-->

5 Metode Abu-Abu Yang Sangat Ampuh Untuk Meningkatkan Penghasilan Google Adsense

Sesuai dengan kesepakatan para master dan mastah, dan sesuai pula panduan dari pihak Google Adsense, salah satu cara terbaik untuk meningkatkan penghasilan publisher adsense ( selain cara-cara yang lainnya ) adalah dengan “menempatkan iklan pada posisi yang tepat”.

Menempatkan iklan pada posisi yang tepat.
Mudah kedengarannya, namun amat sangat sulit dalam mempraktekkannya.
Bahkan dengan mempraktekkan petunjuk dan panduan dari pihak sekalipun.
( Dalam Akademi Adsense, pihak Google memang telah memberikan panduan tentang lokasi-lokasi mana yang dianggap paling tepat untuk meletakkan iklan adsense. Lokasi yang tepat menurut google ini sering disebut dengan Heat Map ).

Ketika dipraktekkan di masing-masing blog, ternyata hasilnya sangat beda, tidak sesuia yang diharapkan, penghasilan adsense tetap kecil.
Hingga para master-mastah akhirnya bersepakat bahwa cara penempatan terbaik untuk iklan adalah berdasarkan pengalaman di masing-masing blog. Sebab setiap blog ternyata memang unik.
Menyitir tulisan Juragan Cipir, “ ada blog yang pintar mencari uang, ada juga blog yang tidak pandai menghasilkan uang”.

Nah, berdasarkan pengalaman pula, akhirnya bisa dirangkum beberapa metode yang ( ketika dipraktekkan ) ternyata sangat ampuh untuk meningkatkan penghasilan google adsense.
Namun sebelum memulai ada catatan kecil tentang metode ini.
Metode ini saya sebut sebagai metode abu-abu sebab boleh dibilang memang agak-agak nyerempet “bahaya”. Banned maksudnya.
Sebab konon ada yang namanya Black Hat. Dan ada pula White Hat.
Yang ini ada di tengah-tengahnya. Hitam dicampur putih = metode abu-abu jadinya.

Inti dari metode ini adalah dengan memanfaatkan “celah” dan memanipulasi TOS yang diberikan pihak Google Adsense.
Peluangnya ?
Fifty-fifty = 50 : 50
Bisa juga aman sulaiman, bisa juga dapat peringatan ( atau banned ? ).
( Namun dari yang pernah saya lakukan, dari beberapa metode yang saya terapkan sampai beberapa bulan aman sulaiman. Namun ada juga yang baru sekitar 1 -2 bulan sudah mendapat peringatan – karena itu metode yang terkena peringatan ini sudah di update )

Sebaiknya langsung saja, 5 Metode Abu-Abu Yang Sangat Ampuh Untuk Meningkatkan Penghasilan Google Adsense.



Metode 1 : Dengan memasang iklan dengan posisi sticky widget atau iklan melekat

- Pilih iklan vertical ukuran besar : 300x600 atau 300x1050 atau responsive vertical, atau bisa juga 160x600 sebaiknya iklan teks dan gambar
- Bisa diletakkan pada sidebar kiri atau kanan, tergantung posisi sidebarnya.
Jika sidebar kanan, iklan sticky widget di kiri, dan sebaliknya.
- Dengan pemilihan diatas artikel akan tertutup sedikit, biar penasaran. Jangan terlalu banyak, nanti malah sebel.
- Banyak publisher yang berpendapat – demikian pula panduan google – iklan melekat atau sticky widget adalah TERLARANG.
Kecuali publisher situs besar yang telah memiliki kesepakatan khusus tertentu dengan pihak google.
Sekali lagi untuk publisher kelas teri : TERLARANG
- Namun saya mempraktekkan cara ini belum pernah mendapat teguran dari pihak Google.
Cara mengakali agar menjadi abu-abu ( belum ditegur ) :
- Iklan melekat dilengkapi tombol close
- Jangan hanya kode iklan saja yang dimasukkan dalam sticky widget, masukkan pula yang lainnya ( terserah apa saja ) supaya terkesan “natural”
- Secara berkala, bongkar pasag sticky widget ini. Misal, setiap 2 minggu dilepas selama 1-2 hari, dan seterusnya.
- Metode ini urutan pertama paling ampuh dalam meningkatkan CTR = meningkatan penghasilan

Metode 2 : Memasang iklan di tengah artikel dilengkapi dengan tulisan “BACA SELENGKAPNYA” ( atau sejenisnya )

- Pasang kode iklan di tengah-tengah artikel, bisa setengah, atau di bawah pertengahan artikel.
- Sebaiknya pilih iklan ukuran memanjang.
Iklan Teks tanpa gambar lebih banyak mendatangkan klik
- Tepat di atas iklan beri tulisan BACA SELENGKAPNYA ( atau sejenisnya ), namun bukan merupakan link aktif. Hanya saja warnanya disamakan dengan warna link aktif atau warna link iklan.
- Ukuran yang mencolok / besar lebih baik hasilnya, lebih baik jika besarnya seukuran teks link iklan.
- Letakkan di sebelah kiri
Pemasangan lebal seperti ini sebenarnya TERLARANG.
Saya sendiri pernah mendapat teguran 1 kali. Karena itu kemudian mengakalinya lagi.
Caranya :
- Tepat dibawah label BACA SELENGKAPNYA dan tepat di atas iklan ( diantarnya ) tambahkan label yang diijinkan oleh pihak google, misalnya : IKLAN, TAUTAN SPONSOR atau ADVERTISEMENT
- Hanya saja rubah ukurannya menjadi kecil sekali, antar 9 px sampai 11 px.
Warnanya juga dibuat mirip dengan latar belakang artikel.
Misal jika latar belakang artikel berwarna #ffffff maka warna tulisan / label antara adalah #efefef
- Letakkkan di sebelah kanan atas atau bertentangan dengan letak label BACA SELENGKAPNYA
- Metode ini menempati urutan kedua paling ampuh dalam meningkatkan CTR = meningkatan penghasilan
- Hasilnya akan lebih ampuh lagi jika dikombinasikan dengan penempatan iklan pada paruh layar atau “menggeser artikel jauh ke bawah” , seperti pada metode ketiga

