-->

5 Trik Untuk Menghafal Secara Cepat

Beberapa orang diberikan anugerah yang luar biasa oleh Sang pencipta, yaitu otak yang “encer” dan cemerlang. Sehingga dengan sedikit pembelajaran saja, mereka telah mampu menangkap apa yang diajarkan dengan sempurna.
Namun ada juga yang sebaliknya, beberapa orang memiliki otak yang pas-pasan. Sehingga memang butuh usaha yang lebih untuk membelajari orang-orang yang seperti ini.

Otak manusia sendiri merupakan sebuah struktur pusat pengaturan tubuh, yang secara umum dan normal memiliki volume sebesar kurang lebih 1.350 cc, yang tersusun atas 100 juta sel saraf atau neuron.
Otak manusia terbagi menjadi dua bagian yaitu : belahan otak kanan dan otak kiri.
Otak kanan berhubungan dengan intelegensia atau daya ingat.
Sedangkan belahan otak kiri berhubungan dengan estetika atau karya cipta.

Meski dengan kapasitas otak yang sedemikain rupa, manusia “masih” dianggap sebagai mahluk yang paling sempurna dibandingkan dengan mahluk ciptaan lainnya.
Bagian-bagian otak inilah yang akan mengatur dan mengkoordinir gerakan, perilaku dan fungsi tubuh homeostasis seperti detak jantung, tekanan darah, keseimbangan cairan tubuh dan suhu tubuh.
Selain bertanggung jawab terhadap pengaturan seluruh tubuh, otak juga bertanggung jawan terhadap pemikiran manusia.

Oleh karena itu terdapat kaitan erat antara otak dan pemikiran. Otak dan sel saraf dipercayai dapat memengaruhi kognisi manusia. Pengetahuan mengenai otak memengaruhi perkembangan psikologi kognitif. Otak juga bertanggung jawab atas fungsi seperti pengenalan, emosi. ingatan, pembelajaran motorik dan segala bentuk pembelajaran lainnya.

Meski secara umum demikian, namun tingkat kecerdasan otak setiap manusia memiliki perbedaan. Perbedaan kecerdasan tersebut salah satu diantaranya dipercaya dipengaruhi oleh besar kecilnya otak pada manusia itu sendiri.
Orang yang memiliki ukuran otak lebih besar dipercaya memiliki kecerdasan yang lebih tinggi disbanding mereka yang memiliki ukuran otak lebih kecil.
Hal itulah yang menyebabkan setiap orang memiliki kemampuan yang berbeda dalam hal menghafal. Namun dipercaya pula bahwa otak ibaratnya sebilah pisau.
Jika makin sering diasah maka otak juga akan makin “tajam”. Dan dengan metode atau cara yang tepat, maka otak yang “tumpul” pun akan lebih mudah untuk diasah.
Termasuk dalah hal hafal menghafal.

Metode-metode di bawah ini adalah 5 Trik Untuk Menghafal Secara Cepat, dan meningkatkan kemampuan otak :



1.Metode menghafal dengan memuat semacam singkatan

Beberapa orang merasa kesulitan jika harus menghafalkan kalmat-kalimat yang panjang.
Maka metode yang paling sdeerhana untuk memngatasi hal ini adalah dengan membuat semacam singkatan untuk kalimat yang panjang tersebut menjadi satu atau dua kata saja.
Bentuk singkatannya terserah dari masing-masing orang. Bisa dilakukan dengan mengambil pada bagian awal kata ataupun pada akhiran kata.

2. Metode menghafal dengan membuat catatan kecil atau resume

Sehebat apapun kemampuan otak biasanya pasti memiliki keterbatasan, terkecuali mungkin bagi yang memiliki otak dengan kemampuan fotografik atau “photograpics memory”.
Untuk mengatasi hal seperti ini, maka membuat sebuah catatan kecil atau resume, akan sangat membantu untuk menghafalkan sesuatu. Cara ini sudah biasa dilakukan oleh para profesional sekalipun.

3. Metode menghafal dengan mengubah materi hafalan menjadi lirik lagu favorit

Hal-hal yang menjadi favorit seseorang biasanya akan sangat dihafal. Terlebih jika itu sebuah lagu.
Sepanjang apapun sebuah lagu, jika merupakan sebuah lagu favorit dan kesukaan umumnya akan selalu dihafal.
Karena itu salah satu cara yang cukup efektif untuk menghafal adalah dengan mengubah materi sebuah hafalan menjadi lirik dari lagu yang menjadi favorit atau kesukaan.

4. Metode menghafal dengan membuat gambar atau bagan

Menurut penelitian mata manusia lebih tertarik dengan sebuah gambar. Demikian pula dengan otak.
Otak manusia umumnya lebih mengingat sebuah gambar daripada sederet tulisan.
Karena itu “mengubah” sebuah materi hafalan menjadi sebuah gambar atau bagan merupakan salah satu cara yang paling efektif dalam menghafal.
Sebab ketika diubah menjadi sebuah gambar atau bagan, maka akan bisa menjadi lebih sengkat dan pendek, sehingga akan lebih bisa “nyantol” pada otak.
Contoh yang paling sederhana misalnya adalah bagan sebuah proses produksi. Dengan mengubahnya menjadi sebuah bagan, sebuah proses produksi yang panjangpun akan lebih mudah diingat dan dihafal.

5. Metode menghafal dengan membaca materi pelajaran seperti membaca novel

Mengapa orang lebih suka membaca – dan biasanya akan langsung hafal isi – sebuah novel ?
Sebab sebuah cerita sebuah novel dirasa menarik dan menimbulkan rasa penasaran ( dibanding membaca materi pelajaran ).
Karena itu trik lainnya untuk menghafal secara cepat adalah dengan mengkondisikan diri seolah-oleh membaca sebuah novel.
Timbulkan dan tanamkan rasa penasaran terhadap materi yang dibaca. Sehingga materi akan lebih dapat “masuk” ke dalam ingatan.

Itulah 5 Trik yang bisa digunakan Untuk Menghafal Secara Cepat.

Namun tentu saja masih ada banyak cara dan metode lainnya.
Sedangkan trik yang ini adalah untuk melatih mendapatkan ingatan fotografis :

You may like these posts