-->

Cara Paling Ampuh Untuk Mengingat Nama Orang Yang Baru Dikenal

Beberapa orang secara alami dikarunia daya ingat dan kemampuan untuk mengingat yang sangat tinggi. 
KH. Abdul Rahman Wahid atau yang lebih sering disapa dengan Gus Dur misalnya. Mantan Presiden RI ini konon memiliki daya ingat yang sangat tinggi sehingga mampu mengingat begitu banyak nama orang yang pernah dikenal atau bertemu dengannya. Dan tidak pernah lupa. 

Namun sebagaimana kata seorang psikolog Tom Stafford : Lupa atau tidak ingat nama orang adalah suatu kesalahan ingatan manusia yang paling umum. 
Lalu jika hal tersebut merupakan “suatu kesalahan ingatan manusia yang paling umum” apakah ada cara yang bisa digunakan oleh orang umum ( orang yang tidak dikaruniai daya ingat yang sedemikian tinggi ) untuk bisa mengingat nama-nama orang. 
Menurut Tom Stafford, ada cara untuk mencegahnya. 
Dan berikut penjelasannya. 

● Sifat ingatan manusia 

Satu hal yang paling mendasar yang wajib diketahui adalah bahwa ingatan manusia bersifat asosiatif. 
Memori manusia dibangun dengan suatu pola yang saling berkaitan, dan terhubung dengan informasi. Hal ini pula yang menyebabkan setiap manusia berkhayal. 
Setiap informasi tersebut akan saling terhubung. 
Tidak secara logis melainkan secara kebetulan melalui waktu, tempat dan maknanya. 
Jadi ingatan dibentuk dengan sebuah alasan dan berespon terhadap seberapa banyak asosiasi yang dibuat dengan informasi baru, bukannya dengan fakta seberapa besar keinginan seseorang untuk mampu mengingatnya. 
Saat seseorang berkenalan dan mengetahui nama orang lainnya, bagi sistem memori hal tersebut mungkin hanyalah sebuah informasi yang tidak terkait dengan apapun, dengan hal yang sudah diketahui dan tidak terkait dengan hal-hal lain mengenai orang tersebut yang baru kemudian diketahui. 
Barulah setelah melakukan sebuah percakapan, ada kemungkinan untuk mengetahui lebih jauh tentang orang lain tersebut, baik itu pekerjaannya, hobinya, keluarganya atau apapun, dan kemudian informasi ini menjadi berkaitan di memori. 

● Cara untuk mengingat nama 

Dan untuk bisa selalu mengingat nama seseorang, maka harus digunakan cara untuk memperkuat semua bagian tersebut sehingga menjadi terhubung dengan memori lainnya. 
Karena itu cara yang ampuh untuk tetap bisa mengingat nama seseorang adalah dengan mempergunakan beberapa prinsip dari ingatan. 
Berikut caranya : 

1. Mengulang nama orang yang baru dikenal 
Latihan adalah salah satu aturan paling mendasar dalam belajar. Latihan yang lebih banyak akan membuat ingatan lebih kuat. 
Karena itu langkah pertama dan utama adalah Anda harus menyebut ulang nama yang akan diingat. 
Dan agar dapat melekat lebih cepat dan kuat, cobalah kaitkan nama orang tersebut dengan diri Anda sendiri. Misalnya dengan memasukkannya ke dalam topik pembicaraan. 
Misal :“Jadi, Budi, apa yang membuat anda begitu tertarik dengan dunia otomotif” ? dan sebagainya. 

2. Kaitkan nama baru tersebut dengan sesuatu yang sudah Anda ketahui. 
Hal ini bertujuan untuk membuat dan menemukan suatu koneksi sehingga terhubung dan melekat dalam ingatan. 
Misalnya, nama Budi yang baru anda kenal tersebut anda hubungkan dengan Budi teman anda saat masih SMA. Hanya saja Budi teman anda SMA mengenakan baju putih abu-abu. 
Sedangkan Budi yang baru anda kenal mengenakan wear pack. 
Jadi anda mungkin bisa menyebutnya dengan Budi Wear pack. 
Menghubungkan hal seperti ini akan sangat membantu dalam mengingat. 

3. Asosiasikan atau hubungkan nama orang yang baru anda kenal dengan “sesuatu” mengenai orang tersebut. Misalnya yang populer, nama Syahrini menjadi mudah dikenal karena semua orang tahu jika artis ini memiliki kebiasaan dengan mengucapkan kata “sesuatu”. 
Sehingga ketika seseorang mengucapkan kata “sesuatu” secara otomatis akan teringat nama Syahrini. 
Hal seperti ini dapat diterapkan pada orang yang baru dikenal. 
Membuat asosiasi seperti ini akan membuat rantai asosiasi di dalam memori. Dan dengan adanya rantai memori tersebut akan membuat lebih mudah diingat dan akan mencegah nama tersebut hilang dari ingatan. 

Seperti itulah Cara Paling Ampuh Untuk Mengingat Nama Orang. 

Jadi coba anda praktekkan dan lihat hasilnya. 
Tetapi tahukah ? Dari mana asalnya nama Indonesia ? :

You may like these posts