-->

Ingin Jadi Astronot NASA ? Ini Lho, Lowongan Dan Caranya ( Dibuka per 14 Desember 2015 )

Masih ingat saat masih duduk di Sekolah Dasar dulu, ketika ditanya oleh bapak / ibu guru : apa cita-citamu setelah besar nanti ? 
Ada berbagai macam yang diberikan. Mulai dari yang ingin jadi guru, insinyur, pilot, dokter dan sebagainya. Dan meski hanya kecil jumlahnya, ada juga yang ingin jadi astronot ketika besar nanti. 

● Lowongan pekerjaan sebagai astronot NASA 

Waktu itu, untuk menjadi astronot mungkin suatu cita-cita yang “agak mustahil”. Sebab negara Indonesia sendiri memang masih belum memiliki program yang seperti itu. 
Namun kini bagi yang memang memiliki cita-cita untuk menjadi astronot, kesempatan telah terbuka luas. 
Mengapa ? 
Sebab sebagaimana dilansir dari laman Mashable, saat ini , The National Aeronautics and Space Administration alias NASA sedang membuka kesempatan bagi siapa saja yang ingin menjadi astronotnya. Siapa saja tanpa memandang suku bangsa dan asal negara. 
Dan dari laman tersebut pula didapatkan informasi bahwa lowongan pekerjaan sebagai astronot NASA ini mulai efektif dibuka per tanggal 14 Desember 2015.

● Persyaratan untuk menjadi calon astronot NASA 

Apa saja persyaratan yang dibutuhkan untuk bisa menjadi astronot NASA ? 

Karena astronot merupakan sebuah profesi yang luar biasa, maka persyaratan yang dibutuhkan untuk menjadi seorang astronot NASA juga tidak biasa-biasa saja. 
Sebagaimana keterangan yang diberikan oleh Charles Bolden, seorang administrator yang juga merangkap sebagai juru bicara NASA, syarat-syarat untuk bisa menjadi calon astronot NASA antara lain : 
- Lulusan universitas atau memiliki gelar sarjana, terutama dari bidang studi teknik, biologi, fisika, ilmu komputer atau matematika. Dan yang lebih diutamakan adalah mereka yang telah memiliki gelar master atau PhD 
- Memiliki tinggi badan minimal 157 cm hingga 190 cm 
- Mempunyai tekanan darah yang baik 
- Mempunyai penglihatan yang baik 20/20 alias tidak berkaca mata 
Dan tentu saja dari semua persyaratan di atas adalah harus sehat, baik sehat secara jasmani ataupun rohani. 

● Melamar menjadi calon astronot NASA 

Bagi yang merasa telah memenuhi persyaratan tersebut dapat segera mengirimkan aplikasi lamaran pekerjaan ke NASA. 
Namun sekali lagi, karena astronot merupakan sebuah profesi yang luar biasa, nantinya para pelamar untuk calon astronot ini akan mendapatkan seleksi yang sangat ketat. 
Setelah pelamar lolos dari seleksi tahap awal, para calon astronot yang telah direkrut tersebut masih harus menjalani masa training selama 3 tahun atau setidaknya harus memiliki pengalaman terbang mode 'pilot-in-command' jet aircraft selama 1.000 jam. 

Kemana para astronot ini akan ditugaskan nantinya ? 

Masih dari keterangan Charles Bolden, para kandidat astronot ini nantinya akan ditugaskan untuk misi ekspedisi lanjutan ke planet Mars. 
“Nanti, mereka (para astronot terpilih) akan diterbangkan dari Amerika Serikat menggunakan spacecraft terbaru kami dan akan ditugaskan untuk meneliti kehidupan Mars lebih lanjut.” kata Bolden. 

Sebagai informasi tambahan, pada saat ini NASA telah mempekerjakan sebanyak 47 astronot. 8 diantara astronot tersebut telah terpilih sebagai astronot angkatan baru selama proses pelamaran terakhir pada tahun 2013. Sebab seiring dengan peluncuran pesawat ulang alik terakhir, yaitu pada tahun 2011 lalu, beberapa astronot yang telah terpilih tadi tidak pernah mendapat kesempatan untuk meninggalkan atmosfer Bumi. 

Nah bagaimana ? Tertarik untuk menjadi astronot NASA? 
Silahkan saja ajukan aplikasi lamaran anda. 
Dan tahukah ? apa makanan para astronot ... :

You may like these posts