Metode 3 : Menempatkan iklan dengan menggeser artikel jauh ke bawah atau penempatan iklan pada paruh laman yang dimodifikasi

- Gunakan iklan ukuran vertical besar, seperti metode 1
- Letakkan persis di bawah iklan pada metode 2
- Metode ini sebenarnya mengorbankan iklan ini sendiri.
Kode iklan ini biasanya akan jarang di klik. Sebab sasaran utamanya adalah iklan pada metode 2 di atas.
- Karena itu sebaiknya malah dipasang label yang disarankan pihak Google seperti IKLAN, TAUTAN SPONSOR dan sebagainya secara besar dan mencolok.
Tujuannya memang untuk mengecoh. Yang disangka iklan adalah iklan yang besar ini saja, kemudian mengklik iklan pada metode 2 yang disangka tautan artikel.
- Penempatan iklan pada paruh laman termasuk TERLARANG oleh TOS google
Untuk mengakalinya :
- Bila dibaca teliti TOS-nya dicantumkan dilarang Penempatan iklan pada paruh laman pada pandangan mata tanpa menggeser layar ( above the fold ).
- Karena itu jangan pasang di above the fold melainkan di below the fold, yaitu ( biasanya ) di separo / pertengahan artikel atau di bawahnya.
- Saya belum pernah ditegur karena menggunakan metode ini

Metode 4 : Menempatkan Iklan Persis di bawah gambar Video

- Pilih gambar video atau gambar film yang sedang popular.
Bukan gambar biasa,melainkan gambar video lengkap dengan tombol PLAY nya ( ini kuncinya ), persis seperti cuplikan dari Youtube itu lho,
Makin popular makin bagus hasilnya
- Bisa diletakkan dimana saja, yang penting terlihat mencolok oleh mata pengunjung.
- Sebaiknya pilih iklan dengan ukuran kecil ( kurang dari 300x250 ) lalu letakkan persis di bawahnya. Sebaiknya pula Pilih iklan teks saja
- Peletakan iklan di bawah gambar sebenarnya dilarang TOS adsense
Cara mengakalinya :
- Peletakan iklan sebenarnya tidak persis di bawah gambar, sebab tepat dibawah gambar dan diatas iklan ( di antara keduanya ) sisipi saja dengan sebaris teks, yang fungsinys sebagai pemisah bahwa iklan tidak diletakkan persis di bawah gambar
- Karena itu ukuran teks atau tulisan dipilih yang kecil saja dan warna dibuat samar.
- Bunyinya boleh apa saja, missal film baru, film laris atau apa saja yang penting jangan provokatif atau mengarahkan untuk mengklik iklan di bawahnya.
- Sebab ketika pengunjung gagal membuka video dengan mengklik tombol PLAY dengan sendirinya ia akan mengklik tautan iklan di bawahnya
- Bila diletakkan pada widget / sidebar jangan diberi judul label, biarkan kosong judul labelnya
- Saya belum pernah ditegur menggunakan metode ini.
- Hasil klik iklan cukup memuaskan, nomor 3 terampuh mendatangkan klik.

Metode 5 : Menempatkan iklan dengan 2 widget dan label palsu

- Metode ini hampir mirip dengan metode nomor 4. Hanya saja disini digunakan 2 widget.
Karena itu lebih leluasa, termasuk dalam memberi judul label. Bahkan judul label yang provokatif sekalipun.
- Widget pertama di bagian atas boleh saja. Bisa gambar, bisa tautan, terserah.
Hasil lebih bagus jika widget atas bersifat provokatif
- Untuk widget pertama ( atas ) buat yang berukuran pendek.
Misal jika widget recent post, beri 1 tautan saja.Lainnya serupa
- Tepat dibawah widget perama ini letakkan widget yang berisi hanya iklan
- Hasil yang didapat dari metode 5 ini hampir sebanding dengan metode 4

Itulah 5 Metode Abu-Abu Yang Sangat Ampuh Untuk Meningkatkan Penghasilan Google Adsense.

Namun sekali lagi, karena namanya abu-abu biasanya ada resikonya.
Peluangnya 50:50. Saya tidak menganjurkan untuk mencoba, hanya sekedar berbagi pengalaman.
Karena itu jika anda mencobanya, harap dipahami, resiko ditanggung sendiri-sendiri.

Namun yang pasti, saat mencobanya, hasilnya ampuh untuk meningkatkan penghasilan google adsense.


Ada juga cara untuk meningkatkan penghasilan adsense dengan instant, ini triknya :

You may like these posts