis dan efisien, tangga yang berbentuk seperti ini, pastinya tidak mungkin digunakan oleh kaum wanita apalagi orang-orang tua. 
Solusi lain yang umum digunakan orang adalah dengan memepetkan tangga pada dinding,kemudian memanfaatkan ruangan di bawah tangga untuk ruangan yang membutuhkan lahan sempit lainnya. 
Misalnya untuk kamar mandi, gudang penyimpanan barang atau sekedar untuk taman mini dalam ruangan. 
Lihat juga : 

Sebenarnya masih ada cara lagi untuk mensiasati ruangan rumah yang sempit. Yaitu dengan menggunakan tangga yang berbentuk “meliuk”. 

Bukan melingkar, tetapi meliuk. 
Sebab meski berbentuk hampir seperempat atau sepertiga lingkaran, kontur tangga ini memang “meliuk” mirip sebuah kontur jalan raya yang berbelok di daerah pegunungan. 
Dan karena memang konturnya meliuk, bagian bawah dari tangga akan terlihat miring, seperti tidak rata. Seperti ini contoh gambarnya : 




Dapat dilihat, meski tangga berkontur meliuk ini diletakkan di tengah-tengah ruangan, namun ruangan tetap bisa terkesan lapang. 
Ketinggian bawah tangga yang berbeda akibat adanya kemiringan menyebabkan bagian bawah tangga ini tetap bisa dimanfaatkan untuk ruangan lainnnya dengan bebas. 
Selain itu untuk memberikan kesan sebagiai ruangan yang luas, lantai atas ( dak ) dibuat tinggi. 
Sedangkan untuk menghemat penggunaan ruangan pada bagian bawah ( lantai dasar ) maka anak tangga dibuat agak lebih tinggi dari ketinggian anak tangga yang biasanya. 
Namun agar tetap aman dan nyaman bagi pengguna lebar pijakan anak tangga dibuat lebih lebar. 

Seperti itulah salah satu cara Mensiasati Ruangan Yang Sempit Dengan Bentuk Tangga Meliuk. 

Namun tentu saja cara tersebut merupakan salah satu contoh cara solusi. Dan tentu saja masih ada banyak cara lainnya yang bisa digunakan. Tergantung tata letak dan kreasi pembuatnya.

You may like these posts