-->

Uniknya Suasana Senja Di Planet Mars

Suasana di saat menjelang matahari terbenam ( sunset ) memang terlihat sangat eksotis. Begitu indahnya suasana senja ini, bahkan menjadikan beberapa orang sampai rela “berburu” untuk bisa melihat suasana. Baik itu untuk sekedar menikmati dan mengagumi keindahan alam ini, ataupun untuk diabadikan sebagai karya fotografi yang indah.
Itu, suasana senja di bumi.

Lalu bagaimana kira-kira suasana senja di planet Mars ?

Sebagaimana diketahui, planet Mars dikenal juga sebagai planet Mars. Karena itu orang mungkin membayangkan jika suasana senja di planet Mars “pasti” akan tampak lebih merah bila dibandingkan dengan suasana senja di bumi. Namun, justru tidak demikian.

Uniknya, suasana senja di planet Mars justru malah berwarna kuning.


Kok tahu ?

Suasana senja di Planet Mars ini berdasarkan hasil konstruksi seorang desainer grafis dan peminat keantariksaan, yang bernama Jason Major.
Berbekal 5 buah gambar yang diambil kamera Mastcam di wahana antariksa Curiosity Jason Major, berhasil membuat konstruksi suasana senja di planet Mars.

Sebagaimana diketahui, Curiosity adalah sebuah wahana antariksa kepunyaan Badan Penerbangan dan Antariksa Amerika Serikat (NASA). Curiosity telah menjelajahi planet Mars sejak bulan Agustus tahun 2012 silam.
Sedangkan Mastcam adalah salah satu kamera tercanggih yang terdapat pada wahana antariksa Curiosity. Kamera canggih ini mampu mengambil citra dan video berwarna dengan resolusi yang tinggi.

Dan 5 buah gambar foto yang digunakan oleh Jason Major kemudian tersebut diambil oleh Mastacm pada Kamis (27/3/2014). Pada saat itu, wahana Curiosity berada di wilayah Mars yang disebut Kimberley. Target Curiosity adalah Gunung Sharp.

Pada misi tersebut, Tim ilmuwan Curiosity memang tengah berencana untuk melakukan pengeboran batuan pasir di Kimberley. Proses pengeboran itu sendiri akan dilakukan dengan sebuah instrumen yang disebut dengan CHIMRA. Yaitu sebuah instrumen mirip sekop dan penampungnya.
Selain mengambil ke 5 foto tersebut , Curiosity juga berhasil menguak fakta yang paling berharga dari planet Mars, diantaranya adalah tentang keberadaan air.


Kembali pada Uniknya Suasana Senja Di Planet Mars.

Dari ke 5 lima gambar hasil Curiosity, Jason Major kemudian mengolahnya dengan software Photoshop. Sebagaimana dilansir dari laman Universe Today, Jason Major mengungkapkan :
"Saya menaruhnya di Photoshop, menggabungkan dengan bantuan obyek sebagai penanda, sedikit membersihkannya, meng-crop hasilnya dan melakukan sedikit kloning di bawah kanan gambar untuk mengisi bagian yang kosong," .

Dan dari hasil konstruksi Major, suasana senja di planet Mars justru lebih bernuansa kuning. Dengan pemandangan yang didominasi oleh tanah berdebu dan batu pasir.

Suasana senja di planet Mars saat itu terlihat gersang dan terik.

Seperti ini :


Benarkah di Mars juga ada Piramida, simak juga yang ini :

You may like these posts